Brilio.net - Film India selalu saja diidentikkan dengan kisah percintaan yang dibumbui nyanyian dan jogetan. Nyatanya tak semua film India seperti itu. Banyak film India yang juga memberikan kisah inspiratif dan sangat layak untuk ditonton.

Selain itu, selama beberapa tahun terakhir, industri film Bollywood sering mengangkat kisah perjuangan dari para atlet yang telah mengharumkan nama India. Film bergende drama olahraga menjadi tontonan yang cukup menarik.

Berikut 6 film Bollywood bertema olahraga yang bisa kamu tonton seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

1. Dangal (2016).

film olahraga India © 2017 istimewafoto: imdb.com

Loading...

Dangal disebut menjadi salah satu film paling fenomenal di India. Film yang dibintangi Aamir Khan ini bahkan catatkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa. Dangal meraih pendapatan lebih dari USD 50 juta atau setara dengan Rp 665,7 miliar dalam tiga minggu.

Film ini sejatinya menceritakan kisal asli dari Geeta Phogat yang merupakan pegulat pertama India yang meraih emas pada Commonwealth Games 2010. Mahavir Singh Phogat yang diperankan Aamir Khan diceritakan mendambakan anak laki-laki untuk dididik menjadi pegulat. Tapi yang dilahirkan istrinya semuanya perempuan. Ia pun kemudian melatih anaknya menjadi pegulat dengan obsesi ingin mempersembahkan emas untuk negara tercintanya.

2. Chak De! India (2007).

film olahraga India © 2017 istimewafoto: imdb.com

Film yang dibintangi Shah Rukh Khan ini bercerita tentang olahraga hoki. Diceritakan Kabir Khan (Shah Rukh Khan) adalah seorang kapten hoki tim nasional India. Tapi karena membawa kekalahan saat bermain dengan timnas Pakistan, Kabir Khan dikeluarkan dari timnas. Ia juga bahkan diusir dari kampungnya karena dianggap telah membuat malu India.

Selang tujuh tahun, ia muncul sebagai pelatih tim hoki wanita India. Ia pun bertekad membawa tim hoki India itu pada kemenangan.

3. Sultan (2016).

film olahraga India © 2017 istimewafoto: imdb.com

Film India yang dibintangi Salman Khan ini mengambil tema olahraga gulat. Film Sultan menceritakan tokoh bernama Sultan yanag awalnya hanyalah pria biasa yang punya hobi mengejar layang-layang. Pertemuan dengan Aarfa (Anushka Sharma) yang merupakan seorang pegulat mengubah segalanya. Sultan bertekad menjadi pegulat demi mengejar cinta Aarfa.

4. Bhaag Milkha Bhaag (2013).

film olahraga India © 2017 istimewa

foto: imdb.com

Bhaag Milkha Bhaag merupakan film yang mengangkat kisah nyata Milkha Singh, seorang atlet lari India yang juga seorang atlet Olimpiade. Ia telah mempersembahkan medali emas untuk India pada berbagai kejuaraan internasional.

Film yang dibintangi Farhan Akhtar ini pun laris manis di pasaraan.

5. Mary Kom (2014).

film olahraga India © 2017 istimewafoto: imdb.com

Film yang dibintangi Priyanka Chopra ini mengangkat cerita atlet tinju India, Mary Kom yang telah meraih medali perunggu pada Olimpiade 2012. Film ini menggambarkan perjalanan dan perjuanga Kom dalam kejuaraan tinju dunia pada 2008 di Nongbo.

Demi peran ini, Priyanka Chopra pun menjalani latihan fisik secara intensif selama 3 bulan untuk membentuk tubuh berotot. Ia juga harus latihan tinju dengan gaya khas Mary Kom.

Film ini diputar perdana di Toronto International Film Festival 2014.

6. Azhar (2016).

film olahraga India © 2017 istimewa

Azhar adalah film drama olahraga yang terinspirasi dari kisah nyata kapten tim nasional kriket India, Mohammad Azharuddin. Tokoh Azhar dalam film ini dibintangi oleh Emraan Hashmi.

Film ini menceritakan perjalanan panjang dan berliku dari Azharuddin hingga menjadi kapten kriket India.