Brilio.net - Laut merupakan perairan yang lebih sempit dari samudera dan terdiri atas laut pedalaman, laut pertengahan, dan laut tepi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laut merupakan kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau-pulau. 

Laut juga dapat dikatakan sebagai kumpulan air asin yang sangat luas yang memisahkan benua yang satu dengan benua yang lainnya serta memisahkan pulau yang satu dengan yang lainnya. Lautan yang merupakan wilayah air pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu permukaan lautan, dalam lautan, dan dasar lautan. Ketiga bagian tersebut merupakan satu kesatuan yang berada pada satu pengawasan berdasarkan kedaulatan suatu negara atau hukum internasional. 

Nah untuk memahami lebih rinci mengenai laut, jenis-jenis, serta manfaatnya, berikut brilio.net mengulasnya, dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (15/9).

Pengertian laut

jenis dan fungsi laut © berbagai sumber

foto: Unsplash/Francesco Ungaro

Laut adalah kumpulan air asin yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau-pulau. Laut yang luas disebut juga dengan istilah samudera. Samudera merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi. Samudera dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. 

Air laut merupakan campuran dari 96,5 persen air murni dan 3,5 persen material lainnya seperti garam, gas terlarut, bahan organik, dan partikel tidak larut. Sifat utama air laut ditentukan oleh 95 persen air murni. 

Laut memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena di dalam dan di atas laut terdapat kekayaan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Pada abad ke-20 fungsi laut mengalami peningkatan seiring ditemukannya bahan tambang dan galian yang berharga di dasar laut, sehingga terdapat kemungkinan adanya usaha-usaha untuk mengambil kekayaan alam tersebut.

(brl/pep)