Brilio.net - Laporan merupakan teks yang menyajikan informasi mengenai hasil aktivitas yang dilakukan. Terdapat beberapa jenis laporan, salah satunya adalah teks laporan percobaan. Jenis laporan ini merupakan teks yang berisi pemaparan mengenai hasil percobaan atau pengamatan. Biasanya, laporan ini tersusun dari rumusan masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan. 

Karena itu, jenis teks laporan ini sering digunakan untuk melaporkan hasil percobaan setelah peneliti melakukan praktikum. Penyusunan teks laporan percobaan bertujuan agar pembaca dapat mengetahui hasil percobaan yang telah dilakukan serta dapat menjadi rujukan untuk percobaan atau penelitian selanjutnya. Pendapat lain menyebutkan bahwa teks laporan percobaan adalah serangkaian bentuk informasi tertulis yang bertujuan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas sebuah penugasan. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai teks laporan percobaan, berikut ulasannya dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (14/9).

Pengertian teks laporan percobaan

 teks laporan percobaan © berbagai sumber

foto: Unsplash/Isaac Smith

Teks laporan percobaan adalah teks yang menceritakan mengenai percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Biasanya, jenis teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Teks laporan percobaan meliputi alat dan bahan serta proses percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Laporan percobaan dapat ditulis secara individu maupun berkelompok. 

Teks laporan percobaan memiliki struktur yang serupa dengan teks laporan observasi. Tujuan dibuatnya teks laporan percobaan adalah untuk memahami suatu materi atau topik bahasan melalui tahapan eksperimen. Percobaan atau eksperimen tersebut dilakukan dengan pengamatan mengenai sebab-akibat di antara gejala yang terlihat. Setelah itu, hasil percobaan dipaparkan ke dalam sebuah laporan sistematis.

(brl/pep)