Brilio.net - Istilah FGD merupakan singkatan dari focus group discussion adalah teknik diskusi yang populer digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi dari responden yang terlibat. FGD adalah satu di antara teknik yang berguna untuk berbagai jenis kebutuhan dunia kerja, entah sebagai langkah merekrut karyawan baru atau untuk melakukan riset pasar ketika ingin mengembangkan suatu produk.

Diskusi kelompok menjadi salah satu tahapan yang tidak semua perusahaan lakukan. Pasalnya, langkah ini merupakan proses yang menuntut untuk berpikir kritis. Umumnya, peserta FGD berjumlah 6-12 orang yang tidak saling mengenal, nantinya tes FGD dilakukan untuk kepentingan penelitian dan seleksi.

Biasanya topik yang dibahas beragam sesuai dengan kesepakatan sebelumnya atau sesuai dengan produk yang akan dikembangkan. Diskusi akan diawali dengan moderator mengajukan pertanyaan umum, kemudian akan ditanggapi dan didiskusikan di antara peserta.

Adapun tujuan FGD adalah memperoleh informasi secara mendalam. Di mana para peserta diminta untuk memberikan pendapat dan tanggapan terhadap sebuah kasus. Dengan begitu, para peserta diharapkan dapat memberikan ide yang cemerlang dan menarik.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan FGD? Simak ulasan brilio.net dari berbagai sumber tentang pengertian dan karakteristik FGD, Selasa (13/9).