Brilio.net - Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengelola, menyajikan data, transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah. Akuntansi juga dapat dipahami sebagai sistem informasi yang menghasilkan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi dari suatu perusahaan. 

Akuntansi juga dapat dimaknai sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. Akuntansi juga merupakan suatu sistem yang menghasilkan informasi keuangan yang digunakan oleh para pemakainya dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai akuntansi telah dirangkum brilio.net pada Sabtu (10/9).

Pengertian akuntansi

pengertian dan fungsi akuntansi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Kanchanara

Menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. Sedangkan American Accounting Association (AAA) menyatakan bahwa akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Terdapat beberapa pengertian mengenai akuntansi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut LM Samryn, akuntansi adalah suatu proses identifikasi, pengukuran, dan pengomunikasian informasi yang menghasilkan informasi yang berguna bagi pembuatan kebijakan dan keputusan oleh pemakainya.

2. Menurut Mowen, sistem informasi akuntansi pada suatu organisasi memiliki dua subsistem utama, yaitu sistem akuntansi manajemen dan sistem akuntansi keuangan.

3. Sugiri dan Riyono menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk menyediakan informasi kuantitatif, khususnya yang berkaitan dengan keuangan. Informasi tersebut diharapkan dapat menjadi masukan dalam proses pengambilan keputusan ekonomik dan rasional.

4. Thomas Sumarsan mengatakan bahwa akuntansi adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, serta mencatat transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat menghasilkan informasi berupa laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan.

5. Menurut Ilham Wahyudin, akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat dipahami bahwa akuntansi adalah suatu sistem proses pencatatan yang menghasilkan informasi keuangan kepada pihak lain yang berkepentingan mengenai aktivitas dan kondisi suatu perusahaan.