Brilio.net - Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber-sumber produktif untuk menghasilkan berbagai barang serta mendistribusikannya ke berbagai anggota masyarakat untuk mereka konsumsi. Ilmu ekonomi juga dapat dipahami sebagai studi mengenai bagaimana manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi kegiatan-kegiatan konsumsi dan produksinya. 

Ilmu ekonomi juga merupakan suatu studi tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternatif penggunaan dalam rangka memproduksi berbagai komoditi untuk kemudian menyalurkannya baik saat ini maupun di masa depan. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai ilmu ekonomi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (8/9).

Pengertian ilmu ekonomi

pengertian dan jenis ilmu ekonomi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Viacheslav Bublyk

Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas cakupannya. Oleh karena itu, sangat sukar untuk membuat definisi yang akan memberikan gambaran yang tepat mengenai analisis-analisis yang diliputi oleh ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan dengan atau tanpa menggunakan uang dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas. 

Terdapat beberapa definisi mengenai ilmu ekonomi yaitu sebagai berikut:

1. Menurut seorang ahli ekonomi, Paul Anthony Samuelson, ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang kegiatan-kegiatan yang dengan atau tanpa menggunakan uang dan mencakup transaksi pertukaran antar manusia.

2. Alfred Marshall mengemukakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia secara perorangan pun kolektif dan kaitannya dalam penggunaan barang-barang material.

3. Menurut HJ Davenport, ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mengendalikan berbagai masalah dari titik tolak harga. Ilmu ekonomi juga merupakan peralatan yang mempelajari bagaimana tingkat produksi dapat ditingkatkan sehingga tingkat hidup masyarakat secara otomatis akan meningkat.

4. Menurut M Manullang, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran atau kondisi di mana manusia bisa memenuhi kebutuhannya baik dalam bentuk barang maupun jasa.

5. Oscar Langen mengungkapkan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber daya baik sumber daya kecil maupun besar yang dianalisis sehingga dapat digunakan kembali bagi kehidupan manusia.

6. John Stuart Mill mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari beragam seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Tidak hanya itu, ilmu ekonomi juga membahas berbagai kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

7. Louis Cantori menjelaskan bahwa ilmu ekonomi dipandang dari sudut pandang Islam adalah ilmu ekonomi yang didasarkan pada berbagai aturan Islam.

8. Adam Smith mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai cabang ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya dalam mengalokasikan berbagai sumber daya terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.