Brilio.net - Profesi pekerjaan yang ada saat ini merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kegiatan ekonomi tidak dapat dapat berjalan sepenuhnya hanya dengan satu individu, melainkan memerlukan kerja sama dengan beberapa pihak.

Kegiatan ekonomi juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya secara seorang diri. Oleh karena itu, manusia memerlukan bantuan orang lain untuk menjalankan kegiatan ekonomi. Nah untuk mempelajari lebih rinci mengenai kegiatan ekonomi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (6/9).

Pengertian kegiatan ekonomi

pengertian dan tujuan kegiatan ekonomi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Ibrahim Boran

Kegiatan ekonomi merupakan perilaku atau tindakan manusia yang didasari oleh prinsip ekonomi dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan ekonomi telah berlangsung sejak zaman dahulu. Di masa pra sejarah, kegiatan ekonomi dapat digambarkan dengan aktivitas berburu, menebang pohon di hutan, bercocok tanam, dan beternak.

Seiring dengan perkembangan zaman, kegiatan ekonomi pun semakin beragam. Terdapat tiga jenis kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga jenis kegiatan ini saling berkaitan satu sama lain. Kegiatan ekonomi berlangsung melalui berbagai keahlian dan profesi yang dimiliki setiap orang agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.