Brilio.net - Sistem ekonomi adalah sistem sosial atau kemasyarakatan dilihat dalam rangka usaha keseluruhan untuk mencapai kemakmuran. Sehingga, dapat dikatakan sistem ekonomi merupakan organisasi yang terdiri dari sejumlah lembaga yang saling memengaruhi satu sama lain, yang ditujukan ke arah pemecahan masalah dasar pada setiap perekonomian demi tercapainya kemakmuran masyarakat. 

Sistem ekonomi tidak terlepas dari sesuatu yang hidup dan akan bersinggungan dengan permasalahan yang mendasar seperti produksi, distribusi, dan konsumsi. Sedangkan, bentuk sistem ekonomi sangat bergantung pada elemen pendukungnya, sehingga elemen tersebut dapat memberi warna pada sistem ekonomi. 

Elemen yang memengaruhi sistem ekonomi di antaranya kebutuhan manusia, jumlah dan susunan penduduk, jumlah barang modal yang tersedia, pengetahuan teknik, serta organisasi yuridis dan sosial masyarakat. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai sistem ekonomi, berikut ulasannya dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (25/8).

Pengertian sistem ekonomi

pengertian dan jenis-jenis sistem ekonomi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Marga Santoso

Istilah sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu "systema" yang berarti keseluruhan yang terdiri dari macam-macam bagian. Pada dasarnya, sebuah sistem adalah suatu organisasi besar yang menjalin berbagai subjek serta perangkat kelembagaan dalam suatu tatanan tertentu. 

Suatu sistem muncul karena adanya usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan manusia yang sangat bervariasi akan memunculkan sistem yang berbeda-beda. Kebutuhan manusia yang bersifat dasar akan memunculkan suatu sistem ekonomi. Berikut adalah pengertian sistem ekonomi menurut para ahli:

1. Menurut Dumairy, sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan. Dumairy juga mengatakan bahwa suatu sistem ekonomi tidak harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, pandangan, dan pola hidup masyarakat di tempatnya berpijak.

2. Tom Gunadi menjelaskan bahwa sistem ekonomi adalah sistem sosial atau kemasyarakatan yang dilihat dalam rangka usaha keseluruhan sosial untuk mencapai kemakmuran.

3. Suroso mengatakan bahwa sistem ekonomi merupakan usaha untuk mengatur pertukaran barang dan jasa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

4. Menurut Gregory Grossman dan M. Manu mengatakan bahwa sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen atau unsur-unsur yang terdiri atas unit dan agen ekonomi serta lembaga ekonomi yang tidak hanya saling berhubungan dan berinteraksi, melainkan juga sampai tingkat tertentu yang saling menopang dan memengaruhi.

5. Menurut Adam Smith, sistem ekonomi merupakan bahan kajian yang mempelajari upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.