Brilio.net - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia memiliki beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan manusia terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan primer sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia.

Pendapat lain menyebutkan bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia yang terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Ketiga aspek kebutuhan primer ini perlu diprioritaskan karena digunakan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebutuhan primer, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (27/6).

Pengertian kebutuhan primer

kebutuhan primer dan contohnya © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Dalam kehidupan sehari-hari manusia memiliki kebutuhan pokok yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan primer. Kebutuhan primer sendiri merupakan kebutuhan yang paling mendasar dan bersifat wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan sendiri dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, maka semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Dari ketiga jenis kebutuhan tersebut, kebutuhan primer menjadi yang utama dan menempati urutan atas dalam hal permintaan kebutuhan masyarakat. Menurut Organisasi Buruh Internasional, kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarakat yang berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat.

 

(brl/pep)