Brilio.net - Franchise adalah suatu bentuk usaha kerja sama antara pemilik waralaba dan pewaralaba (franchisor) dengan penerima waralaba (franchisee) dalam mengadakan persetujuan jual beli hak monopoli untuk menyelenggarakan usaha (waralaba). Kerja sama yang dilakukan biasanya dengan dukungan awal seperti pemilihan tempat, rencana bangunan, pembelian peralatan, pola arus kerja, pemilihan karyawan, pembukuan, pencatatan akuntansi, promosi, dan sumber-sumber permodalan.

Membeli bisnis waralaba atau franchise merupakan cara yang mudah untuk dapat memiliki dan menjalankan sebuah usaha. Hingga saat ini bisnis franchise berkembang sangat pesat, karena bisnis franchise dapat dimiliki dengan standar mutu produk dan layanan yang sama.

Usaha franchise sangat beragam mulai dari kuliner atau makanan, lembaga pendidikan, salon kecantikan, minimarket, bengkel mobil, pom bensin, dan sebagainya. Selain itu, mendirikan bisnis waralaba tergolong mudah karena proses belajar yang singkat.

Sebab, biasanya jika ikut waralaba brand besar, seperti Alfamart, Indomaret, KFC, dan lainnya, akan mendapatkan bantuan untuk memulai usaha, jaminan suplai, dukungan usaha lain, serta kekuatan dalam kegiatan promosi yang efisien.

Nah, untuk dapat memahami penjelasan lengkapnya mengenai franchise, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (18/4).

 

(brl/pep)