Brilio.net - Setiap orang tentunya ingin merasakan kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menjadi pengusaha. Selain usaha yang keras, perlu dorongan dan motivasi untuk membangkitkan semangat kerja bagi para pengusaha.

Menurut KBBI pengusaha diartikan sebagai orang yang berusaha dalam bidang perdagangan. Bidang usaha yang dipilih pun beragam. Mulai dari bidang kuliner, properti, retail dan masih banyak lainnya. Namun, menjadi pengusaha bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan tekad dan komitmen yang tinggi dalam diri setiap orang yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Ada banyak pengusaha, baik dari dalam maupun luar negeri yang bisa menginspirasi. Beberapa pengusaha yang dikenal karena kesuksesannya antara lain Jack Ma, Mark Zuckerberg, Bill Gates, Steve Jobs, Bob Sadino, Chairul Tanjung, dan masih banyak lagi. Mereka pun kerap mengeluarkan kata-kata bijak yang mengandung motivasi.

Nah, bagi kamu yang kehilangan semangat dalam membangun usaha, bisa menggunakan kata-kata bijak sebagai motto hidup pengusaha. Ada banyak motto hidup pengusaha yang bisa bangkitkan semangat kerja. Seperti yang brilio.net rangkum, berikut 95 motto hidup pengusaha dari berbagai sumber, Selasa (23/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Motto hidup pengusaha dari Mark Zuckerberg.

Motto hidup pengusaha © berbagai sumber

foto: Instagram/@jagofeed

1. "Alih-alih membangun tembok, kita bisa membantu membangun jembatan."

2. "Orang tidak peduli dengan apa yang Anda katakan, mereka peduli dengan apa yang Anda bangun."

3. "Risiko terbesar di dunia ini adalah tidak mengambil risiko apa pun. Dunia ini berubah amat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin tidak akan gagal adalah tidak mengambil risiko apa pun!"

4. "Orang yang sukses adalah orang yang selalu menciptakan hal-hal baru serta mencari cara untuk membuat peningkatan."

5. "Keterbukaan dan transparasi, membangun komunitas, membuat kolaborasi, itu semua merupakan bagian cara kita bekerja bersama-sama."

6. "Saya pikir orang mempunyai banyak fiksi tentang kami. Tetapi, Anda tahu, cerita sesungguhnya dari Facebook adalah kami bekerja keras sepanjang waktu. Bahkan kami duduk di depan komputer selama lebih enam tahun."

7. "Saya harus berpikir jangka panjang, memilih mana yang akan berhasil. Tujuan saya adalah membangun value yang sejati bagi pengguna dalam jangka panjang."

8. "Bergeraklah dengan cepat dan hancurkan apa pun hal yang menghalangi. Jika Anda tidak bisa menghancurkan sesuatu, itu berarti Anda tidak bergerak dengan cukup cepat."

9. "Facebook aslinya tidak dibangun untuk menjadi perusahaan. Facebook dibangun untuk misi sosial; untuk membuat dunia lebih terbuka dan saling terhubung."

10. "Yang sangat memotivasi orang-orang di Facebook adalah kami membangun sesuatu yang kami banggakan."

11. "Kami menjalankan perusahaan ini untuk melayani lebih banyak orang."

12. "Buku memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mengeksplorasi topik dan melibatkan diri Anda dengan cara yang lebih dalam daripada kebanyakan media saat ini."

13. "Tidak ada yang memengaruhi orang lebih dari sekadar rekomendasi dari seorang teman yang terpercaya."

14. "Nasihat saya yang nomor satu adalah: Anda harus belajar bagaimana memrogramnya."

15. "Saya memulai situs Facebook saat berusia 19, saya tidak tahu banyak tentang bisnis saat itu."

16. "Saya pikir aturan bisnis yang sederhana adalah, jika Anda melakukan hal-hal yang lebih mudah dulu, maka Anda dapat benar-benar menghasilkan banyak kemajuan."

17. "Jangan biarkan orang lain memberitahu Anda untuk mengubah siapa Anda".

18. "Membutuhkan keberanian untuk memilih harapan atas rasa takut."

19. "Penting bagi wirausahawan muda untuk cukup sadar diri untuk mengetahui apa yang tidak mereka ketahui."

20. "Jika Anda ingin membangun sesuatu yang hebat, Anda harus fokus pada perubahan apa yang ingin Anda buat di dunia ini."

21. "Mungkin orang bisa menjadi sangat cerdas atau memiliki keahlian yang bisa langsung diaplikasikan, tetapi jika mereka tidak percaya dengan apa yang mereka punya, mereka tidak akan bisa bekerja keras."

22. "Karakter utama dari orang yang sukses adalah keberanian dan komitmen mereka untuk terus maju tanpa takut halangan. Tidak ada jaminan sebuah kesuksesan bagi seorang yang tidak keluar dari zona nyamannya dan takut mengambil risiko."

23. "Membantu satu miliar orang terhubung satu sama lain merupakan hal yang paling saya banggakan."

24. "Tujuan saya bukan menciptakan perusahaan yang besar, tetapi membangun sesuatu yang membuat perubahan besar."

25. "Anda lebih baik mencoba sesuatu kemudian gagal, daripada tidak melakukannya sama sekali."

26. "Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun dan bekerja keras untuknya."

27. "Perusahaan yang bekerja adalah perusahaan yang memiliki kepedulian dan visi untuk dunia, oleh sebab itu, lakukanlah sesuatu yang Anda sukai."

28. "Banyak orang fokus untuk mengambil alih dunia atau melakukan hal terbesar dan mendapatkan sebagian besar pengguna. Saya pikir membuat perbedaan dan melakukan sesuatu yang keren adalah fokus secara intens."

29. "Membangun misi dan membangun bisnis berjalan beriringan, hal utama yang menggairahkan saya adalah misinya, tapi kita selalu memiliki pemahaman yang sehat bahwa kita perlu melakukan keduanya."

30. "Saya merasa bahwa perusahaan terbaik dimulai bukan karena pendirinya menginginkan sebuah perusahaan, tapi karena sang pendiri ingin mengubah dunia."

Motto hidup pengusaha dari Bob Sadino.

Motto hidup pengusaha © berbagai sumber

foto: Instagram/@buburnutricareorganik

31. "Berhenti membuat rencana, melangkahlah!"

32. "Banyak orang tanya, 'Bisnis apa yang bagus?' Jawabnya, 'Bisnis yang bagus adalah yang dibuka, bukan yang ditanyakan terus'."

33. "Kegagalan adalah bumbu kehidupan. Kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia yang tangguh."

34. "Kemauan harus dilandasai dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.”

35. "Orang goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah."

36. "Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan."

37. "Orang pintar sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang bodoh tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya."

38. "Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh sering kali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut."

39. "Orang pintar berpikir aku pasti bisa mengerjakan semuanya, sedangkan orang bodoh menganggap dirinya punya banyak keterbatasan sehingga harus dibantu orang lain."

40. "Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan."

41. "Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tetapi sering kali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir simple, yang penting produknya terjual."

42. "Yang beneran punya, nggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga sok punya."

43. "Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga."

44. "Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu."

45. "Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jerih payah diri sendiri, tanpa campur tangan Tuhan. Mengingat Tuhan adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal."

46. "Ilmu memang berserakan di mana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga."

47. "Banyak orang bodoh yang banyak mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Di lain sisi kebanyakan orang pintar malas untuk bekerja keras dan sok cerdas."

48. "Orang goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri. saat bisnisnya berkembang, orang goblok mempekerjakan orang pintar."

49. "Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses agar bisa bayar pelamar kerja."

50. "Rencana itu cuma berlaku buat mereka yang belajar manajemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu racun, bencana!"

51. "Banyak orang bilang saya orang gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya."

52. "Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat, dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada."

53. "Urutan kerja diurut berdasarkan prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir."

54. "Orang pintar beranggapan, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis."

55. "Satpam dan tembok rumah yang kokoh bukan jaminan hidup tenang. Hati yang damai, kasih dan tiada kebencian itulah kunci ketenangan dan rasa aman."

56. "Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain."

57. "Setinggi apa pun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil apa pun usaha Anda, Anda adalah bos-nya."

58. "Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain."

59. "Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai suatu usaha maka kerjakanlah dengan serius. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis."

60. "Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak, cuma melangkah saja, ngapain mikir, kan cuma selangkah."

Motto hidup pengusaha dari Chairul Tanjung.

Motto hidup pengusaha © berbagai sumber

foto: Instagram/@indovisualofficial

61. "Anda semua akan dapat berdiri di sini menggantikan saya apabila bekerja keras. Dan dibutuhkan kemampuan entrepreneur dan manajerial yang baik. Tidak lagi semata-mata modal."

62. "Jika kamu ingin menang di abad ke-21 ini, kamu harus memberi wewenang kepada orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari kamu. Maka kamu akan sukses."

63. "Memutuskan jadi pengusaha bukan berarti tidak berprestasi di bidang akademis."

64. "Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri."

65. "Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari seorang pengusaha."

66. "Kehormatan kita adalah kepribadian kita. Saat kepribadian saja tidak punya, tak akan mungkin punya kehormatan."

67. "Keberhasilan manusia ditentukan oleh dirinya sendiri. Dengan pilihan yang benar, ia akan bersinar."

68. "Memperjuangkan ideologi harus realistis, bukan harga mati."

69. "Tanpa kerja keras ini semua omong kosong."

70. "Modal utama pengusaha adalah jangan cengeng, jangan mudah menyerah."

71. "Untuk sukses, kamu perlu mempercayai dirimu sendiri, terutama di saat tidak ada seorang pun yang percaya kepadamu."

72. "Ibuku adalah kunci sukses saya."

73. "Zaman dulu: Banyak anak, banyak rejeki. Zaman sekarang: Banyak koneksi, banyak rezeki."

74. "Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana menyikapinya. Evaluasi, bangkit! Gagal lagi? Bangkit lagi!"

75. "Bekerjalah 2/3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil."

76. "Lama memang, tapi itu caranya. Semua harus dilewati seperti anak tangga. Satu per satu, jangan lompat-lompat karena kalau melompat kemungkinan terpelesetnya tinggi."

77. "Berpikir positif adalah cara terbaik ketika tidak punya pilihan."

78. "Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, namun giving atau sedekah dapat memudahkannya."

79. "Kebijaksanaan sejak dari hati dan pikiran, tidak hanya dari ucapan."

80. "Menjadi pejabat, pohonnya memang tinggi, tapi buahnya tidak ada. Enak jadi pengusaha."

81. "Kesuksesan bukanlah suatu tujuan, melainkan sebuah perjalanan untuk masa depan."

82. "Selain kerja keras, hal lain yang harus diingat adalah kerja ikhlas. Setelah itu, baru menyerahkan segala hasil kerja keras kepada Tuhan."

83. "Setinggi-tingginya jabatan apa pun dalam pekerjaan tetap saja kita adalah pegawai. Tapi, sekecil-kecilnya usaha kita, tetap saja itu bos."

84. "Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, keuletan, kegigihan, dan kedisiplinan. Hal itu juga harus dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan tidak cepat putus asa. Semua cita-cita dan ambisi hanya bisa direngkuh apabila kita mau terus belajar berbagai hal, di mana pun dan kepada siapa pun."

85. "Jangan takut dengan kompetitor, karena kompetitor juga takut kepadamu. Fokus dengan memberikan service lebih kepada customer-mu saja. Kompetisi itu bagus."

86. "Anda harus belajar dari pesaing Anda. tapi jangan pernah menirunya. Anda meniru, Anda akan kalah."

87. "Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita."

88. "Buatlah perubahaan yang nyata. jika mengalami kegagalan, Coba lagi, jika masih gagal. Anda hanya melanjutkan pekerjaan sebelumnya. Mudah bukan."

89. "Saya mendengar banyak anak muda yang memikirkan hal yang luar biasa setiap malam. Tapi sayang, pagi harinya dia masih pergi ke kantornya. Buatlah perubahan. Buatlah tindakan."

90. "Gunakanlah otak Anda agar bisa membantu orang banyak. jika Anda bisa berguna bagi banyak orang, Anda akan sukses."

91. "Alamilah banyak penolakan. Namun, yakinlah juga bahwa ada sesuatu yang menanti Anda."

92. "Berubahlah selagi kamu dalam kondisi terbaikmu, sebelum muncul hal-hal buruk. Akan terlalu lambat untuk membetulkan atap saat musim hujan terlanjur datang. Pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar."

93. "Kalau kamu memang ingin melakukannya, coba saja. Kalau memang nanti semua tidak berjalan seperti yang kamu inginkan, kamu tinggal kembali ke hal yang kamu lakukan sebelumnya."

94. Ambisi membuat kamu punya kekuatan untuk mengalahkan semua rintangan dan membuat keajaiban."

95. "Kalau kamu dikalahkan oleh pesaingmu, tidak akan ada yang kasihan kepadamu."

(brl/red)