Brilio.net - Di era modern seperti ini, siapa yang tidak mengenal tokoh inspiratif dalam bidang teknologi bernama Steve Jobs. Steve Jobs merupakan pendiri perusahaan Apple yang hingga kini terkenal sebagai raksasa perusahaan teknologi dunia.

Sebelumnya, pria kelahiran California, 24 Februari 1955 ini pernah menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada 2006 silam. Kesuksesannya dalam memimpin perusahaan membuat Jobs menginspirasi banyak orang. Tak heran jika sepanjang hidupnya ia kerap diminta untuk memberi seminar motivasi, terutama di kalangan anak muda.

Kesuksesan Steve Jobs membangun Apple patut diacungi jempol. Jasa-jasanya akan selalu dikenang sepanjang masa. Steve Jobs mengembuskan napas terakhirnya pada 5 Oktober 2011. Namun, buah pikiran dan motivasinya akan selalu menjadi pelecut generasi selanjutnya untuk meraih kesuksesan.

Ada banyak kata-kata bijak Steve Jobs yang bisa dijadikan motto hidup untuk meraih kesuksesan. Berikut 81 motto hidup Steve Jobs yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Motto hidup Steve Jobs, inspiratif.

Motto hidup Steve Jobs © berbagai sumber

foto: Instagram/@nauma_preneur

1. "Kamu harus bersemangat dengan ide, atau masalah, atau kesalahan yang ingin diperbaiki. Jika kamu tidak cukup bersemangat sejak awal, kamu tidak akan pernah bertahan."

2. "Hal favorit saya dalam hidup tidak memerlukan biaya apa pun. Sangat jelas bahwa sumber daya paling berharga yang kita semua miliki adalah waktu."

3. "Kamu harus percaya pada sesuatu—naluri, takdir, hidup, karma, apa pun."

4. "Segalanya penting—kesuksesan ada pada detailnya."

5. "Apa yang kita lakukan di sini akan mengirimkan riak raksasa ke seluruh alam semesta."

6. "Kamu tahu siapa manajer terbaik? Mereka adalah kontributor individu yang hebat, yang tidak pernah ingin menjadi manajer, tetapi memutuskan bahwa mereka harus menjadi manajer karena tidak ada orang lain yang dapat melakukan pekerjaan sebaik mereka."

7. "Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan."

8. "Hal terbesar adalah ketika kamu benar-benar mencurahkan hati dan jiwamu ke dalam sesuatu selama periode waktu yang lama, dan itu sangat berharga."

9. "Jangan biarkan suara pendapat orang lain menenggelamkan suara hatimu sendiri."

10. "Jika kamu mengawasi keuntungan, kamu akan berhemat pada produk. Tetapi, jika kamu fokus untuk membuat produk yang benar-benar hebat, maka keuntungannya akan mengikuti."

11. "Aku yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang membedakan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni."

12. "Waktumu terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain."

13. "Jangan terjebak oleh dogma—yang hidup dengan hasil pemikiran orang lain."

14. "Jangan biarkan suara pendapat orang lain menenggelamkan suara hatimu sendiri."

15. "Kamu tidak bisa hanya bertanya kepada pelanggan apa yang mereka inginkan dan kemudian mencoba memberikannya kepada mereka. Saat kamu membuatnya, mereka akan menginginkan sesuatu yang baru."

16. "Menjadi tolok ukur kualitas, beberapa orang tidak terbiasa dengan lingkungan di mana keunggulan diharapkan."

17. "Tugas saya adalah membuat seluruh tim eksekutif cukup baik untuk menjadi penerus, jadi itulah yang saya coba lakukan."

18. "Revolusi ini, revolusi informasi, juga merupakan revolusi energi bebas, tetapi jenis lain: Energi intelektual bebas."

19. "Teknologi bukanlah apa-apa. Yang penting adalah Anda memiliki keyakinan pada orang-orang, bahwa mereka pada dasarnya baik dan pintar, dan jika Anda memberi mereka alat, mereka akan melakukan hal-hal luar biasa bersama itu."

20. "Tuhan memberi kita indra untuk membiarkan kita merasakan cinta di hati setiap orang, bukan ilusi yang dibawa oleh kekayaan."

21. "Tidak ada yang mau mati. Bahkan orang yang ingin masuk surga tidak ingin mati untuk mencapainya. Namun, kematian adalah tujuan yang kita semua bagi. Tidak ada yang bisa lolos. Dan memang begitulah seharusnya karena kematian kemungkinan besar adalah satu-satunya penemuan terbaik dalam hidup."

22. "Tidak masuk akal untuk mempekerjakan orang yang baik dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan; kami mempekerjakan orang baik sehingga mereka dapat memberitahu kami apa yang harus dilakukan."

23. "Desain bukan hanya seperti apa bentuknya dan rasanya, desain adalah cara kerjanya."

24. "Inovasi membedakan antara seorang pemimpin dan pengikut."

25. "Terkadang saat kamu berinovasi, kamu membuat kesalahan. Yang terbaik adalah mengakuinya dengan cepat, dan lanjutkan dengan meningkatkan inovasimu yang lain."

26. "Terkadang hidup menghantam kepalamu dengan batu bata. Jangan kehilangan kepercayaan."

27. "Anda tidak boleh memulai perusahaan dengan tujuan menjadi kaya. Sasaran Anda harus membuat sesuatu yang Anda yakini dan membuat perusahaan bertahan lama."

28. "Saat kamu membutuhkan keajaiban, jadilah keajaiban itu."

29. "Banyak hal yang membuat saya tersandung. Dengan mengikuti keingintahuan dan intuisi saya ternyata tidak ternilai harganya di kemudian hari."

30. "Sederhana bisa lebih sulit daripada kompleks; kamu harus bekerja keras untuk membuat pemikiranmu bersih untuk membuatnya sederhana."

31. "Kebanyakan orang tidak memiliki konsep bagaimana sebuah transmisi otomatis bekerja, tapi mereka tahu caranya mengendarai sebuah mobil. Kamu tidak harus belajar Fisika untuk mengerti hukum gerak untuk mengendarai sebuah mobil. Kamu tidak harus mengerti hal-hal ini untuk menggunakan Macintosh."

32. "Anda tidak bisa menghubungkan titik demi titik ke depan! Anda hanya bisa menghubungkan titik-titik tersebut ke belakang. Jadi, Anda harus mempercayai bahwa titik-titik tersebut akan menghubungkan masa depan Anda. Anda harus mempercayai sesuatu keberanian Anda, takdir, hidup, karma, apa pun."

33. "Panutan saya untuk bisnis adalah The Beatles. Mereka saling mengimbangi satu sama lain. Beginilah cara saya memandang suatu bisnis, bisnis yang hebat bukan dilakukan oleh satu orang, melainkan oleh tim."

34. "Selama 33 tahun terakhir, aku selalu melihat ke cermin setiap pagi dan bertanya pada diri sendiri: ‘Jika hari ini adalah hari terakhirku, apakah aku akan tetap melakukan apa yang aku rencanakan hari ini?’ Jika jawabannya ‘Tidak’ beberapa hari berturut-turut, aku tahu aku harus mengubah sesuatu."

35. "Jika saya mencoba yang terbaik dan gagal, setidaknya saya telah melakukan yang terbaik."

36. "Hal keseluruhannya adalah bahwa teknologi baru tidak semestinya menggantikan teknologi yang lama, tapi akan memperbaharuinya."

37. "Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan telah membuat semua perbedaan dalam hidup saya."

38. "Kreativitas hanyalah menyambungkan sesuatu. Ketika kamu menanyakan orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasakan sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu."

39. "Hal favorit saya dalam hidup ini adalah tidak memerlukan biaya apa pun."

40. "Ini benar-benar jelas bahwa sumber daya yang paling berharga yang kita semua miliki adalah waktu."

Motto hidup Steve Jobs, penuh motivasi.

Motto hidup Steve Jobs © berbagai sumber

foto: Instagram/@zeinmukhlis

41. "Mengingat-ingat bahwa aku akan segera mati adalah hal terpenting yang aku pernah hadapi untuk membantuku membuat pilihan besar dalam hidup."

42. "Karena hampir semua hal semua harapan, semua kebanggaan, semua ketakutan akan kegagalan hal-hal ini akan menghilang seiring kematian, hanya menyisakan apa yang benar-benar penting."

43. "Tidak ada seorang pun yang ingin mati. Meski mereka yang ingin pergi ke surga, tidak ingin mati. Namun kematian adalah tujuan kita bersama, tidak ada yang bisa lolos darinya."

44. "Kematian adalah penemuan terbaik dalam kehidupan. Ia membersihkan yang lama dan membuat jalan untuk yang baru. Sekarang yang baru adalah kamu, namun suatu saat nanti kamu akan menjadi tua dan 'dibersihkan'."

45. "Jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata hasilnya bagus, maka Anda harus pergi melakukan sesuatu yang lain."

46. "Jangan terjebak pada dogma yang hidup dengan hasil pemikiran orang lain."

47. "Jangan biarkan suara orang lain meredam suara terdalam Anda. Dan yang terpenting, beranilah untuk mengikuti suara hati dan intuisi Anda."

48. "Aku mau menggetarkan alam semesta."

49. "Mengingat bahwa Anda akan mati adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan berpikir Anda akan kehilangan sesuatu. Anda sudah telanjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hati Anda.

50. "Jika hari ini adalah hari terakhir dari hidup Anda, akankah Anda mau melakukan apa yang akan Anda lakukan hari ini?"

51. "Desain adalah kata yang lucu. Sebagian orang berpikir desain berarti bagaimana tampilannya. Tetapi tentu saja, jika Anda menggali lebih dalam, itulah cara kerjanya."

52. "Bukanlah iman yang ada dalam teknologi. Itu adalah iman yang ada pada orang-orang."

53. "Terakhir, namun tidak sedikit."

54. "Pekerjaan Anda akan mengisi sebagian besar hidup Anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang Anda yakini adalah pekerjaan besar."

55. "Jika kamu hidup setiap hari seperti itu hari terakhir kamu, suatu hari nanti kamu pasti benar."

56. "Mereka yang cukup gila untuk memikirkan bahwa mereka dapat mengubah dunia, adalah orang-orang yang bisa melakukannya."

57. "Kita hanya merasa antusias tentang apa yang kita lakukan."

58. "Tetaplah lapar, tetaplah merasa bodoh."

59. "Sangat sulit membuat desain sebuah produk. Kerap kali orang-orang tidak mengetahui apa yang mereka inginkan, sampai kita menunjukkannya pada mereka."

60. "Komputer dan software yang akan dikembangkan, akan merombak cara kita belajar."

61. "Miliki keberanian untuk mengikuti hati dan intuisi Anda. Entah kenapa mereka tahu apa yang sebenarnya menjadi apa yang Anda inginkan.

62. "Jadilah tolok ukur dari kualitas. Beberapa orang tidak terbiasa di sebuah lingkungan di mana keunggulan dibutuhkan."

63. "Aku rasa hal itu mendekatkan dunia, dan akan tetap seperti itu. Semua hal memiliki sisi buruk; semua hal memiliki konsekuensi yang tidak pernah terbayangkan."

64. "Ini adalah salah satu mantra saya: Fokus dan kesederhanaan."

65. "Kamu harus berkerja lebih keras untuk menjernihkan pikiran dan menghasilkan kesederhanaan. Pada akhirnya hal ini akan setimpal. Saat kamu tiba di sana, kamu bisa memindahkan gunung."

66. "Dipecat dari Apple adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada saya. Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula. Hal itu mengantarkan saya memasuki salah satu perode paling kreatif dalam hidupku."

67. "Dan, satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan berdiam diri."

68. "Seperti semua masalah hati, Anda akan mengetahuinya jika Anda telah menemukannya."

69. "Inovasi berawal dari berkata 'tidak' untuk 1000 benda apa pun."

70. "Terkadang, hidup memukulmu dengan kenyataan yang berat. Jangan kehilangan keyakinan."

71. "Bukanlah iman yang ada dalam teknologi. Itu adalah iman yang ada pada orang-orang."

72. "Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hati Anda."

73. "Mengingat bahwa Anda akan mati adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan berpikir Anda akan kehilangan sesuatu."

74. "Saya selalu ingin memiliki dan mengendalikan teknologi utama dalam segala hal yang kami lakukan."

75. "Semua orang disini memiliki rasa bahwa saat ini adalah satu dari beberapa kejadian di mana kita memengaruhi masa depan."

76. "Aku percaya bahwa hidup adalah hal yang cerdas: Bahwa segala sesuatu tidak acak."

77. "Kami mempekerjakan orang-orang yang ingin membuat hal-hal terbaik di dunia."

78. "Lebih menyenangkan menjadi bajak laut daripada bergabung dengan angkatan laut."

79. "Saya seorang optimis dalam arti bahwa saya percaya manusia adalah mulia dan terhormat, dan beberapa dari mereka benar-benar pintar. Saya memiliki pandangan individu yang sangat optimis."

80 "Satu hal yang saya yakini… Hal yang membedakan wirausahawan yang sukses dan tidak, adalah kegigihan."

81. "Kami tidak pernah khawatir terhadap angka-angka. Apple selalu mencoba berfokus pada produk karena sebuah produk benar-benar akan membuat perbedaan."

(brl/red)