Brilio.net - Film Hollywood terus memanjakan penggemar dengan berbagai karyanya yang menarik untuk disaksikan. Tak hanya film dengan kisah yang baru, film franchise juga tak kalah mencuri perhatian.

Jika ada yang belum tahu, film franchise atau waralaba adalah sebutan untuk beberapa film yang memiliki satu garis cerita. Biasanya film-film ini akan dibuat dengan duologi, trilogi, quadriologi, pentalogi, dan seterusnya.

Alasan mengapa film franchise begitu populer, salah satunya adalah rasa antusias para penonton yang besar. Selain mengobati rasa rindu, para penggemar film juga dibuat penasaran dengan kelanjutan maupun akhir dari kisah favoritnya.

Nah, dari semua film franchise yang diproduksi, ada yang telah berhasil meraup keuntungan besar dan mengantongi banyak penghargaan lho. Sudah bisa menebaknya?

Berikut delapan film franchise terbaik sepanjang masa yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/1).

Loading...

1. Marvel Cinematic Universe.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Film franchise dengan pendapatan paling tinggi masih dipegang Marvel Cinematic Universe atau disingkat MCU. Mengangkat kisah-kisah para pahlawan dari komik Marvel, di antaranya adalah Iron Man, Captain Amerika, Hulk, Thor, Ant Man, Black Panther, dan masih banyak lagi.

Nah, film franchise dari MCU ini telah berhasil meraup keuntungan lebih dari USD 17,5 miliar. Uniknya, di setiap filmnya terselip beberapa scene yang berhubungan dengan kisah dalam film-film selanjutnya.

2. Star Wars.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Memiliki rentan waktu 41 tahun dari keseluruhan film yang dibuat, Star Wars juga menjadi film franchise terbaik sepanjang masa. Star Wars sendiri berhasil mendapatkan keuntungan sebesar USD 9,3 miliar.

Film Star Wars masih berfokus pada kisah pertarungan antar galaksi, beberapa di antaranya yaitu:

- Star Wars Episode I: The Phantom Menace.

- Star Wars Episode II: Attack of the Clones.

- Star Wars Episode III: Revenge of the Sith.

- Star Wars Episode IV: A New Hope.

- Star Wars Episode V : The Empire Strikers Back.

- Star Wars Episode VI: Return of Jedi.

- The Clone Wars.

- The Force Awakens.

3. Harry Potter.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Kepopuleran film yang diadaptasi dari novel karya JK Rowling ini memang tak perlu diragukan. Dibintangi Daniel Radcliffe, Rubert Grint, dan Emma Watson, film Harry Potter mengisahkan tentang pelajar di sekolah sihir Hogward.

Seperti judulnya, film ini akan berpusat pada karakter Harry yang berusaha mengalahkan Lord Voldemort, penyihir jahat yang tangguh dan paling ditakuti.

Film Harry Potter sendiri terbagi menjadi delapan seri, seri pertamanya tayang pada tahun 2001 dan seri ke-8 pada 2011. Jika kamu akan menonton ulang, berikut urutan filmnya:

- Harry Potter and the Philosepher's Stone(2001)

- Harry Potter and the Chamber8 of Secrets(2002)

- Harry Potter and the Prisoner of Azkaban(2004)

- Harry Potter and the Goblet of Fire(2005)

- Harry Potter and the Order of the Phoenix(2007)

- Harry Potter and the Half Blood Prince(2009)

- Harry Potter and the Deathly Hallows part 1 (2010)

- Harry Potter and the Deathly Hallows part 2 (2011)

4. James Bond.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada James Bond yang mengisahkan tentang agen 007 dari Inggris. Dibintangi banyak aktor ternama seperti Ian Fleming, Sean Connery, Pience Brosnan, dan Daniel Craig, film ini juga disebut-sebut sebagai pionir film bergenre action yang sukses dan mendunia.

Rilis pertama kali pada tahun 1963, James Bond telah dikisahkan dalam 25 film dan meraup keuntungan sejumlah USD 115 miliar.

5. The Lord of The Rings.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel karya JRR Tolkien dengan judul yang sama, film franchise The Lond of The Rings telah meraup keuntungan sebesar USD 5,8 miliar. Film yang diproduksi sebagai kisah trilogi antara lain:

- The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring.

- The Lord of the Rings: The Two Towers.

- The Lord of the Rings: The Return of the King.

Film bergenre fantasi ini mengisahkan tentang hobbit Frodo Baggins dan sembilang pembawa cincin yang berusaha menghancurkan one ring dan pembuatnya, dark Lord Sauron.

6. X-Men.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

X-Men merupakan salah satu film franchise yang menampilkan tokoh-tokoh superhero dengan kekuatannya yang unik. Nah untuk saat ini, ada 15 film yang dihasilkan, salah satunya adalah film Deadpool. Total keuntungan yang telah dihasilkan seluruh film franchise X-Men sekitar USD 5,7 miliar.

7. Spider-Man.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Sebelum diperankan Tom Holland, Spider Man yang rilis pada 2002 diperankan oleh Tobey Maguire. Nah film franchise Spider-Man versi Sony ini juga menghadirkan trilogi yang laris di pasaran, yakni film Spider-Man tayang 2002, Spider-Man 2 tayang 2004, dan Spider-Man 3 tayang 2007. Keuntungan atas tiga film tersebut sebesar USD 2,5 miliar.

8. Fast and Furious.

film franchise istimewa

foto: imdb.com

Memperlihatkan aksi balapan yang seru dan menegangkan, Fast and Furious menjadi film franchise yang tak kalah sukses. Film yang dibintangi Vin Diesel, Dwayne Johnson, Tryse Gibson, dan mendiang Paul Walker ini telah berhasil meraup keuntungan sebesar USD 5,1 miliar.

Berikut film franchise Fast and Furious:

- The Fast and the Furious.

- 2 Fast 2 Furious.

- The Fast and the Furious: Tokyo Drift.

- Fast & Furious.

- Fast Five.

- Fast & Furious 6.

- Furious 7.

- The Fate of the Furious.

Reporter: Deta Jauda Najmah