Brilio.net - Banyak orang sukses di dunia ini karena memiliki usaha atau bisnis sendiri. Tak heran, jika setiap orang selalu menginginkan untuk memiliki usaha sendiri. Salah satu bentuk usaha yang kini diinginkan banyak orang ialah usaha rumahan.

Namun, banyak orang ragu saat ingin menjalankan bisnis karena tidak memiliki modal yang cukup. Ya, dalam membangun bisnis, dibutuhkan tekad yang kuat untuk menjadi sukses dan modal yang cukup sesuai usaha yang akan dirintis.

Umumnya ketika berbicara tentang modal, seseorang pasti berpikiran harus memiliki uang yang banyak. Ketika tidak punya uang cukup untuk modal, seseorang biasanya akan meminjam uang di bank. Namun, ada cara lain lho untuk mendapatkan modal selain di bank. Berikut 7 cara mendapatkan modal usaha, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (4/1).

1. Pakai tabungan sendiri.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Banyak orang ragu saat ingin menjalankan bisnis karena tidak memiliki modal yang cukup. Padahal, memulai bisnis tidak melulu harus memiliki modal yang besar. Dengan mengetahui cara memulai bisnis yang benar, kamu dapat menjalankan bisnis hanya dengan modal kecil. Kamu bisa pakai tabunganmu sendiri untuk modal usaha.

Sebelum mulai mengumpulkan modal usaha dengan cara menabung, ada baiknya untuk menyiapkan rekening khusus yang digunakan menabung uang modal usaha tersebut. Hal ini untuk mencegah kamu tergiur menggunakan uang modal usaha dan justru mengurangi jumlah uang modal yang sudah dikumpulkan.

2. Jual aset pribadi.

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Cara kedua yakni dengan menjual aset pribadi seperti berupa motor, mobil, rumah, gadget yang tidak terpakai, barang elektronik, tabungan emas, dan lain sebagainya.

Tapi memang, cara ini perlu kerelaan hati dan keyakinan bahwa aset yang dijual tidak akan berakhir sia-sia tanpa usaha yang tidak menuai hasil maksimal.

3. Gadaikan aset pribadi.

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Jika kamu belum ikhlas menjual aset pribadi, kamu bisa menggadaikan di pegadaian, dengan surat-surat berharga seperti surat tanah, BPKB kendaraan ataupun barang berharga lainnya.

Sebenarnya beberapa keuntung menggunakan cara gadai aset ini cukup banyak. Beberapa di antaranya yaitu:

- Pencairan modal usaha cukup cepat.

- Bunga yang dibayarkan lebih kecil dari bunga bank.

- Jika sudah memiliki dana, maka kamu bisa menebus aset yang digadaikan.

- Kamu juga tidak perlu khawatir barang akan dilelang apabila tidak belum bisa menebus barang yang digadaikan. Kamu cukup membayar biaya pemeliharaan yang cukup murah.

- Prosedur tidak rumit.

4. Patungan bersama.

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Jika kamu merasa belum memiliki cukup modal, kamu bisa mencoba membuka usaha bersama teman atau keluarga. Ajak mereka patungan untuk merintis usaha. Tapi jika ingin membuka usaha dengan cara patungan bersama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah di depan nanti, yaitu:

- Usahakan patungan ini dijalankan maksimal dua orang. Hal ini untuk menghindari terlalu rumitnya proses komunikasi dan pembagian keuntungan.

- Usahakan partner usaha merupakan orang yang memiliki visi yang sama dan memang berkompeten serta professional dalam menjalankan usaha.

- Akan lebih aman apabila membuat perjanjian kerjasama di atas kertas agar tidak terjadi hal yang mungkin tidak diinginkan dan bisa saja terbawa hingga ke ranah hukum.

5. Cari investor.

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Cara selanjutnya mungkin terbilang sulit bagi seseorang yang ingin memulai usaha, yakni mencari investor. Semakin baik konsep serta detail dari usaha yang akan dibangun, maka bisa semakin besar pula nominal yang akan diberikan oleh investor.

Memang, untuk mendapatkan investor susah-susah gampang. Tapi kamu bisa mulai dari membangun relasi terlebih dahulu. Lalu coba lebih sering mengikuti seminar yang mungkin banyak didatangi investor.

6. Hibah pemerintah, perusahaan, atau universitas.

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu bisa mendapatkan modal usaha dari hibah pemerintah, perusahaan hingga universitas. Berbagai jenis dana hibah yang diberikan tersebut bisa digunakan bagi kamu yang sudah menjalankan usaha maupun yang baru akan menjalankan usaha, tentunya dalam skala usaha yang masih kecil.

7. Ikuti perlombaan.

Cara mendapatkan modal usaha © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Terakhir, kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan mengikuti perlombaan. Salah satunya yakni lomba bisnis. Tapi, agar dapat mengikuti lomba bisnis tersebut, kamu wajib membuat sebuah proposal bisnis yang sangat detail dan proposal tersebut akan dipresentasikan.

Apabila kamu terpilih dan sukses menjuarai lomba tersebut, biasanya akan ada hadiah utama berupa modal usaha gratis, lalu ada pendampingan dari mentor handal hingga bisns kamu benar-benar terwujud.

(brl/guf)

(brl/guf)