Brilio.net - Bukan rahasia lagi jika saat ini banyak anak muda memilih menjadi entrepreneur dengan menjalankan bisnis sendiri. Banyak dari mereka yang menjalankan usaha skala kecil dan menengah.

Nah jika diperhatikan, banyak dari mereka saat menghitung transaksi menggunakan tablet atau komputer. Ternyata mereka memanfaatkan aplikasi kasir. Tujuan penggunaan aplikasi ini selain sebagai mesin hitung juga untuk urusan sistematis dan komputerisasi data.

Aplikasi seperti ini tentu akan sangat membantu, terutama dalam kaitannya dengan penghitungan dan pencatatan keuangan usaha. Umumnya saat ini aplikasi kasir banyak digunakan mereka yang berkecimpung di dunia retail atau usaha kuliner, dan cafe.

Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan sebagai alat bantu untuk pekerjaan kasir, hanya saja dari segi fitur maupun kegunaannya jauh lebih kompleks dan variatif. Ada banyak aplikasi yang digunakan untuk mempermudah proses pencatatan transaksi kasir, salah satunya aplikasi Majoo.

Aplikasi buatan lokal ini bisa membantu pengguna yang sedang membangun wirausaha. Berikut beragam manfaat yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi kasir.

1. Proses akuntansi lebih mudah

5 Manfaat aplikasi kasir © 2021 brilio.net

Menggunakan aplikasi kasir berbasis sistem online akan membuat semua proses pencatatan akuntansi menjadi lebih sederhana. Apalagi, tabel penjualan maupun pencatatan lainnya bisa terekam secara otomatis ketika terjadi sebuah transaksi. Hal ini tentu berbeda dengan mesin kasir yang konvensional, di mana biasanya pengguna akan dihadapkan pada banyaknya struk untuk dihitung secara manual demi bisa mengetahui pemasukan hari itu. Dengan adanya mesin dan aplikasi kasir, maka pengguna akan lebih mudah menghitung pemasukan tersebut.

2. Menghindari kesalahan penghitungan

5 Manfaat aplikasi kasir © 2021 brilio.net

Penghitungan secara manual tidak jarang akan menimbulkan kesalahan, terutama human error maupun kesalahan teknis lainnya. Adapun penghitungan yang dimaksud tidak hanya berupa penghitungan transaksi, namun juga stok persediaan, sisa uang, dan sebagainya. Transaksi dan pencatatan penjualan rentan dengan kesalahan.

Pengguna bahkan perlu mengecek satu persatu secara manual sehingga terkesan tidak efisien. Oleh karenanya, teknologi aplikasi kasir tentu saja akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

3. Mempermudah pembuatan laporan

5 Manfaat aplikasi kasir © 2021 brilio.net

Seberapa pentingnya aplikasi kasir juga dapat dilihat dari kemudahan setiap akuntan dan pebisnis dalam membuat berbagai laporan. Biasanya, setiap aplikasi akan menyediakan data khusus di mana pengguna hanya perlu mengunduhnya dan menjadikan sebuah laporan yang presisi.

Tidak jarang, laporan yang ada di aplikasi tersebut bisa diketahui secara real-time setiap hari, dan jika akan menggunakannya pengguna dapat mengunduh laporan yang sudah tersedia. Dengan adanya laporan yang terintegrasi secara sistematis ini, pengguna juga bisa langsung menentukan strategi usaha maupun menganalisis laba dan kerugian.

4. Perawatan yang lebih hemat

5 Manfaat aplikasi kasir © 2021 brilio.net

Saat ini sudah banyak aplikasi kasir yang dapat ditemui di berbagai platform digital. Pengguna bisa membeli dengan harga yang relatif terjangkau sesuai dengan paket dan fitur yang diinginkan. Bahkan saking banyaknya yang sudah menjual paket aplikasi kasir ini, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan biaya maintenance atau perbaikan jika ada kerusakan.

Karena sudah semakin banyak aplikasi kasir yang memiliki berbagai paket penjualan, maka semakin banyak juga vendor untuk menangani reparasi maupun berbagai perawatannya. Malahan, biaya yang dibutuhkan tidaklah sebesar yang dibayangkan karena banyaknya vendor tersebut.

5. Mudah menjangkau berbagai kalangan

5 Manfaat aplikasi kasir © 2021 brilio.net

Adapun pentingnya aplikasi kasir juga dapat dilihat penggunaannya yang dapat menjangkau siapa saja. Ya, selain mudah didapatkan, mesin dan aplikasi seperti ini mudah digunakan. Pengguna hanya perlu menekan layar gadget dan secara otomatis data akan terekam di sistem. Bahkan hal ini bisa menjadi salah satu strategi marketing. Jika pelayanan kasir menjadi lebih cepat, tentu para pelanggan juga akan lebih merasa puas.