Brilio.net - Kerap santer tersiar di berbagai kanal berita mengenai isu uang palsu. Hal ini cukup banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia, sampai-sampai menimbulkan kekhawatiran akan peredarannya. Bagaimana tidak, sebagai alat pembayaran dan transaksi yang sah menurut negara, uang adalah komoditi seluruh kalangan dari kelas bawah hingga menengah. Dengan tingginya intensitas pemakaian tukar transaksi menggunakan uang, besar kemungkinannya uang palsu akan bercampur dengan uang sah.


Lalu apakah pernah terlintas di pikiranmu, bagaimana cara cek uang palsu yang mudah tanpa peralatan khusus tertentu? Memang pada dasarnya, uang yang diedarkan oleh Bank Indonesia berupakan cetakan lembaran kertas dengan ciri-ciri khusus. Tujuan utamanya yakni agar tidak mudah dipalsukan dan menjadi alat bantu dalam mendeteksi keasliannya.

Namun dewasa ini, dengan kemajuan teknologi begitu pesat, rasa-rasanya akan sangat mudah bagi para oknum untuk berusaha memalsukan komoditi utama masyarakat, salah satunya yakni uang. Apalagi saat ini sudah mendekati bulan suci Ramadan, di mana kebutuhan tukar menukar uang baru sangat mudah ditemui dipinggir jalan oleh para penjual non-petugas resmi. Peluang penyebaran uang palsu akan semakin terus meningkat dan mengkhawatirkan publik.

Sebenarnya, Bank Indonesia selaku badan negara yang bertanggungjawab atas cetak-mencetak uang di Indonesia, telah memberikan panduan kepada masyarakat agar lebih mudah mendeteksi keberadaan uang palsu. Cara cek uang palsu menurut Bank Indonesia paling mudah yakni dengan pedoman 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang).

Pembahasan terkait beberapa cara cek keaslian uang akan dikupas tuntas dalam artikel ini. Ada 4 cara cek uang palsu mudah tanpa alat khusus, cukup hanya bermodal indera manusia. Berikut beberapa cara cek uang palsu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/2).

 

 

 

 

Mgg/Zidan Fajri