Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa diartikan ke dalam tiga batasan, yaitu sistem lambang bunyi berartikulasi yang bersifat sewenang-wenang dan konvensional yang dipakai sebagai alat komunikasi untuk melahirkan suatu perasaan dan pikiran, perkataan yang dipakai oleh suatu bangsa, serta percakapan yang baik dan sopan santun.

Bahasa adalah suatu bentuk komunikasi baik secara lisan maupun tertulis yang didasarkan pada sebuah sistem simbol-simbol. Bahasa terdiri dari kata-kata yang digunakan oleh suatu komunitas dan aturan untuk memvariasikan dan menggabungkannya.

Manusia memerlukan bahasa agar bisa berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa juga dipahami sebagai sarana komunikasi utama yang digunakan oleh manusia sebagai alat untuk menyampaikan isi pikiran serta alat untuk berinteraksi.

Oleh karena itu, bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan bahasa tidak hanya dipergunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari tetapi juga dipergunakan untuk menjalankan segala aktivitas hidup manusia di lingkungan formal maupun nonformal.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai bahasa, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (10/9).