Brilio.net - Gaya bahasa atau majas adalah ungkapan penyampaian pesan yang menggunakan kata-kata kiasan. Jadi, majas mempunyai makna yang tidak sebenarnya atau berupa bahasa imajinatif.

Selain membuat ungkapan menjadi indah, majas juga bertujuan membuat pembaca atau penikmat karya sastra bisa merasakan emosi yang terdapat dalam setiap karya, terutama yang berupa tulisan.

Dengan menggunakan majas, penyampaian kalimat menjadi lebih menarik dan tidak membuat bosan orang yang membaca. Majas juga bisa mengekspresikan apa yang dimaksud penulis.

Biasanya majas digunakan untuk penulisan artikel, novel, cerpen, puisi, dan karya sastra lainnya. Gaya bahasa atau majas memiliki beragam jenis dengan tujuan dan fungsi berbeda-beda.

Macam-macam majas dibagi dalam beberapa kelompok, mulai majas perbandingan, pertentangan hingga majas yang digunakan untuk tujuan sindiran.

Untuk memahami lebih dalam tentang majas, berikut rangkuman brilio.net dari berbabagi sumber, Jumat (01/04) mengenai pengertian dari para ahli, fungsi, berserta contoh.