Brilio.net - Observasi merupakan kegiatan melakukan pengamatan terhadap suatu objek atau sesuatu hal dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan berdasarkan dengan landasan teori yang telah ada.

Observasi erat kaitannya dengan seseorang yang ingin mendapatkan informasi dari hasil pengamatan, sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai bahan laporan observasi dan juga referensi dalam menentukan suatu kebijakan atau keputusan terhadap suatu keadaan yang lebih baik untuk kedepannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), observasi adalah peninjauan secara cermat. Dalam artian lain, observasi merupakan proses pengamatan dan pencatatan. Pengamatan atau observasi dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga apabila seorang observer atau si pengamat, telah selesai melakukan observasi maka akan diperoleh hasil atau informasi yang dibutuhkan.

Observasi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh solusi atau jawaban. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net ulas lebih dalam dari berbagai sumber mengenai tujuan, manfaat, dan jenis dari observasi pada Senin (23/5).

Pengertian Observasi.

Observasi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Mustaqim, 2001.

Observasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur tingkah laku individu, atau proses terjadinya suatu kegiatan yang diamati baik dalam situasi sebenarnya maupun suatu situasi buatan.

2. Margono, 2004.

Observasi adalah diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Fakta-fakta tersebut berdasarkan apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan.

3. Nurkancana, 1986.

Observasi adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan sistematis. Data yang diperoleh dalam observasi itu dicatat dalam suatu catatan observasi.

4. Suharsimi Arikunto.

Observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap suatu objek yang terdapat di lingkungan baik yang sedang berlangsung saat itu atau masih berjalan, yang meliputi berbagai aktivitas perhatian terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan penginderaan.

(brl/lea)