Brilio.net - Setelah melakukan pengamatan atau observasi biasanya dilakukan penyusunan laporan teks observasi. Secara umum, teks observasi merupakan teks yang memberikan informasi tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Sehingga teks observasi bersifat formal tanpa adanya opini dari penulis.

Tentu observasi dilakukan oleh si pengamat dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada. Informasi tersebut meliputi, keadaan lingkungan, keadaan alam, tumbuhan, hewan, kesenian, kebudayaan dan sebuah peristiwa.

Teks observasi berfungsi memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi. Hal ini dilakukan setelah investigasi atau penelitian secara sistematis. Teks observasi bersifat komunikatif, informatif dan objektif. Dengan begitu pembaca dapat mudah memahami informasi yang disampaikan.

Setiap informasi yang didapat juga harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, tidak dibuat-buat dari penulis. Selain itu, setiap informasi yang disampaikan harus dapat dibuktikan kebenarannya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum 11 contoh teks observasi, beserta ciri-ciri dan strukturnya. Dihimpun dari beragam sumber pada Senin (27/12).

Ciri-ciri teks observasi.

Terdapat beberapa ciri-ciri teks observasi yang berbeda dengan teks lainnya. Hal ini mengingat teks observasi sendiri merupakan jenis teks yang berisi informasi tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Adapun ciri-ciri teks observasi sebagai berikut.

a. Bersifat objektif, global, dan universal.

b. Objek yang akan dibicarakan atau dibahas adalah objek tunggal.

c. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang telah dilakukan.

d. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.

e. Tidak mengandung dugaan yang menyimpang atau tidak tepat.

f. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

g. Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isinya berbobot maupun susunannya logis.

Struktur teks observasi.

Dalam penyusunan teks observasi perlu memerhatikan struktur teksnya. Dalam teks hasil laporan hasil observasi tersebut terdapat tiga struktur, yakni pernyataan umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasannya dibawah ini.

a. Pernyataan umum.

Pernyataan umum terdapat pada awal paragraf sebagai pembukaan. Pada bagian ini berisi informasi secara umum hal yang akan disampaikan. Bagian ini berisi hal umum tentang objek yang akan dikaji, menjelaskan secara garis besar tentang objek tersebut.

b. Deskripsi bagian.

Pada bagian selanjutnya, terdapat deskripsi bagian. Paragraf ini terdapat isi, perincian, pembahasan, dan penjelasan secara lebih detail. Pemaparan informasi ini harus sesuai fakta hasil dari pengamatan observasi.

c. Deskripsi manfaat.

Bagian deskripsi manfaat berisi fungsi atau manfaat setiap objek yang diamati dalam kehidupan. Selain itu, pada bagian ini juga bisa ditulis rangkuman umum dari hal yang dilaporkan.

Contoh teks observasi.

1. Contoh teks observasi tentang bunga melati.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pernyataan umum:

Bunga melati adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di sebagian Asia Tenggara dan Australia. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga bangsa bagi Indonesia atau tepatnya Puspa Bangsa. Hal ini berarti, bunga ini diakui sebagai satu di antara bunga ciri khas negara Indonesia.

Deskripsi bagian:

Pohon ini tingginya sedang, sekitar setengah tinggi rata-rata orang dewasa atau setelah diukur tinggi tepatnya sekitar 83 cm. Batangnya bulat berkayu dengan tinggi 4-60 cm. Batang tumbuhannya bercabang dan berwarna cokelat di bagian pangkal kemudian cokelat muda di bagian ujungnya.

Letak daunnya saling berhadapan dalam sebuah tangkai atau batang. Helai daunnya berbentuk bulat telur dan menjorong ke bagian tepi. Namun, ujungnya runcing, sementara itu pangkalnya membulat, tepiannya rata, dan tulang daunnya menyirip. Warnanya hijau tua untuk daun yang besar. Hijau muda untuk yang muda/kecil. Beberapa daun permukaannya berkerut atau tidak mulus.

Bunganya tumbuh di antara daunnya. Jumlahnya terbatas, hanya ada satu hingga tiga bunga untuk setiap kumpulan daun. Setiap bunga memiliki antara empat hingga sembilan kelopak, empat ovula, dan dua lokulus. Sementara itu benang sarinya sangat pendek jika dibandingkan dengan bunga lainnya. Ukuran bunganya rata-rata berdiameter 2,5 cm. Warnanya putih cerah dengan aksen putih lilin atau sedikit kekuningan. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut, seperti terompet, namun pendek.

Jika dicium dengan saksama, bunga ini menghasilkan wewangian. Aromanya segar dan berbau manis. Konon bunga melati lebih banyak melepaskan aromanya di malam hari, namun pada masa observasi berlangsung di siang hari, bunga ini tetap beraroma kuat jika diendus dari dekat.

Deskripsi manfaat:

Bunga melati adalah satu di antara kekayaan tumbuhan negara yang telah ditetapkan sebagai bunga bangsa. Aromanya yang memikat membuat bunga ini sering dijadikan teh bunga melati yang biasa dicampurkan dengan daun teh muda. Mari kita turut melestarikannya dengan cara ikut menanamnya atau sesederhana mencicip tehnya yang terkenal harum dan menyegarkan.

2. Contoh teks observasi tentang pohon pisang.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Definisi umum:

Pohon pisang (musa paradisiaca) merupakan tumbuhan berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat pelepah daun. Tinggi pohom ini sanggup mencapai tiga meter.

Deskripsi bagian:

Tanaman ini sanggup tumbuh di tanah yang cukup baik pada kawasan yang ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Pisang merupakan sebutan dari nama buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan semua bagiannya sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna. Tumbuhan ini asli berasal dari Asia Tenggara.

Adapun bagian-bagian dari tumbuhan ini, yaitu bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.

Deskripsi manfaat:

Buah pisang kaya manfaat. Di samping sebagai sumber vitamin, mineral, karbohidrat bagi tubuh, pisang juga mempunyai manfaat lain, yaitu hampir di seluruh tumbuhan pisang sanggup dimanfaatkan.

Buahnya bisa dimakan langsung, tetapi juga sanggup dijadikan materi olahan menyerupai keripik, sale pisang, dan tepung pisang. Daun yang masih menggulung sanggup dijadikan obat, dan daunnya yang sudah renta sanggup untuk membungkus makanan.

Batang ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu sanggup dijadikan obat diare, obat sentri, dan kanal kencing. Bunga yang berwarna ungu sanggup dijadikan sebagai olahan sayuran.

3. Contoh teks observasi tentang tumbuhan mangga.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Definisi umum:

Buah mangga terkenal dengan rasanya yang manis dan memiliki banyak serat. Tumbuhan yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat ini banyak ditemukan saat musim mangga berlangsung.

Mangga merupakan tumbuhan yang masuk pada marga mangifera. Tumbuhan ini memiliki 35-40 anggota dari suku anacardiacecae.

Deskripsi bagian:

Pohon mangga memiliki ketinggian 15-30 meter, bercabang kuat, serta kulit batang yang kasar dan tebal dengan banyak celah-celah kecil.

Daun mangga termasuk daun tunggal dengan panjang bervariasi antara 1,25-12,5 cm. Bunga mangga termasuk bunga majemuk dan memiliki panjang hingga 40 cm.

Kandungan nutrisi dalam buah mangga terdiri dari serat, karbohidrat, protein, vitamin A, C, dan E, folat, kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Deskripsi manfaat:

Manfaat tumbuhan mangga selain buahnya dapat dimakan dan diolah menjadi berbagai produk camilan dan minuman, bagian buah lain seperti biji, batang, dan daun juga memiliki kegunaan.

Biji mangga bermanfaat untuk pakan ternak, batangnya yang keras dan kuat bisa digunakan untuk kayu bakar, serta daun bisa menjadi obat pada gejala hiperglisemia.

4. Contoh teks observasi tentang lidah buaya.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Definisi umum:

Lidah buaya atau yang biasa disebut aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan lidah buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

Deskripsi bagian:

Lidah buaya ciri-cirinya, biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau biasa di tanam di dalam pot atau di pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Daunnya agak runcing berupa taji, tebal, dan pinggirnya bergerigi/berduri kecil. Kemudian permukaan pada daun berbintik-bintik, panjangnya mencapai 15-36 cm, dan lebar 2-6 cm, bunganya bertangkai yang panjangnya mencapai 60-90 cm serta berwarna kuning kemerahan (jingga).

Deskripsi manfaat:

Lidah buaya mempunyai banyak manfaat untuk manusia, di antaranya digunakan untuk perawatan rambut, perawatan kulit, mengobati luka bakar ringan, dan masih banyak lagi. Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu.

Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera, menghasilkan dua bahan, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat-obatan.

Manfaat lidah buaya yang paling terkenal adalah sebagai pengobatan berbagai masalah kulit, seperti luka bakar, terbakar matahari, frostbite, iritasi dan gatal pada kulit, serta psoriasis. Beberapa orang juga menggunakannya untuk mempercepat penyembuhan luka.

5. Contoh teks observasi tentang sapi.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Definisi umum:

Sapi adalah satu di antara hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan satu di antara hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu, sapi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

Deskripsi bagian:

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari, tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam serta terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya, yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit.

Sapi potong/pedaging meliputi sapi bali, sapi madura, sapi sumba ongole, dan masih banyak yang lainnya.

Deskripsi manfaat:

Sapi memiliki banyak manfaat, mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

6. Contoh teks observasi tentang sampah.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pernyataan umum:

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia.

Deskripsi bagian:

Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia .

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah.

Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah.

Deskripsi manfaat:

Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan sampah dapat sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

7. Contoh teks observasi tentang pohon kelapa.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pernyataan umum:

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, dengan tinggi bisa mencapai tiga meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia. Banyaknya manfaat menjadikan tunas kelapa dijadikan sebagai lambang dari Pramuka di Indonesia.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudra Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Deskripsi bagian:

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Deskripsi manfaat:

Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat, dan masih banyak lagi.

8. Contoh teks observasi tentang komodo.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pernyataan umum:

Komodo merupakan hewan sejenis reptil besar yang berkaki empat dan wujudnya menyerupai kadal-kadal-an. Bedanya, ukuran hewan ini sangatlah besar. Komodo merupakan hewan langka yang sudah masuk kategori dilindungi. Komodo sudah dicanangkan menjadi satwa nasional bagi negeri ini.

Deskripsi bagian:

Jika dilihat dari jauh dan dilihat sekilas, komodo tampak seperti biawak biasa. Tetapi, ketika perhatikan dengan saksama, binatang ini ukurannya jauh lebih besar dari biawak. Panjang tubuhnya bisa mencapai tinggi rata-rata orang indonesia, atau sekitar 165 cm. Panjang ekornya setara panjang badannya sehingga membuat panjang total hewan ini menjadi sekitar tiga meter lebih. Komodo memiliki badan yang panjang, lebih besar dari kepalanya.

Kepalanya agak memanjang, mirip dengan reptil pada umumnya. Matanya kecil dan berwarna. Mulutnya agak memanjang. Giginya banyak, menyelimuti rahang di sekujur rahangnya. Gigi Komodo cukup panjang dan sangat tajam. Lidahnya yang berwarna kuning sering menjulur keluar dan bercabang pada tepiannya.

Kulitnya bersisik dan tampak keras, namun memiliki pola yang Indah. Warna kulitnya cokelat kehitam-hitaman dengan sedikit bias kuning keemasan. Pada bagian leher terdapat lipatan-lipatan kulitnya yang bersisik. Lipatan tersebut ditemukan pula di bagian ketiak depan dan lipatan paha bagian belakang. Bagian punggung ekornya bersisik menyerupai gergaji dengan arah miring ke belakang.

Cakar komodo sangatlah tajam dan menukik. Bentuknya mirip cakar burung elang. Warnanya hitam legam dan biasa digunakan untuk bertarung melawan mangsanya.

Deskripsi manfaat:

Binatang ini boleh dibilang hewan yang menyeramkan, namun memiliki sisik yang indah dan bertubuh kekar dan gagah. Komodo merupakan satu di antara satwa nasional yang harus dipertahankan sebagai salah satu bukti nyata kekayaan negeri ini.

9. Contoh teks observasi tentang bunga mawar.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pernyataan umum:

Mawar adalah satu di antara tanaman hias yang populer, yang merupakan tanaman semak dari jenis genus Rosa. Tanaman mawar memiliki tinggi 2-5 meter dan ada lebih dari 100 spesies. Batang mawar berduri tajam, licin, dan halus, serta bentuk daun yang menyirip dengan panjang sekitar 5-15 cm.

Ada berbagai macam warna bunga mawar, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, bahkan hitam. Di bagian mahkota bunga, terdapat empat sampai lima helai daun mahkota. Mawar hidup di daerah yang sejuk.

Deskripsi bagian:

Budidaya bunga mawar bisa dilakukan dengan menanam biji, okulasi, dan stek batang. Di masa pertumbuhannya, perawatan merupakan faktor paling penting agar bunga mawar tumbuh kukuh dan tentunya indah.

Beragam cara bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar, diantaranya dengan membasmi rumput liar dan gula di sekitar tanaman, menyiram tanaman dengan rutin, dan memberi pupuk secara rutin 3-4 bulan sekali dengan dosis yang sesuai.

Perlu kamu tahu, pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk menyiram tanaman karena suhu udara tidak terlalu panas. Lakukan juga pemangkasan terhadap tangkai yang sudah layu dan dahan yang kering dengan tujuan agar batas menjadi kukuh dan tumbuh tunas yang baru.

Di Indonesia, kita dapat menemukan jenis bunga mawar seperti modern garden roses, buck roses, old garden roses, climbing roses, shrub rose, english rose, dan wild rose (mawar liar).

Deskripsi manfaat:

Dikarenakan warna dan bentuknya yang sangat indah, bunga mawar biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Tetapi, di balik keindahannya, bunga mawar mempunyai banyak manfaat, di antaranya sebagai anti bakteri, anti viral, anti depresan, anti peradangan, dan sumber vitamin C.

Selain itu banyak produk kecantikan seperti parfum, sabun, pelembab, dan sebagainya yang menggunakan bunga mawar sebagai bahan pembuatannya. Mawar juga bisa dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

10. Contoh teks observasi tentang jengkol.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pernyataan umum:

Jengkol merupakan salah satu tumbuhan yang digemari oleh manusia. Tetapi ada juga sebagian orang tidak menyukai jengkol karena baunya. Jengkol termasuk salah satu makanan yang diolah dengan cara dimasak.

Deskripsi bagian:

Jengkol atau jering (archidendron pauciflorum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia, Thailand dan Indonesia sebagai bahan pangan. Di Indonesia jengkol biasa dimasak sambal, rendang, semur dan lain sebagainya.

Deskripsi manfaat:

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretic sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konversi air di suatu tempat.

11. Contoh teks observasi tentang kelinci.

Contoh teks observasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Pernyataan umum:

Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di berbagai belahan bumi. Dahulu kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Sampai sekarang, secara umum kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Deskripsi bagian:

Dilihat dari jenis bulu, kelinci dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu, berbulu panjang dan berbulu pendek. Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis lagi, di antaranya Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan hasil dari observasi kami kelinci jenis Lyon adalah hasil persilangan luar antara Angora dan jenis kelinci yang lainnya.

Kelinci selalu diidentikan dengan wortel sebagai pakannya, tetapi observasi kami membuktikan bahwa kelinci dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, rumput awetan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet juga lahap dimakan kelinci.

Deskripsi manfaat:

Penelitian membuktikan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit asma.

(brl/far)

(brl/far)