Brilio.net - Istilah deskripsi berasal dari bahasa Latin "describere" yang artinya menggambarkan atau memberikan suatu hal. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata deskripsi merupakan pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Singkatnya deskripsi diartikan sebagai uraian.

Dari beberapa pernyataan di atas dapat didefinisikan bahwa teks deskripsi merupakan teks yang menggambarkan atau menjelaskan suatu objek secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan apa yang ditulis atau dideskripsikan penulis. Teks ini biasanya muncul dalam materi mata pelajaran bahasa Indonesia.

Penggambaran objek teks deskripsi sebisa mungkin ditulis secara konkret. Objek yang dipilih pun bersifat khusus dan dideskripsikan secara personal. Sebab, teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan objek dari sudut pandang penulis.

Terdapat tiga struktur teks deskripsi, di antaranya pernyataan umum, deskripsi bagian, dan penutup. Nah, agar lebih mudah mempelajarinya, berikut brilio.net rangkum 13 contoh teks deskripsi dengan berbagai tema, dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (22/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Contoh teks deskripsi tentang alam.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Keindahan alam Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara mana pun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia, mulai daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Bumi Pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan, ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui, seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis. Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur.

Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai makin berwarna. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia.

Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat. Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia, sebab 1/3 hutan di dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu, hewan dan tumbuhan endemik banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

2. Contoh teks deskripsi tentang keindahan pantai. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya embusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

3. Contoh teks deskripsi tentang gunung.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Gunung Bromo

Sebuah gunung dengan pemandangan yang sangat indah terletak di daerah Probolinggo. Ya, gunung ini dinamakan Gunung Bromo. Di sekeliling gunung terdapat asap tebal membubung tinggi yang menyelimuti ujung gunung tersebut.

Burung-burung beterbangan di sekitaran gunung. Hamparan pohon hijau di lereng gunung, dan tampak dari kejahuan sungai yang mengalir dengan deras. Suara-suara gemericik air menetes dari daun, cuaca di sekitaran gunung sangat dingin sekali.

Melihat semua orang sedang beraktivitas dengan pekerjaananya masing-masing. Tampak ada yang sedang bercocok tanam, menanam sayur, buah-buahan dan lain lain sebagainya. Terlihat di sebelah timur matahari terbit, sungguh indahnya melihat matahari terbit. Hamparan savana rumput yang sangat hijau, banyak juga orang yang sedang berkuda.

Tak hanya itu, banyak juga orang yang sedang bermain offroad dengan sepada motor trailnya. Angin yang berembus kencang menerbangkan pasir-pasir di sekitar gunung. Terdapat ratusan anak tangga menuju puncak gunung. Setalah berwisata di gunung kita pun berkemas-kemas untuk meninggalkan gunung bromo yang sangat indah.

4. Contoh teks deskripsi tentang bulan. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bulan di Malam Hari.

Bulan adalah salah satu benda langit yang bisa kita lihat pada malam hari. Bulan memiliki warna kekuningan yang terkadang bentuknya berubah-ubah sesuai peredarannya. Menurut penelitian, satelit yang menemani bumi ini semakin tahun akan semakin jauh jaraknya dari bumi itulah kenapa bulan terlihat semakin kecil di setiap tahunnya.

Walau terlihat kecil nyatanya ukuran bulan kebih besar dari planet Pluto dengan lebar 3500 km atau setara dengan 3 kali lipatnya Pulau Jawa. Perputaran bulan sendiri memiliki radius lebih dari enam kali panjang Pulau Jawa.

Di setiap harinya terkadang Bulan terlihat memiliki bentuk yang berbeda. Terkadang bulat penuh, setengah lingkaran bahkan bulan sabit. Keberadaannya tampak begitu indah dengan pancaran cahaya terang di malam hari.

Menurut ahli astronomi, Bulan memiliki permukaan yang tidak rata, cahaya yang pancarkan oleh Bulan sebenarnya adalah cahaya matahari yang dipantulkan. Meski begitu Bulan tetap menjadi penghias langit malam yang indah.

5. Contoh teks deskripsi tentang hewan. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Badak Bercula Satu

Badak bercula satu adalah satu di antara hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini adalah culanya yang tunggal. Binatang berkaki empat ini merupakan hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah.

Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Tepat di atas moncongnya adalah cula atau tanduk yang meliuk tajam. Sementara itu kuping lebarnya berada di bagian belakang kepala dan hampir berada di bagian leher atau punuknya.

Badannya besar dan berotot. Bahkan, diketahui bahwa badak bercula satu adalah hewan terbesar di Pulau Jawa. Bayangkan saja, beratnya bisa mencapai 1,5 ton.

Sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya hampir tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam. Warna kulitnya cokelat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gunung yang kukuh.

Badak yang besar ini disokong oleh keempat kakinya yang juga kukuh. Masing-masing kakinya berkuku tiga. Kukunya tebal dilapisi oleh kulit yang tebal pula untuk menyokong badannya yang tinggi besar.

Alangkah luar biasanya binatang langka primadona Indonesia ini. Sudah sepatunya kita semua turut melestarikan hewan ini dengan cara setidaknya benar-benar mengenalnya. Tak kenal maka tak sayang, bukan?

6. Contoh teks deskripsi tentang tarian Indonesia. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 24 November 2011. Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari ini mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur bahasa Arab saat menari. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari ini disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

Penggunaan nyanyian, gerakan, hingga kostum penari pada Tari Saman sangat penting karena mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan dari para pemakainya.

7. Contoh teks deskripsi tentang wisata alam kebun teh.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kebun Teh Kemuning

Perkebunan teh Kemuning berada di lereng Gunung Lawu, Karanganyar. Perkebunan ini berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dan masih beroperasi hingga sekarang. Kebun teh ini mempunyai pesona seperti seperti perkebunan teh yang ada di Puncak Bogor.

Perkebunan ini memiliki luas 438 Ha dengan ketinggian antara 900-1500 meter dari permukaan laut sehingga suhunya pun menjadi cukup dingin.

Pemandangan yang disajikan di Kebun Teh Kemuning ini seakan menyejukkan mata siapa pun yang memandang. Jika sedang berwisata ke Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso kita bisa melihat proses pembuatan teh secara langsung serta memetik daunnya sendiri.

8. Contoh teks deskripsi tentang selebritas Indonesia.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: Instagram/@gilangdirga

Gilang Dirga

Gilang Dirga adalah artis yang sangat diidolakan oleh Mira. Sebab kepandaiannya menirukan suara orang ternama. Bahkan dia bisa menirukan suara Presiden RI. Dia telah membuat Mira jatuh cinta saat melihatnya di salah satu stasiun TV.

Gilang Dirga lahir pada tanggal 17 Agustus 1989 itu berarti usianya saat sudah berkisar 30 tahunan. Dia adalah seorang pembawa acara, pelawak juga aktor. Bakatnya pun sudah diakui banyak orang.

Saat ini ia juga sudah memiliki istri cantik yang baru-baru ini dikabarkan tengah hamil muda. Istrinya bernama Adiezty.

Kariernya di Indonesia sudah cukup menjanjikan hal ini dibuktikan dengan sering munculnya Gilang Dirga di beberapa Stasiun Tv entah itu sebagai pembawa acara ataupun bintang tamu. Artis yang gemar moge ini juga menuturkan bahwa ia punya siasat tersendiri dalam merawat mogenya.

9. Contoh teks deskripsi tentang hutan.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Hutan Indonesia

Di Indonesia adanya hutan sudah semakin sedikit dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan secara liar. Hutan sendiri adalah kawasan yang cukup luas yang wilayah itu ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang dan tumbuhan lainnya.

Hutan disebut sebagai paru-paru dunia hal ini disebabkan fungsi hutang sendiri adalah sebagai penampung karbon dioksida dan tumbuhan adalah penghasil oksigen. Hutan juga biasanya terdapat hewan-hewan liar yang bertahan hidup, pelestarian tanah, modulator arus hidrologika. Hutan juga menjadi salah satu aspek yang menjadi biosfer Bumi yang sangat penting.

Hutan dapat kita temukan di daerah-daerah tropis maupun sub tropis, selain itu hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Hutan akan selalu ada baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, di pulau yang kecil maupun benua yang luas dan besar.

Kumpulan tumbuhan liar serta berbagai macam tanaman selalu memenuhi kawasan hutan, apalagi tumbuhan berkayu yang berukuran besar dapat kita temukan di daerah yang merupakan paru-paru dunia ini.

10. Contoh teks deskripsi tentang semesta. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Menjaga Bumi

Bumi merupakan bagian alam semesta yang disebut dengan planet. Planet ini memiliki ciri-ciri berwarna hijau dan biru. Planet bumi inilah yang menjadi tempat tinggal bagi manusia karena hanya planet ini yang memiliki oksigen untuk manusia bernapas.

Perputaran Bumi pada porosnya menyebabkan adanya siang dan malam yang terjadi di Bumi. Sedangkan perputaran Bumi mengelilingi matahari menyebabkan adanya tahun masehi. Bumi memiliki satu satelit yang disebut Bulan, satelit bumi ini ukurannya lebih kecil dan para ahli menyatakan bahwa setiap tahunnya satelit Bumi ini semakin menjauh.

Bumi memiliki hamparan laut yang luas dan lebih banyak dari pada hamparan tanahnya. Saat ini Bumi semakin rapuh karena eksploitasi manusia terhadap sumber daya alam. Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan membuat kualitas akomodasi menurun.

Bumi yang semakin rapuh menyebabkan bencana alam terjadi di mana-mana, mulai dari banjir, longsor, tsunami. Bahkan terkikisnya lapisan ozon pun disebabkan oleh kegiatan manusia.

Oleh karena itu, hendaknya sebagai manusia memiliki kesadaran untuk menjaga Bumi kita dengan cara menggunakan sumber daya alam yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

11. Contoh teks deskripsi tentang rumah adat.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: Instagram/@postcardbooth

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata "tongkon" yang bermakna "menduduki" atau "tempat duduk". Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi. Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja.

Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

12. Contoh teks deskripsi tentang orang tua.

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Ayahku Tercinta

Ayahku bernama Hadi Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Ia yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Ia adalah sosok yang paling dicintai anak-anaknya.

13. Contoh teks deskripsi tentang keluarga. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Keluargaku Sederhana tapi Bahagia

Namaku Nita aku adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Saudaraku pertamaku bernama Tony dan yang bungsu bernama Rega. Aku dan Tony memiliki usia yang hanya berjarak dua tahun tapi dia tumbuh lebih cepat di masa sekarang aku hanyalah sebatas pundaknya saja. Sedangkan saudaraku yang bernama Rega masih duduk di bangku kelas 5 SD meskipun begitu dia sudah sama tinggi denganku.

Aku mempunyai ayah dan ibu yang sangat baik. Ayah ku bernama Tubagus Luthfi dan ibuku bernama Anjani Dwi Luthfi. Ya kalian benar, nama terakhir ibuku sengaja diambil dari nama keluarga ayahku. Kami para anaknya pun memiliki nama belakang yang sama yakni Luthfi.

Setiap hari libur kami selalu bepergian, tapi sekalipun ayah akan selalu membawa kami berlibur sambil belajar seperti pepatah yang menyebutkan yaitu "sambil menyelam minum air". Di keluarga kami ada larangan nonton TV di pagi hari, kata orang tua kami waktu pagi adalah waktu yang baik untuk belajar daripada nonton TV.

Kami pun tidak diperbolehkan tidur di atas jam 09.00 dan harus bangun jam 05.00 pagi. Tapi sungguh hal ini memang bagus dampaknya. Seperti itulah keluargaku yang terkesan sederhana tapi kami sangat bahagia.

14. Contoh teks deskripsi tentang budaya. 

Contoh teks deskripsi berbagai tema © berbagai sumber

foto: freepik.com

Wayang Suket

Wayang suket adalah jenis perkembangan terbaru dunia pewayangan. Tidak seperti kreasi wayang yang lain yang dibuat dari bambu, wayang suket terbuat dari rumput seperti namanya yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Biasanya wayang jenis ini dibuat untuk menyampaikan cerita pewayangan kepada anak-anak suku Jawa.

Wayang suket sendiri pertama kali dibuat oleh Mbah Gepuk pada tahun 1905. Sejak itu, pembuatannya diwariskan secara turun-temurun. Rupanya tak semua rumput bisa dijadikan bahan, melainkan hanya rumput jenis kasuran. Rumput kasuran dipilih karena memiliki tekstur yang kuat, tidak mudah patah, dan mudah dianyam.

Rumput kasuran merupakan rumput liar yang tumbuh di sekitaran hutan dekat Kecamatan Rembang, Purbalingga. Konon, rumput ini hanya bisa dipetik saat bulan Sura.

Banyaknya jenis wayang yang ada di Indonesia merupakan wujud dari kelestarian kebudayaan. Cerita menggunakan wayang pun bisa menjadi alternatif untuk mendidik generasi-generasi bangsa Indonesia.

Meski saat ini wayang bukan pilihan utama untuk media pembelajaran masih banyak masyarakat yang menikmati wayang sebagai hiburan.

(brl/red)

(brl/red)