Brilio.net - Ceramah adalah bentuk komunikasi lisan yang bertujuan memberikan nasihat, pendidikan, atau inspirasi kepada hadirin yang mendengarkan. Ceramah sering disampaikan di masjid, sekolah, pengajian, seminar, dan acara keagamaan lainnya. Tujuan utamanya adalah memberikan panduan sesuai dengan ajaran Islam dan memberikan inspirasi untuk meningkatkan kualitas hidup serta keimanan jemaah.

Cara menulis ceramah memerlukan perhatian pada bagian isi, tata bahasa yang jelas, dan menyampaikan pesan dengan penuh kelembutan. Pertama, penulis sebaiknya memilih tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari umat Islam. Misalnya, tema tentang kehidupan keluarga, pentingnya berbuat baik kepada sesama, atau mengatasi cobaan dalam hidup. Setelah itu, penulis dapat memulai dengan membaca ayat-ayat Al-Qur'an atau hadis sebagai pengantar yang memberikan landasan agama pada ceramah.

contoh teks ceramah untuk muslim freepik.com

foto: freepik.com

Saat menulis teks ceramah, kamu bisa memulainya dengan salam pembuka, mengucapkan puji syukur kepada Allah, dan memohon ridha-Nya. Selanjutnya, penulis dapat membangun alur cerita atau argumen dengan memberikan contoh-contoh praktis dari kehidupan sehari-hari yang relevan dengan tema yang diangkat. Penting juga untuk mengaitkan pesan ceramah dengan nilai-nilai Islami serta mengutip dalil dari Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad SAW. Selain itu, penceramah juga perlu memberikan solusi atau tindakan yang dapat diambil oleh jemaah untuk meningkatkan kualitas hidup mereka sesuai dengan ajaran Islam.

Nah, untuk mendapatkan banyak referensi contoh teks ceramah untuk muslim, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/1).

1. Contoh teks ceramah untuk anak muda.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi Generasi Muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT, karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian, yang terutama masih duduk di bangku sekolah menengah.

Apakah teman-teman pernah merasa minder karena berada di lingkungan yang penuh orang berpengaruh? Mungkin teman-teman memiliki idola yang sukses dan berhasil melakukan banyak pencapaian. Sebenarnya, hal tersebut juga bisa teman-teman dapatkan. Ada banyak cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu senggang.

Coba jujur pada diri sendiri, ada berapa banyak waktu yang digunakan untuk berselancar di media sosial dibandingkan untuk belajar? jika waktu tersebut dimanfaatkan secara baik, kesuksesan akan semakin dekat dengan kita. Sesekali teman-teman bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari ide dan melihat peluang pasar. Carilah mentor yang sesuai dengan bidang teman-teman dan jangan berhenti belajar sekalipun gagal ketika mencoba.

Setiap dari kita memiliki potensi untuk sukses dan berkontribusi pada negeri melalui cara apa pun. Maksimalkan potensi tersebut dengan memilih lingkungan yang tepat. Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

2. Contoh teks ceramah tentang menuntut ilmu.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT, yang mana berkat rahmat, taufik, hidayah serta inayahnya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Kedua kalinya sholawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari zaman jahiliah menuju zaman zakiyyah. Yaitu agama Islam dan Iman. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai Menuntut ilmu.

Pada dasarnya menuntut ilmu itu sangat penting karena sesungguhnya ilmu adalah kehidupan dan cahaya. Keutamaan ilmu yang paling nyata adalah bahwa ilmu merupakan sarana untuk bertakwa kepada allah. Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang disukai, sepenting-penting sesuatu yang di cari dan sesuatu yang paling bermanfaat, daripada lainnya.

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang utama, mulia dan penting. Untuk itu semua harus menyadari tentang hal ini, setiap pendidik pada lembaga pendidikan manapun harus mampu menyadari akan keutamaan dan pentingnya ilmu, menyalurkannya kepada peserta didik, sehingga manfaat dan fungsi ilmu pengetahuan dirasakan secara menyeluruh, bukan sekedar formalitas belaka.

Sekian penjelasan terkait pentingnya menuntut ilmu. Wassalamu’alaikum Wassalamualaikum wr.wb

3. Contoh teks ceramah tentang pergaulan bebas.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi Generasi Muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT, karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian

Apakah teman-teman pernah mempunyai pacar? Atau ada yang mempunyai geng dan suka nongkrong? Dunia remaja yang identik dengan kebebasan perlu mendapatkan pengawasan ekstra. Perubahan hormon dan lingkungan sosial bisa sangat berpengaruh pada kebiasaan remaja tersebut. Di masa ini, perhatian orang tua berperan penting agar remaja tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

Cara mengontrol remaja pun perlu disesuaikan dengan karakternya, seperti dengan memberikan edukasi langsung, menegur, hingga meminta bantuan psikolog. Kesalahan dalam menegur remaja hingga dianggap mengekang justru membuat remaja semakin tertutup hingga berpotensi melakukan pelanggaran.

Waspadai pergaulan bebas yang bisa merusak generasi muda sejak dini. Generasi yang baik akan memberikan kontribusi positif pada Indonesia. Mari kita bangun negeri ini dengan generasi berkualitas. Sekian ceramah dari saya.

Wassalamualaikum wr.wb

4. Contoh teks ceramah tentang pendidikan.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pendidikan.

Pada kesempatan ini, saya bermaksud menyampaikan tema terkait, terutama mengenai minat membaca buku. Minat baca buku anak-anak remaja hingga dewasa kini semakin menurun dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut bisa dilihat dengan penurunan tingkat literasi masyarakat. Tidak mengherankan, memang. Apalagi saat ini arus informasi melalui media elektronik lebih cepat dibandingkan media cetak. Penurunan minat baca tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada kualitas pendidikan kita.

Fenomena yang terjadi terkait minat seseorang, terutama siswa bukan tanpa sebab. Merupakan hal yang lumrah jika siswa sekolah menengah membawa ponsel sendiri. Kita juga tidak dapat mengontrol penuh aplikasi apa saja yang ada di dalamnya. Hampir sebagian besar waktu siswa dihabiskan untuk berselancar di media sosial dan berkomunikasi bersama teman-temannya. Sisanya, waktu dihabiskan untuk mengerjakan PR dan tugas sekolah lainnya. Siswa pun kesulitan menyisihkan waktu untuk membaca buku lain di luar buku pelajaran. Padahal, diperlukan pengetahuan tambahan di luar sekolah agar siswa mampu bersaing setelah lulus nanti.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa informasi lebih cepat beredar melalui media elektronik. Namun, alangkah baiknya jika kita lebih tegas pada diri sendiri dengan memantau hal-hal penting yang ada di ponsel. Memanfaatkan aplikasi baca buku atau langganan buku online bisa menjadi salah satu alternatif. Jangan sampai penurunan kualitas pendidikan karena minat baca rendah justru disebabkan kita sendiri yang tidak siap dengan kemajuan teknologi.

Akhir kata, mohon maaf jika ada salah dalam penyampaian. Semoga setelah ini kita bisa menjadi generasi yang lebih baik lagi. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

5. Contoh teks ceramah tentang ikhlas.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai ikhlas.

Rasulullah SAW mengingatkan, "Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari rida Allah semata."

Walaupun keringat dingin bertetesan, segenap tenaga habis, pikiran terkuras, kalau tidak ikhlas, sebesar apa pun amal kita semuanya pasti sia-sia di mata Allah Swt. Maka, sangat rugi orang yang sedekah habis-habisan hanya ingin disebut dermawan.

Mulai dari sekarang marilah kita membangun rasa ikhlas ketika beramal ibadah dan amal saleh dan juga ketika melakukan hal-hal lainnya. Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini dan mengimplementasikannya di dunia nyata.

Wassalamualaikum wr.wb

6. Contoh teks ceramah tentang berdoa.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan semesta alam, Allah Subhanallahuwataala. Senantiasa kita haturkan melalui lisan maupun perbuatan atas nikmat dan karunianya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua.

Sholawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad Salallahualaihiwasalam, semoga kita selalu mendapat syafaatnya pada hari kiamat nanti.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai berdoa.

Berdoa kepada Allah Swt adalah perbuatan mulia yang sangat penting untuk dikerjakan oleh orang Islam. Berdoa tidak sekadar menyampaikan keinginan dan harapan seorang hamba kepada-Nya. Akan tetapi, berdoa juga merupakan perbuatan ibadah yang berpahala.

Di dalam berdoa, hendaknya kita lakukan dengan merendahkan diri di hadapan-Nya dan dengan suara yang lembut.

Berdoa juga perlu dilakukan dengan hati yang takut kalau tidak diterima, sehingga disampaikan dengan sungguh-sungguh dan harapan yang besar akan dikabulkan oleh Allah Swt. Dan, agar doa kita dikabulkan, hendaknya kita berusaha memenuhi perintah-Nya dan berada dalam keimanan serta kebenaran.

Berdoa memang perlu dan penting untuk kita lakukan. Agar keinginan dan harapan kita dikabulkan oleh Allah Swt; agar segalanya terasa lebih mudah karena kita senantiasa dalam pertolongan-Nya.

Cukup sekian ceramah mengenai berdoa. Mohon maaf bila ada kalimat yang tak berkenan di hati Anda.

Wassalamualaikum wr.wb

7. Contoh teks ceramah tentang bersedekah.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah SWT dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rejeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullah Saw sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan melipat gandakan harta yang sudah kita sedekahkan.

Semoga dengan bersedekah akan memberi manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang dan membuka pintu rejeki seluas-luasnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

8. Contoh teks ceramah tentang jodoh.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur pada Allah SWT, karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan ceramah tentang jodoh.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita , karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat hidup dengan orang yang tepat dan berakhlak mulia.

Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

9. Contoh teks ceramah tentang larangan berpacaran dalam Islam.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Sebelumnya, mari kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas nikmat dan rahmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua. Sholawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus dan terbebas dari kebodohan dan kejahiliahan. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pacaran.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pacaran kini sudah menjadi hal yang biasa tengah - tengah kalangan masyarakat indonesia khususnya para remaja. Masyarakat tidak menyadari bahwa pacaran yang dilakukan oleh anak muda zaman sekarang sudah sangat jauh dari kebenaran akhlak seorang muslim yang sebenarnya.

Allah SWT telah beberapa kali mengingatkan kita untuk tidak berpacaran. Karena ketika seorang wanita dan pria sedang berpacaran, maka secara otomatis itu akan menyebabkan perzinahan. Mengapa demikian?

Dengan hanya memikirkan orang yang kita cintai saja kita sudah dapat dikatakan berzina, karena setelah kita memikirkan orang yang kita cintai tidak menutup kemungkinan jika suatu hal negatif pun akan terlintas dipikirannya. Selain zina pikiran ada juga zina mata, yaitu dimana kita sedang memandang orang yang kita cintai dengan penuh nafsu syetan.

Yang lebih parah adalah jika seseorang itu telah melakukan zina perbuatan, yaitu ketika kita sampai bersentuhan atau berbuat hal yang tidak semestinya. Maka Allah akan melaknat orang telah melakukan perbuatan yang demikian. Seperti yang telah dijelaskan oleh Allah SWT di dalam Alquran surah Al-Isra’ ayat 32 yang artinya:

"Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk." (Q.S. Al-Israa’/17:32)

Untuk itu kita sebagai umat manusia, marilah kita saling mengingatkan satu sama lain agar kita tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari ceramah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

10. Contoh teks ceramah tentang kematian.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Nabi besar Muhammad saw, kepada keluarganya, sahabatnya, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kematian.

Keyakinan orang beriman akan adanya kematian menyebabkan dirinya selalu berada dalam mode siap siaga. Kita memandang kematian sebagai suatu keniscayaan. Tidak seperti orang kafir yang selalu saja berusaha untuk menghindari kematian.

Marilah saudaraku, kita mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan segera bertaubat memohon ampunan dan rahmat Allah ta'aala sebelum terlambat.

Kematian itu milik semua makhluk Allah, manusia, hewan, tumbuhan termasuk bangsa malaikat dan setan semuanya akan merasakan apa yang namanya kematian.

Kematian pula yang membuat hubungan antara orang-orang yang dicintai dan yang mencintai terpisahkan. Karena kematian, seseorang harus meninggalkan harta benda yang begitu dicintai, begitu dibanggakan dan begitu diagungkan dan sejumlah harta benda yang diklaim adalah miliknya sendiri.

Marilah kita senantiasa berada di jalan Allah SWT. Agar kita kelak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Semoga ceramah singkat tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamualaikum wr.wb

11. Contoh teks ceramah tentang sabar.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kesabaran.

Sabar dalam Islam merupakan salah satu dari sifat mahmudah, sifat terpuji yang perlu dan mesti terwujud dalam diri setiap umat Nabi Muhammad SAW.

Sabar itu tidak hanya sekedar pasrah terhadap dari segala persoalan dan keadaan tanpa diiringi usaha. Allah SWT menganjurkan semua umat manusia agar menjadikan sabar dan shalat sebagai pembantu dan penolong dalam hidup dan kehidupan.

Sabar itu sikap menahan diri dari kesulitan, kesusahan dan menyikapinya sesuai dengan ketentuan syariah Islam dengan menjaga akal, menjaga lisan dari perkataan yang tercelah dan menahan anggota badan dari perbuatan yang akan mendatangkan perbuatan yang akan mendatangkan dosa dan lainnya.

Untuk itu jalan terbaik untuk menghadapi berbagai macam urusan adalah sabar, karena orang yang sabar akan memperoleh pahala yang besar dan jalan kemudahan dari Allah SWT.

Demikian yang bisa saya sampaikan, besar harapan agar hadirin sekalian melakukannya dengan benar. Wassalamualaikum wr.wb

12. Contoh teks ceramah tentang bersyukur.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang Allah muliakan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas majelis ilmu singkat mengenai Syukur. Syukur dalam penerapannya mempunyai banyak dimensi dan warna yang berbeda. Syukur dalam agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati.

Kalau kita mau melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan mendapati bahwa salah satu akar masalah dari kekacauan tadi adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia dan jauh dari mengingat kematian. Syukur yang benar pasti akan melahirkan perilaku yang baik dan tepat.

Allah berfirman tentang keharusan bersyukur dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini:

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar"

Dalam ayat satunya Allah berfirman yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya"

Dua ayat di atas secara jelas memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang Allah beri.

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda: " "Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan pula baginya." (HR. Muslim)

Dalam ayat yang lain surat An-Nisa’ dan Ibrahim Allah juga berfirman yang artinya:

"Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui"

Pada surat Ibrahim bunyinya seperti ini:

"Dan ingatlah ketika tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat"

Dari dua dalil Al-quran diatas, jelas bagi kita pelajaran yang dapat dipetik, yaitu untuk selalu bersyukur disetiap keadaan yang menimpa kita. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang mengingkari nikmat, sehingga mendapatkan azab dari Allah.

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat mengenai Syukur ini, semoga kita bisa mengamalkan syukur ini dalam setiap sendi kehidupan kita. Aamiin.
Wassalamualaikum wr.wb

13. Contoh teks ceramah tentang sholat.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Para jamaah dan hadirin yang disayangi oleh Allah SWT. Pada kesempatan hari ini, saya akan sedikit mengulas tentang shalat. Shalat merupakan bagian terpenting dalam Agama Islam. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa sholat adalah kekuatannya Agama Islam.

Bukan hanya itu, sholat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Dalam sholat sendiri terdapat makna yang lebih dari kewajiban seorang muslim. Bahkan sholat adalah bukti keimanan seseorang kepada Allah SWT. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam membedakan umat Islam yaitu dari sholat yang dikerjakannya.

Sebelum mengakhiri pertemuan kali ini, marilah kita sama-sama berdoa semoga dimasukkan kedalam golongan orang yang tidak melalaikan sholat. Cukup sekian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan.

Wassalamualaikum wr.wb

14. Contoh teks ceramah tentang menjaga kerukunan.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pentingnya menjaga kerukunan antar umat manusia.

Setiap manusia sebagai makhluk sosial, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Tidak mungkin ada seseorang yang mampu hidup sendirian di lingkungannya. Pastinya akan ada campur tangan orang lain di dalam kehidupannya.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu berbuat baik dan tolong menolong antar manusia. Hal ini bertujuan agar dapat terciptanya sifat rukun antar sesama manusia. Kerukunan tersebut dilakukan kepada saudara, teman, dan juga tetangga sekitar rumah. Dengan begitu akan tercipta kerukunan dan tidak mudah terpecah belah hanya karena salah paham.

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat tentang menjaga kerukunan ini. Semoga kita bisa mengamalkannya dalam setiap kehidupan kita. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

15. Contoh teks ceramah tentang menjaga kebersihan.

Contoh teks ceramah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

Sebagaimana yang tertulis dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya yaitu, "Kebersihan merupakan sebagian dari iman." Hadist tersebut menyatakan bahwa setiap orang yang menjaga kebersihan dalam hidupnya, maka ia termasuk pada orang yg beriman.

Bukan hanya itu, bahkan perintah Allah tentang kesucian atau bersuci pun sudah jelas. Misalnya saja ketika sehabis kita buang hajat, maka kita wajib membersihkannya. Ketika kita mau melaksanakan shalat, maka wajib bagi kita melakukan wudhu atau tayamum terlebih dahulu untuk membersihkan diri. Kita juga harus mandi janabah, setelah selesai junub.

Dengan bersuci maka otomatis kita dapat menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Allah menciptakan segala hal di bumi pasti ada sebab serta fungsinya, misalnya saja air. Air diciptakan untuk membersihkan diri kita dari segala macam kotoran. Maka banyaklah bersyukur jika Anda hidup di lingkungan yg tidak kekurangan air, dengan demikian kita selalu tampak bersih.

Air juga jadi salah satu nikmat dari Allah yang harus kita jaga serta lestarikan dengan baik. Sekian penjelasan dari saya tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Semoga semua yang saya sampaikan hari ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum wr.wb