Brilio.net - Banyak yang menggunakan sepeda motor sebagai salah satu alat transportasi untuk berkegiatan sehari-hari. Hal itu karena sepeda motor dinilai memiliki waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya. Kendaraan satu ini pun wajib dijaga kebersihannya agar dapat berfungsi dengan optimal.

Perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah rutin mencuci motor. Pasalnya, sepeda motor yang digunakan setiap hari pasti akan terkena debu jalanan dan kotoran lainnya. Kalau nggak segera dibersihkan, kotoran dan debu akan menempel dan menjadi noda membandel.

Debu yang menempel pada motor juga membuat tampilan kendaraan jadi tak terawat. Salah satu bagian motor yang rawan terkena noda adalah bagian kaca spidometer. Bagian ini terletak di kepala motor dan berfungsi sebagai layar untuk menampilkan indikator bahan bakar, lampu motor, lampu sein, dan menunjukkan kecepatan laju sepeda motor.

Seiring bertambahnya usia sepeda motor, bagian kaca spidometer biasanya akan mulai timbul noda baret. Selain karena faktor usia, lama pemakaian dan paparan sinar matahari secara langsung juga dapat menimbulkan noda baret pada kaca spidometer.