Brilio.net - Perawatan kendaraan roda empat memang terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, banyak sekali komponen yang harus diperhatikan mulai dari badan mobil, AC mobil, jok mobil, ban, dan masih banyak lagi. Ban mobil juga jadi salah satu komponen yang penting karena berfungsi untuk menahan beban, peredam guncangan, dan serta melakukan fungsi pengereman.

Agar ban mobil berfungsi secara maksimal, kamu perlu melakukan perawatan ban mobil secara berkala. Salah satunya rutin melakukan pengecekan tekanan angin pada ban. Selain memeriksa performa ban, kamu juga harus merawat kebersihannya. Salah satu bagian ban yang sering terkena debu dan kotoran adalah bagian velg mobil.

Velg mobil merupakan bagian dari roda yang berfungsi sebagai cakram yang menopang ban mobil. Velg biasanya terbuat dari bahan logam dengan warna silver. Bagian ini juga menjadi salah satu komponen mobil yang cepat kotor karena sering terkena debu jalanan.

Velg yang kotor pun akan membuat mobil terlihat kusam dan tidak terawat. Selain itu, kotoran pada velg yang telah berkerak dan membandel pun akan sulit hilang kalau dicuci dengan menggunakan sabun biasa. Tumpukan noda pada velg pun dapat menimbulkan tumbuhnya jamur.

Akun TikTok @imanbengkeloficial pun membagikan trik untuk membersihkan noda membandel pada bagian velg mobil. Ia membagikan langkah-langkah mencuci bagian velg dengan menggunakan tambahan 1 bahan dapur.

trik bersihkan velg mobil buluk jadi kinclong lagi © berbagai sumber

foto: TikTok/@imanbengkeloficial