Brilio.net - Cucamelon adalah jenis mentimun dengan rasa citrus atau segar. Berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, buah ini juga dikenal sebagai acar asam Meksiko atau melon tikus.

Cucamelon tumbuh menjadi seukuran buah anggur dan buah terlihat seperti semangka mini karena corak kulit buahnya. Kabar baiknya, buah ini hidup di iklim tropis seperti buah anggur, sehingga kamu yang di Indonesia bisa banget buat menanamnya di halaman rumah.

Nah, biar kamu nggak penasaran, berikut ada beberapa fakta tentang cucamelon yang dirangkum brilio.net dari Huffingtonpost, Kamis (29/12).

1. Apa sih cucamelon itu?

Buah Cucamelon © 2016 brilio.net

Loading...

Cucamelon merupakan buah yang terlihat seperti semangka kecil tapi rasanya lebih seperti mentimun. Buah ini juga dikenal sebagai gherkin Meksiko, semangka mini Meksiko, mentimun asam Meksiko dan mouse melon.

2. Di mana cucamelon tumbuh?

Buah Cucamelon © 2016 brilio.net

Cucamelon sendiri berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini berukuran sama seperti buah anggur, dan pohonnya persis seperti pohon anggur.

3. Di mana cucamelon ini bisa didapatkan?

Buah Cucamelon © 2016 brilio.net

Buah ini dijual di pasar oleh beberapa petani, tetapi kamu bisa menanam buah ini sendiri lho, karena bibit buah ini dijual banyak di online.

4. Bagaimana cara cucamelon ini tumbuh?

Buah Cucamelon © 2016 brilio.net

Kamu harus menabur dan menanam benihnya di bulan April-Mei di dalam ruangan. Tanaman ini membutuhkan teralis atau kayu untuk merambat. Persis seperti ketika kamu ingin menanam anggur.

5. Bagaimana cara terbaik untuk makan cucamelon ini?

Buah Cucamelon © 2016 brilio.net

Sangat direkomendasikan makan cucamelon langsung dari pohonnya, tambahan salad, acar atau menggunakannya untuk hiasan di gelas minuman.