Brilio.net - Selama ini, kamu mungkin hanya tahu mentimun sebagai sayuran saja. Padahal sayuran berkulit hijau segar ini mengandung banyak khasiat, lho. Tentu kamu bakal bengong kalau ternyata mentimun selain buat kesehatan juga bisa untuk kecantikan.

Dilansir brilio.net dari Lifehacker India, Selasa (15/9), berikut manfaat mentimun yang patut kamu tahu:

1. Mengatasi mabuk

Kalau kamu mabuk padahal besok pagi harus beraktivitas lebih awal, mentimun adalah penolongmu. Sebelum tidur pada malam harinya, makanlah beberapa iris mentimun. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin B dan elektrolit yang dapat mengontrol intensitas mabuk dan sakit kepala. Di samping itu, mentimun akan menghidrasi tubuh dan membantu eliminatetoxins (yang masuk ke dalam tubuh kamu karena konsumsi alkohol).

2. Mengusir bau mulut

Loading...

Terkadang kamu bermasalah dengan bau mulut? Jangan khawatir, cobalah menempatkan sepotong mentimun di mulut. Mentimun akan membantu membunuh bakteri dalam mulut, sehingga mulutmu bakal jadi segar kembali.

3. Mengatasi rasa cemas

Mentimun memiliki kandungan vitamin B1, B5, dan B7, yang dapat meringankan perasaan cemas. Aroma segar sayuran satu ini bisa memberikan efek tenang pada kamu yang sedang cemas.

4. Mengusir selulit

Selulit bukanlah penyakit, melainkan lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Namun begitu, selulit selalu bikin risi pemiliknya. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mencampur biji kopi dengan jus mentimun segar, plus madu. Campur semua bahan menggunakan blender, lantas oleskan di bagian tubuh yang terdapat selulit. Selesai itu, kamu bisa menutupinya dengan kain katun tipis. Diamkan selama 30 menit dan bukalah secara perlahan setelahnya.

5. Membuat rambut kuat dan indah

Sayuran satu ini kaya silikon, belerang natrium, fosfor, dan kalsium. Dengan begitu, semuanya itu berperan penting dalam pertumbuhan rambut dan memperkuatnya. Jadi, kamu cukup meminum segelas jus mentimun setiap hari untuk hasil maksimal.

6. Membersihkan noda pada peralatan masak dan countertops/meja dapur

Noda pada peralatan masak dan meja masak itu bikin jengkel, kan? Nah, lebih baik gunakan timun untuk membersihkannya. Kamu cukup menggosok noda dengan beberapa iris mentimun. Bahan kimia dalam sayuran ini akan menghilangkan noda tersebut.

7. Mencerahkan kulit

Mengoleskan irisan mentimun di wajah dan membiarkannya mengering sampai 10 menit berikutnya, akan membuat wajahmu tampak bersinar dan halus. Kamu juga bisa mengoleskan jus mentimun yang kental ke kulit wajahmu menggunakan kapas. Setelah dua minggu kamu melakukannya secara rutin, kamu akan melihat perbedaan yang signifikan.

8. Menghilangkan lingkaran hitam dan bengkak di mata

Kandungan askorbat dan asam caffeic dalam mentimun mampu mengurangi retensi air dalam kulit, dan pada gilirannya mengurangi pembengkakan di mata. Untuk meredakan bengkak mata dan melenyapkan lingkaran hitam di mata, kamu bisa menempelkan potongan mentimun di daerah mata.

9. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat larut dan rendah kalori yang dimiliki mentimun dapat membantumu yang sedang diet menurunkan berat badan, lho. Satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori saja, guys. Kalau kamu makan mentimun setiap hari, bisa membantu program dietmu ini, lho.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Kesehatanmu lho!