Brilio.net - Istilah argumentasi tentu sudah tak asing lagi didengar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), argumentasi adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Jadi, teks argumentasi adalah sebuah tulisan yang membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti.

Pernyataan pendapat yang ditulis pada teks argumentasi harus didukung oleh fakta. Hal ini dilakukan untuk memperkuat ide atau pendapatnya. Penulis menyebut opini sebagai klaim dan fakta sebagai bukti. Fakta yang disajikan dapat mencakup alasan, statistik, fakta yang dikonfirmasi, penelitian ahli, dan dalam beberapa kasus, dapat diambil dari pengalaman pribadi.

Selain itu, penulis juga harus mencantumkan sumber fakta yang terpercaya. Misalnya berasal dari situs web, laporan, dan artikel yang dikembangkan oleh para ahli di suatu bidang. Adapun tujuannya, agar pembaca menjadi yakin atas kebenaran yang disampaikan penulis.

Dengan begitu, teks argumentasi bukan hanya omong kosong atau opini dari si penulis saja. Pembaca akan merasa yakin hingga pada akhirnya sependapat dengan sang penulis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, untuk lebih memahaminya, berikut brilio.net sajikan 11 contoh teks argumentasi beserta strukturnya. Dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (28/12).

Struktur teks argumentasi.

Dilansir dari gurupendidikan.co.id, terdapat tiga struktur dalam teks argumentasi, di antaranya sebagai berikut.

a. Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.

b. Tubuh argumen, ditujukan untuk membuktikan kebenaran yang disampaikan dalam argumen. Kebenaran yang disajikan dalam tubuh argumen harus dianalisis, disusun dan disajikan melalui observasi, eksperimen, penyusun fakta dan cara pikir yang logis.

c. Kesimpulan atau ringkasan, bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

Contoh teks argumentasi beragam tema.

1. Contoh teks argumentasi tentang pendidikan.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Pendidikan di Indonesia dewasa ini masih tertinggal dengan pendidikan dari negara-negara lain di dunia. Bahkan, Indonesia masih keok dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, dalam bidang pendidikan.

Hal ini dapat disaksikan dari banyaknya penduduk mereka yang memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sementara di Indonesia, jumlah penduduk yang mendapatkan pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan negara lain, apalagi di tempat-tempat tertinggal seperti NTB, NTT, Papua, dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Ketertinggalan pendidikan di tempat-tempat tersebut disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Indonesia. Pemerintah cuma membangun fasilitas pendidikan di perkotaan, terkhusus di Pulau Jawa.

Tak cuma itu, terbatasnya jumlah guru yang ada di tempat tersebut ikut serta menjadi penyebab semakin jauhnya jalan masuk pendidikan yang ada di tempat tertinggal.

Jadi, pendidikan di Indonesia justru makin tidak merata serta cenderung tertinggal sehingga belum sanggup bersaing dengan negara lain yang ada di dunia.

2. Contoh teks argumentasi tentang lingkungan.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Musim kemarau pada tahun ini merupakan kemarau terparah dalam kurun 10 tahun terakhir. Hujan tak turun selama enam bulan mengakibatkan tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi turun pada bulan depan.

Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau yang biasa dikarenakan terjadi selama tujuh bulan. Padahal, berdasarkan data yang diberi tahu oleh BMKG tahun lalu, kemarau biasanya cuma terjadi selama lima bulan.

Dengan demikian, petani banyak yang merugi sebab gagal panen sebab tak ada air yang mengairi sawah mereka.

3. Contoh teks argumentasi tentang sampah.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Permasalahan yang paling besar di Indonesia saat ini sebenarnya adalah sampah karena sudah tidak terkontrol lagi. Sampah rumah tangga, terutama plastik, menjadi satu di antara kendala yang sangat besar bagi negara Indonesia. Perlu adanya langkah efektif yang bisa memangkas jumlah sampah plastik ini supaya alam tetap sehat.

Sampah yang tidak terkontrol bisa menimbulkan banyak bencana, seperti banjir yang memang sudah seperti agenda rutin. Satu di antara yang menjadi penyebabnya sebenarnya adalah perilaku masyarakat, terutama dalam pengelolaan sampah dalam hal pembuangan. Banyak orang yang masih buang sampah secara sembarangan.

Perlu adanya pendidikan mengenai sampah dan cara membuang yang baik dan benar supaya tidak salah. Pemerintah pun perlu memberi sanksi tegas supaya masyarakat patuh dan disiplin dalam membuang sampah.

4. Contoh teks argumentasi tentang kesehatan.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Rokok mengandung banyak sekali zat yang berbahaya dan sebenarnya sangat mematikan, meski memang memberikan efek yang nikmat. Ada banyak zat racun yang ada di rokok, satu di antaranya zat aseton, yang biasa dipakai dalam pembersih kuku.

Rokok memiliki zat adiktif juga, sehingga orang yang mengonsumsinya akan ketagihan dan tidak bisa berhenti. Kandungan racun yang masuk terus menerus ke tubuh bisa merusak tubuh secara perlahan dan menyebabkan kematian.

Rokok yang terbakar itu akan menghasilkan karbon monoksida, yang merupakan gas yang sangat beracun. Biasanya gas seperti ini muncul dari kendaraan bermotor sehingga merokok sama dengan menghisap asap knalpot dari kendaraan bermotor.

5. Contoh teks argumentasi tentang bahan bakar alternatif.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Setelah manusia mulai menyadari dampak penggunaan bahan bakar fosil yang dapat membahayakan, manusia mulai berpikir untuk mencari bahan bakar alternatif. Tetapi, apakah bahan bakar alternatif lain yang diusulkan ini dapat efektif? Kita ambil contoh, bioetanol yang berasal dari jagung.

Jika kita menggunakan etanol dari jagung ini maka diperlukan berapa juta hektar lahan jagung untuk memenuhi kebutuhan manusia? Itu akan mengakibatkan dampak lain, yaitu berkurangnya lahan tempat tinggal dan lahan hutan. Orang akan membuka hutan dan menjadikannya lahan jagung. Tentunya itu merusak lingkungan bukan?

6. Contoh teks argumentasi tentang gagal panen.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang makin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

7. Contoh teks argumentasi tentang polusi udara.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Udara di kota-kota industri sangat kotor dengan banyaknya asap hitam hasil pembakaran di pabrik-pabrik. Udara makin panas sehingga menyebabkan berbagai dampak lingkungan hidup. Es di Kutub Selatan dan di Greenland mulai mencair. Itulah berbagai akibat yang terjadi karena eksploitasi besar-besaran minyak bumi.

8. Contoh teks argumentasi tentang olahraga.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto:freepik.com

Negeri Paman Sam kembali membuat sejarah dengan menjadi juara umum untuk Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, negara tersebut secara berturut-turut mendapat penghargaan serupa pada Olimpiade London 2021 dan Olimpiade Rio 2016.

Kemenangan mutlak itu didapatkan oleh Amerika Serikat setelah tim voli meraih medali emas yang ke-39. Dengan tambahan medali itu mengantarkan Negeri Paman Sam atau Amerika Serikat yang kita tahu ada di posisi pertama.

9. Contoh teks argumentasi sebab akibat tentang fenomena sosial.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jumlah anak jalanan di kota-kota besar terutama Jakarta semakin hari semakin bertambah. Mereka memenuhi jalan-jalan utama seperti lampu merah di pusat kota dengan segala tingkah dan aksinya. Berbagai macam cara mereka lakukan agar dapat bertahan hidup.

Mereka berkeliaran di jalan dan mencari hidup dengan cara minta-minta. Fenomena seperti ini mulai tampak gejala dari krisis ekonomi melanda negara kita. Krisis berkepanjangan menjadi penyebab kesulitan hidup di segala sektor.

10. Contoh teks argumentasi tentang lalu lintas.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Banyaknya jumlah kasus kecelakaan di jalan raya tahun ini bahkan terus meningkat. Menurut data kepolisian, tahun kemarin jumlah kasus kecelakaan mencapai 4.500 kasus, dibandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus pada hari setelah Lebaran, sehingga dipastikan akan semakin bertambah.

Dari 5.300 kasus, presentasi yang paling banyak adalah kendaraan bermotor. Meningkatnya angka kecelakaan ini karena pemudik lebih banyak menggunakan kendaraan sepeda motor.

11. Contoh teks argumentasi tentang bisnis.

Contoh teks argumentasi © berbagai sumber

foto: freepik.com

PT Pertamina (Persero) berada pada peringkat 287 dalam dunia versi Fortune. Pemasukan yang didapatkan oleh Pertamina mencapai USD 49,469 miliar. Tanggapan menteri BUMN melihat hal ini adalah sebagai bentuk pengakuan dunia luar akan eksistensi perusahaan Pertamina. Selain itu, ini juga bukti dari perubahaan yang ada, terutama pada hal core value.

(brl/red)

(brl/red)