Brilio.net - Kopi memang diminati hampir seluruh orang di negara mana pun. Sebab 8 dari 10 bahkan mengaku sering meminum kopi di pagi hari, agar tidak mudah mengantuk saat beraktivitas pada siang harinya.

Tapi siapa sangka, ternyata kopi juga punya efek buruk yang tidak disadari banyak orang, terutama terkait efeknya terhadap payudara perempuan.

Berdasarkan studi terbaru yang dipimpin oleh Helena Jernstrom, dari Lund University di Swedia dan dipublikasikan dalam The British Journal of Cancer, terlalu banyak mengonsumsi kafein dalam kopi dapat berefek pada hormon estrogens yang ada dalam tubuh. Ketidakstabilan hormon inilah yang kemudian akan membuat ukuran payudara lebih kecil.

Meskipun pada dasarnya minuman apapun yang berlebihan akan berisiko, kopi mendapatkan perhatian lebih karena minuman ini memang jadi kesukaan banyak orang, hampir di belahan dunia mana pun. Dalam penelitian Helena ini, setidaknya ada 300 perempuan peminum kopi yang disurvei.

"Perempuan yang meminum kopi lebih dari tiga gelas dalam sehari, memiliki payudara yang lebih kecil 17 persen dibandingkan payudara perempuan yang meminum kopi lebih sedikit dari 3 gelas per hari," ujar Helena seperti dikutip brilio.net dari Daily Mail, Rabu (17/8).

Loading...