Brilio.net - Mencapai usia 100 adalah sebuah prestasi yang kebanyakan dari kamu pasti ingin sekali bisa mencapainya. Seperti seorang nenek yang bernama Emma Morano dari Italia berikut ini.

Adalah Emma Morano, yang sekarang menjadi wanita tertua di dunia dengan usia 116 tahun. Dia lahir di Italia Utara pada 29 November 1899. Ia adalah satu-satunya orang di dunia yang telah mengalami tangan pertama kehidupan yang telah berlangsung tiga abad.

Seperti dilansir brilio.net dari brightside.me, Senin (11/7), Morano pernah secara tragis kehilangan putranya saat masih bayi dan kemudian meninggalkan pernikahannya yang bahagia pada tahun 1938. Emma memiliki dua saudara perempuan yang juga hidup hingga berusia lebih dari 100 tahun. Yakni hidup sampai 102 tahun dan satunya hidup hingga 100 tahun.

Lalu, sebenarnya apa rahasia 'kesaktian' nenek yang satu ini?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Emma Morano  © 2016 brilio.net

1. Menjalani hidup lajang.

Sejak bercerai, Emma tidak pernah menikah lagi saat ia mengatakan ia 'tidak ingin didominasi oleh siapa saja'. Ia adalah seorang feminis yang gigih dan dia masih tinggal sendirian sekarang, meskipun ia secara teratur menerima kunjungan dari keponakannya .

2. Kerja keras.

Emma selalu mandiri di masalah finansial, ia mendukung dirinya dengan membuat tas di sebuah pabrik. Dia kemudian bekerja sebagai juru masak di sebuah hotel, dan terus bekerja dengan baik hingga usianya tujuh puluhan. Hidup tidak selalu mudah, tapi Emma adalah bukti bahwa bekerja hingga tua dapat membuat hidup lebih lama hidup.

Emma Morano  © 2016 brilio.net

3. Diet yang tidak biasa.

Setelah didiagnosa dengan anemia di masa mudanya, Emma tidak pernah lupa rekomendasi dokter untuk makan 2 butir telur mentah dan 100 g steak mentah setiap hari.

4. Gemar menyanyi.

Emma memiliki suara yang merdu dan gemar menyanyi. Itulah sebabnya jiwanya selalu riang dan bahagia. Bernyanyi telah lama dikaitkan dengan hidup lebih lama dan sehat.

Emma Morano  © 2016 brilio.net

5. Menghirup udara segar.

Iklim ringan dan udara pegunungan yang segar dari rumahnya di dekat Danau Maggiore, di perbatasan Italia dan Swiss, terbukti ikut menjaga kesehatannya dan membuatnya hidup lebih lama.

6. Selalu positif.

Dokter yang menangani Emma, Dr Carlo Bava, menggambarkan ketenangannya dan semangat Emma. Emma pun dikenal orang sekitarnya sebagai orang yang murah senyum. Apapun yang menimpa Emma, ia selalu memandang hal tersebut dengan positif dan selalu tersenyum.

7. Emma gemar menari.

Emma ingat bagaimana ia dan saudaranya sangat gemar menari. Mereka akan lari ke ruang dansa, dan menari di sana hingga ibu mereka mencari keduanya. Menari adalah salah satu jenis latihan terbaik untuk tetap awet muda.

(brl/gib)