Brilio.net - Setiap menjelang datang bulan, cewek selalu mengalami perubahan atau gejala tertentu. Perubahan atau gejala itu bisa berupa fisik maupun emosi. Paling kentara sih emosi, yang sering disebut Premenstrual Syndrome (PMS). Nah, gimana dengan fisik? Perubahan atau gejala fisik apa yang kamu rasakan menjelang haid, ladies?

Kalau yang kamu rasakan tubuhmu melar menjelang haid, itu benar adanya. Seorang ginekolog dari NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat, Raquel Dardik membenarkan hal ini. "Kenaikan berat badan terjadi lima hari sebelum kamu haid, tapi kamu akan kembali normal seperti sebelumnya," katanya sebagaimana dikutip brilio.net dari laman SHAPE, Senin (13/6).

Beban cairan pra-menstruasi dapat berkisar antara setengah sampai 10 pon, berarti sekitar 2,26-4,5 kilogram. Biasanya, rata-rata hanya lima kilogram untuk kebanyakan cewek. Hal ini terjadi karena hormon progesteron pada tahap awal kehamilan menurun. Efeknya, setiap sel dalam tubuh menahan air supaya nggak keluar dari tubuh, sesedikit apa pun itu. Kalaupun hal ini nggak bikin perubahan berat badan, kembung yang disebabkan oleh gas dapat meningkatkan situasi yang membuatmu merasa tubuh membengkak.

Tapi Dardik menekankan untuk nggak khawatir dengan perubahan 'sesaat' ini. Soalnya fluktuasi berat badan itu adalah hal lumrah. Poin yang justru harus kamu perhatikan adalah jadwal rutin menjaga kesehatan diri, misalnya mengecek berat badan setiap satu minggu sekali pada hari dan waktu yang sama, dengan menggunakan alat pengukur yang sama.

Nah, terus gimana caranya biar nggak terkesan gemuk atau badan membengkak kala haid? Jawabannya kamu kudu olahraga. Jangan lupa minum air biar pasokan air dalam tubuhmu terus tercukupi sehingga nggak perlu menahan-nahan air dalam tubuh. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan berlemak, alkohol, dan garam yang memicu tubuhmu menahan air lebih banyak dalam tubuh.

Loading...

Terus gimana dong kalau ternyata kenaikan berat badan justru nggak 'hilang' setelah menstruasi? Itu bisa saja disebabkan oleh keinginan pra-menstruasi yang bikin kamu mudah lapar dan pengen banget mengkonsumsi makanan asin, berminyak, dan manis.  Lantas, keinginan ini seakan nggak bisa distop bahkan setelah haid selesai. Jadi, ketika PMS kamu mau makan-makanan tersebut, pintar-pintarnya kamu mengendalikan diri biar berat badan nggak meledak setelah haid.

Jadi, sekarang sudah tahu alasannya, kan?