Brilio.net - Memiliki penyakit maag memang sangat mengganggu. Apalagi di bulan Ramadan seperti saat ini. Nyeri maag bisa saja mengganggu ibadah puasa.

Agar puasa kamu nggak terganggu akibat maag, sebaiknya kamu perhatikan cara mencegahnya agar tidak kambuh. Berikut ini 10 cara mencegah maag selama bulan Ramadan, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (8/7):

1. Jangan lewatkan sahur

foto: swadeka

Sahur sama pentingnya dengan berbuka ya Sobat Brilio. Sahur dengan kata lain bisa kamu sebut sarapan selama bulan puasa.

2. Tidur yang cukup

foto: riffsy

Meski harus bangun dini hari untuk makan sahur, kamu harus pastikan tetap mendapat waktu tidur yang cukup. Jika kurang tidur di malam hari, kamu bisa meluangkan waktu sbenetar di siang hari untuk beristirahat.

3. Hindari tidur setelah sahur

foto: dailymail

Tidur yang dianjurkan adalah dua jam setelah sahur. Jadi usahakan untuk tidak langsung kembali tidur setelah makan sahur karena bisa memicu terjadinya refluks atau berbaliknya makanan dari lambung ke kerongkongan yang bisa berisiko terhadap sistem pencernaan.

4. Perbanyak protein dan karbohidrat kompleks

foto: fatlossboss

Selama berpuasa ada baiknya kamu lebih memperhatikan asupan makanan. Pilih makanan yang mengandung protein nabati maupun hewani. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat ya.

5. Makan dengan perlahan dalam porsi kecil saat buka puasa

foto: giphy

Saat berbuka sebaiknya makanlah dengan perlahan dalam porsi kecil atau makan tajil ringan terlebih dahulu. Bagi kamu yang punya maag akut, langsung makan makanan besar saat berbuka bisa membuat perut 'kaget' dan memicu kambuhnya maag.

Kamu bisa mencobanya ya! KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Segerakan berbuka

foto: giphy

Jika sudah tiba waktunya, jangan menunda-nunda untuk berbuka. Segerakan berbuka agar gula darah tetap stabil sehingga nutrisi tubuh yang kurang segera bisa dikembalikan.


7. Hindari makanan terlalu berlemak saat sahur atau berbuka

foto: tumblr

Hindari langsung mengkonsumsi makanan berminyak dan makanan pedas sebab meningkatkan asam lambung dan akan memperparah maag. Sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan nggak mengandung gas.

 
8. Konsumsi kurma dan kacang almond

foto: ohnuts

Kacang almond dan kurma kaya serat dan protein yang baik jika dikonsumsi penderita maag saat sahur atau berbuka.

9. Hindari minuman berkafein maupun bersoda

foto: clipartsign

Minuman berkafein dan bersoda dapat merangsang keluarnya asam lambung berlebih yang bisa menyebabkan tubuh jadi lemas selama puasa. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein maupun bersoda selama bulan Ramadan.

10. Konsultasi ke dokter

foto: koreandrama

Jika kamu memiliki maag akut sebaiknya sering berkonsultasi ke dokter. Hal itu agar kamu mendapatkan obat yang tepat sesuai anjuran dokter.