Brilio.net - Manusia pastinya selalu pengen tubuhnya sehat dan bugar dong. Banyak cara yang dilakukan seperti mengatur pola makan, minum vitamin atau pergi berolahraga. Nah bagi sobat Brilio yang hobi berolahraga nih, udah tahu belum ternyata masih ada hal-hal penting saat berolahraga yang sering banget disepelein sama sebagian orang.

Dampaknya pun bermacam-macam, mulai dari berkurangnya manfaat olahraga itu sendiri hingga akibat fatal yang disebabkan oleh kesalahan itu. Mulai dari kram hingga naiknya asam lambung. Duh, jadi nggak #bebasgerak kan? Apa aja sih kesalahan-kesalahannya? Simak yuk dibawah ini udah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (6/6)! Check them out!

1. Sering tidak pemanasan sebelum olahraga.

voltaren_hobi olahraga © 2016 brilio.net

Foto: tumblr.com

Loading...

Wah padahal ini salah satu hal yang wajib dilakuin lho sebelum olahraga. kalau misal kamu olahraga tapi nggak pemanasan dulu, bisa berakibat cedera atau kram otot saat berolahraga. Oleh karena itu, jangan lupa lakukan pemanasan ya sebelum kalian olahraga, cukup beberapa gerakan doang dan nggak lama kok.

2. Sering tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.

voltaren_hobi olahraga © 2016 brilio.net

Foto: healthtips.com

Ini juga sama pentingnya dengan pemanasan, tapi masih banyak lho yang nggak ngelakuin pendinginan. Kebanyakan dari mereka malah langsung beristirahat, atau minum dan makan setelah berolahraga. Padahal ini bisa berbahaya juga lho guys! Otot yang baru aja bekerja bakal kaget karena berhenti secara mendadak. Aliran darah yang pun bisa terhambat. Hiii serem ya...

3. Melakukan olahraga dengan durasi berlebihan.

voltaren_hobi olahraga © 2016 brilio.net

Foto: ppl-labs.com

Olahraga emang baik guys, tetapi jika terlalu berlebihan justru bisa membahayakan tubuh. Selain bisa berakibat cedera otot, olahraga sering dengan durasi yang lama bisa bikin kamu dehidrasi yang tentu aja bisa bikin aktivitas kamu terhambat lho. Olahraga jangan berlebihan, pastikan aja kalau olahraga kamu berkualitas, pintar-pintar dalam membagi waktu antara olahraga dengan waktu tubuhmu istirahat.

4. Minum minuman manis dan dingin setelah latihan.

voltaren_hobi olahraga © 2016 brilio.net

Foto: howstuffworks

Sebagaimana dikutip dari LIVESTRONG, Kamis (3/6), minum minuman manis dan dingin sehabis olahraga emang seger banget ya. Tapi kamu tahu nggak kalau di balik menggairahkannya minuman manis apalagi yang mengandung soda itu, justru bikin olahraga yang kamu lakuin terbuang sia-sia, bahkan bisa menyebabkan masalah lain yang lebih serius lho, guys. Kandungan gula yang terdapat pada minuman itu bisa bikin kram perut, serta konsumsi minuman yang mengandung soda setelah olahraga bisa bikin asam lambung kamu naik. Hmm nggak mau kan? Coba ubah kebiasaan itu ya, ganti dengan air putih setelah berolahraga agar kamu juga tetap terhidrasi.

5. Mengangkat beban tidak sesuai porsinya.

voltaren_hobi olahraga © 2016 brilio.net

Foto: ppl-labs.com

Pengangkatan beban lebih baik dijalani secara bertahap guys, dari mulai yang ringan terus perlahan ditingkatkan untuk mengangkat beban yang lebih berat dengan frekuensi lebih tinggi. Dengan cara seperti itu, olahraga angkat bebanmu jadi lebih efektif dan bisa membentuk tubuhmu. Kalau misalnya kamu langsung mengangkat beban berat dan tidak sesuai dengan porsimu, tubuhmu akan kaget dan bisa-bisa kamu terkena cedera otot.

Dari sekian kesalahan-kesalahan yang termasuk sepele itu guys, dampak yang paling sering ditunjukkan adalah kamu bisa kram atau nyeri otot, sampai cedera otot. Tentu hal ini paling nggak diinginkan dari berolahraga, yang niatnya mau sehat malah jadi sakit kan? Udah gitu, aktivitas kamu pasti jadi terhambat.

voltaren_hobi olahraga © 2016 brilio.net

Foto: organoma.com

Hal yang bisa kamu lakuin pas kamu ngalamin kram atau cedera otot, kamu bisa kompres dengan air hangat pada area otot yang mengalami kram, pijat ringan daerah yang mengalami kram. Mungkin awalnya akan terasa sakit, namun lama-kelamaan sakitnya akan hilang kok. Kamu juga bisa melakukan peregangan pada pada otot yang lagi kram, dan coba olesakan balsem pada area kram itu.

Nah untuk balsem atau krim pereda nyeri nih guys, kamu bisa coba Voltaren Emulgel deh. Olesin Voltaren Emulgel sesuai dengan kebutuhan kamu pada area yang sakit kira-kira 3-4 kali sehari dengan asumsi 2 hingga 4gr bisa dipakai pada area 400 hingga 800cm2.

Voltaren Emulgel sendiri mengandung Natrium diklofenak yaitu obat anti peradangan dan bisa meredakan nyeri juga. Ditambah dengan kandungan emulgel yang ngasih kamu sensasi dingin dan nyaman dikulit serta bisa meresap kedalam kulit. Kemasannya yang praktis juga bisa kamu bawa kemana aja, kamu nggak perlu khawatir pas kamu kram atau nyeri pas lagi olahraga. Karena ada Voltaren Emulgel, kamu jadi #bebasgerak deh!