Brilio.net - Mantan petinju Amerika Serikat (AS) Muhammad Ali, Sabtu (4/6) meninggal dunia di rumah sakit Phoenix-area, tempatnya dirawat dalam beberapa hari terakhir.  Petinju yang menjuluki dirinya sendiri "Yang Terhebat" meinggal karena komplikasi pernafasan. Pihak keluarga mengkonfirmasi kematian Ali di usia 74 tahun.

"Setelah 32 tahun melawan penyakit Parkinson, Muhammad Ali meninggal di usia 74 tahun. Tiga kali Juara Dunia Kelas Berat meninggal sore ini (waktu setempat)," begitu pernyataan pihak keluarga seperti dikutip brilio.net dari Nbcnews, Sabtu (4/6).

Lahir dengan nama Cassius Clay pada 17 Januari 1942 dari keluarga kelas kelas bawah, Ali kecil sudah memulai karir tinjunya di usia 12 tahun. berkat latihan keras, dirinya berhasil memenangkan Golden Gloves yang kemudian mengantarnya mewakili negaranya pada Olimpiade Roma 1960. Ali yang turun di kelas Berat Ringan berhasil menggondol emas.

Petinju yang terkenal arogan itu punya motto bertinju yang sangat terkenal yaitu, 'melayanglah seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah'. Idola banyak orang dan role model petinju muda itu kini telah berpulang. Selamat jalan, Muhammad Ali.

Loading...