Brilio.net - Memang deh, kopi itu paling ngerti kita banget! Pagi-pagi sebelum berangkat kuliah atau kerja, kopi tuh bisa punya efek sihir yang dahsyat banget untuk memompa semangat. Siang atau menjelang sore, biasanya sih mulai ngantuk, kan? Nah, itu artinya kudu minum kopi biar semangat lagi. Pokoknya kopi is the best deh!

Tapi walaupun kopi bisa membangkitkan semangat, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya setiap saat, lho. Ada waktu-waktu yang paling tepat supaya efek kafein dalam kopi itu dapat bekerja dengan maksimal. Jadi kapan waktu yang tepat?

Tubuh sebenarnya punya ritme sendiri yang bisa memberitahu kamu kapan waktunya bangun, makan, atau tidur kembali. Nah, 'alarm' ini dikendalikan oleh hormon-hormon yang ada di dalam tubuh kita.

Pada pagi hari, tubuh kita memproduksi hormon kortisol yang tugasnya sebagai alarm yang membangunkan kita setiap pagi. Produksi hormon kortisol biasanya semakin meningkat sekitar pukul 08.00-09.00. Jadi, jika kita minum kopi di jam-jam itu, kamu nggak akan pernah bisa merasakan manfaat kafein yang sebenarnya.

Kalau kamu pengin merasakan sensasi 'membangunkan' atau bikin efek semangat untuk beraktivitas, kamu mesti minum kopi di saat produksi hormon kortisol di dalam tubuh menurun. Biasanya, penurunan ini terjadi sekitar pukul 09.30-11.30.

Hormon kortisol akan mengalami peningkatan lagi pada pukul 12.00-13.00 dan pukul 17.30-18.30. Jadi waktu paling tepat untuk minum kopi adalah pada pukul 09.30-11.30 dan pukul 13.30-17.00, seperti dikutip brilio.net dari situs Forbes, Rabu (8/4).

Malam hari juga bukan waktu yang tepat untuk minum kopi, karena pada malam hari tubuh perlu waktu untuk memulihkan keadaannya agar bisa digunakan untuk beraktivitas esok hari. Jadi, jangan salah waktu lagi ya?