×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jakarta tak cuma mal, ini 7 museum legendaris yang patut dikunjungi

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

Jakarta tak cuma mal, ini 7 museum legendaris yang patut dikunjungi

foto: Instagram @faralsk/@aycahya

Lokasinya yang ada di pusat kota membuatnya jadi pilihan yang cocok di tengah kemacetan.

(brl/tin)

15 / 08 / 2018

Brilio.net - Jakarta terkenal dengan mal yang menjamur di segala penjuru. Tak jarang, kamu bisa menemukan deretan mal dalam satu jalan yang sama. Mal sangat dinikmati karena menawarkan berbagai fasilitas menarik seperti bioskop, tempat hangout, dan lain-lain. Oleh karena itu, banyak anak muda yang menghabiskan waktu luangnya dengan berjalan-jalan ke mal.

Sayangnya, Jakarta terkenal dengan kemacetannya. Kamu bisa menghabiskan lebih dari 1 jam di jalan ketika ingin berpergian di Jakarta. Susahnya akses ini tak pelak membuat banyak anak muda malas sekadar berjalan-jalan. Ketika liburan pun, spot-spot wisata favorit di Jakarta juga selalu penuh dengan pengunjung. Akhirnya, anak muda Jakarta sering kebingungan ketika ingin liburan.

Tak perlu bingung, Jakarta punya banyak museum legendaris. Selain mal, museum legendaris ini bisa jadi alternatif getaway yang cocok untuk anak muda. Lokasinya yang ada di pusat kota membuatnya jadi pilihan yang cocok di tengah kemacetan yang melanda karena kamu tak perlu berlama-lama terjebak macet.

Apa saja sih museum legendaris yang ada di Jakarta? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/8), berikut ini tujuh museum yang cocok jadi destinasi anak muda.

1. Menyusuri sejarah Indonesia di Museum Gajah Indonesia.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@millafadhila, @nasuhaadidah

Dari benda-benda prasejarah, arkeologi, keramik, dan lain-lain bisa kamu temukan di Museum Nasional atau Museum Gajah ini. Lokasinya di Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat juga membuatnya mudah dijangkau.

Di sini, kamu bisa berlibur sambil belajar berbagai peradaban bangsa lain yang menjadi koleksi museum ini. Mulai dari Dinasti Ming di China sampai kebudayaan Hindu Jawa ada di sini. Museum Gajah Indonesia cocok dijadikan spot anak muda yang tak ingin lupa dengan sejarah.

2. Mengingat perjuangan pemuda di Museum Sumpah Pemuda.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/naila_aunika

Anak muda Indonesia tak bisa dipisahkan dari Sumpah Pemuda. Pada 28 Oktober, pemuda di seluruh Indonesia bersumpah untuk tetap bersatu apa pun keadaannya. Museum Sumpah Pemuda yang terletak di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat ini jadi saksi bisu kesatuan anak muda di seluruh Indonesia. Berbagai diorama perjalanan sumpah pemuda bisa kamu temukan di sini. Sebagai anak muda Jakarta, museum ini tak bisa dilewatkan.

3. Menghormati perjuangan 1945 di Museum Joang 45.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@museumkesejarahan

Kisah-kisah mengharukan tentang kemerdekaan bisa kamu temukan di Museum Joang 45. Terletak di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, museum ini menyimpan berbagai cerita tentang perjuangan Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Berbagai lukisan, diorama, dan kisah menarik bisa kamu temukan di sini. Libur sekaligus belajar, Museum Joang 45 bisa jadi salah satu alternatif liburan di tengah kota.

4. Melihat seni kontemporer di Art:1 New Museum.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@faralsk, @reganraymondo

Tak hanya sejarah, Jakarta juga punya museum yang didedikasikan untuk seni kontemporer. Tak hanya lukisan, kamu bisa menemukan beragam instalasi seni fotografi, video art, dan lain-lain. Dekat dengan pusat kota, Museum ini terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No 3, Kemayoran, Jakarta Pusat. Selalu penuh dengan kejutan, museum seni ini cocok jadi alternatif liburan di tengah kota.

5. Bangga dengan kejayaan nenek moyang di laut dengan mengunjungi Museum Bahari.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@rahelnariswariputri, @joda_ferozah

Terletak di kawasan Kota Tua, Museum Bahari ini menyimpan sejarah kelautan Indonesia. Berbagai miniatur model kapal dan alat navigasi pelayaran bisa kamu temukan di sini. Sejenak, kamu bisa merasakan bagaimana nenek moyang kita mengarungi lautan Indonesia. Museum yang terletak di Jalan Pasar Ikan Nomor 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara ini bisa jadi alasanmu untuk menghabiskan liburan di pusat kota.

6. Mempelajari sejarah keuangan Indonesia di Museum BI.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@its_me_rani, @thisismuda

Terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat, museum ini menyimpan cerita perjalanan Indonesia dalam hal perekonomian. Di sini, kamu bisa melihat bagaimana kebijakan moneter bisa mempengaruhi jalannya satu bangsa. Nggak membosankan, kamu bisa menikmati berbagai teknologi modern, multimedia, dan lain-lain berkaitan dengan Bank Indonesia di sini.

7. Melihat potret Indonesia di Galeri Foto Jurnalistik Antara.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@imawan_, @aycahya

Galeri Foto Jurnalistik Antara yang ada di Jalan Antara No 59, Pasar Baru, Jakarta ini jadi museum fotografi pertama yang ada di Indonesia. Berbagai kumpulan foto tentang perjuangan kemerdekaan bisa kamu temukan di sini. Gaya arsitektur kolonial juga kental terasa di sini. Foto-foto yang jadi koleksi di sini menjadi saksi bisu tentang sejarah Indonesia dari mata jurnalisme.

Nah, siap untuk menjelajahi museum-museum tadi, Sobat Brilio? Buat kamu yang di Jakarta, berkeliling di sini harus selalu berhadapan dengan kemacetan yang tak ada henti-hentinya. Dengan sepeda motor, kamu bisa menembus kemacetan dengan mudah. Sepeda motor matic sering diincar karena tak perlu mengatur gigi dan membuat capek tangan. Yamaha Lexi jadi pilihan terbaik anak millenial untuk menembus kemacetan Jakarta.

Yamaha Lexi Jakarta tak hanya mal © 2018 brilio.net

foto: Yamaha

Yamaha Lexi dilengkapi dengan spacious flat foot board dan long seat yang membuat kaki dan badan nyaman saat perjalanan jauh. Tak perlu repot membawa barang juga karena Yamaha Lexi mempunyai kapasitas bagasi yang besar hingga 12,8 liter. Suspensi dengan Sub-Tank Suspension dan ban tubeless berukuran ban depan 90/90-14", dan ban belakang 100/90-14" membuat Yamaha Lexi stabil dan nyaman saat diajak bermanuver. Dengan kondisi jalan buruk sekalipun, Yamaha Lexi tetap nyaman saat diajak berlibur di berbagai museum legendaris di Jakarta. Penasaran dengan sepeda penuh kenyamanan Yamaha Lexi? Yuk, cek di sini, Sobat Brilio.

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    8%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

MORE
Wave more