Brilio.net - Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keindahan alamnya yang menawan. Berbagai macam wisata alam Indonesia sudah menjadi sorotan para traveler luar negeri maupun lokal. Wisata alam tersebut dapat berupa pantai, curug, gunung, air terjun dan lain sebagainya.

Salah satu wisata alam Indonesia yang cukup menarik perhatian adalah wisata air terjunnya. Air terjun di Indonesia sebagian memiliki suasana yang masih asri dan terbilang masih sangat terjaga. Salah satunya adalah air terjun Kalipancur, Semaran.

air terjun kalipancur © 2022 brilio.net

foto: Agung Pradana Putra

Air terjun yang terkenal menjadi surganya pelosok Semarang ini tepatnya terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, atau sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Air terjun Kalipancur mulai dibuka menjadi tempat wisata pada tahun 1980.

Air terjun Kalipancur juga menjadi air terjun tertinggi di Semarang, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Keunikan air terjun Kalipancur sendiri, selain ketinggiannya air terjun ini juga dikelilingi tebing-tebing yang sangat menakjubkan.

Tebing di sekitar air terjun Kalipancur juga terdapat beberapa goa yang menurut masyarakat setempat menjadi sarang burung walet. Air terjun yang berada di bawah lereng gunung Telomoyo ini juga masih menyimpan beberapa macam satwa, karena alamnya yang masih terjaga, sehingga ekosistem disana masih terbilang alami.

“Iya mas, tadi monyet yang mas lihat memang biasa nongkrong diarea situ untuk berjemur sama bermain. Selain monyet di sini juga masih ada macan mas, tapi mereka jarang menampakan diri, paling kalau malam hari, kalo siang aman mas, toh mereka kalo lihat manusia juga lari” ujar Suroto (80) penjaga air terjun Kalipancur.

air terjun kalipancur © 2022 brilio.net

foto: Agung Pradana Putra