Air terjun Kalipancur sebagai tempat wisata

Air terjun Kalipancur mempunyai jam operasional dai jam 06.00 sampai jam 17.00 WIB. Air terjun ini mempunyai harga tiket masuk yang terbilang sangat murah sekali, yaitu dengan Rp 5000,00 untuk satu orang, sementara untuk parkir sepeda motor yaitu Rp 3000,00 dan mobil Rp 5000,00.

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun Kalipancur yang sangat menawan, serta dapat menggunakan beberapa fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, dan gazebo.

Selain itu didekat pintu masuk juga terdapat warung yang menjual beberapa makanan ringan dan minuman, tetapi lebih disarankan untuk membawa bekal sendiri sebelum mengunjungi air terjun Kalipancur. Saat ini air terjun Kalipancur tidak seramai dulu, sehingga membuat beberapa fasilitas tempat di air terjun ini yang kurang terawat.

“Kalau sekarang itu sudah jarang mas, yang minat buat berkunjung ke air terjun, tidak seperti dulu, dulu itu disini selalu ramai mas, sekarang sudah kalah sama wisata-wisata modern, " ujar Suroto.

air terjun kalipancur © 2022 brilio.net

foto: Agung Pradana Putra

Akses menuju air terjun Kalipancur

Air terjun Kalipancur terbilang cukup dekat dari jalan utama yaitu dengan mengendarai kendaraan pribadi sekitar 5 kilometer sudah bisa sampai ke pintu masuk air terjun. Tetapi dari pintu masuk sampai menuju air terjun, dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit jalan kaki, serta pengunjung harus menuruni sekitar 90 anak tangga.

Oleh karena itu, pengunjung harus membawa bekal dan air minum untuk perjalanan jalan kaki menuju air terjun dan sangat tidak disarankan untuk berkunjung ke air terjun Kalipancur pada musim penghujan, karena jalan menuju air terjun sangat licin, serta untuk mengantisipasi adanya banjir. Selain itu alangkah baiknya jika berkunjung pada waktu pagi atau siang, karena jika sore hari, jalan menuju air terjun tidak memiliki penerangan lampu.

 

Penulis: Magang/Agung Pradana Putra