Brilio.net - Punya rencana liburan ke Bali? Jika kamu berencana traveling di Pulau Dewata, nggak ada salahnya untuk menjelajahi wilayah Bali Barat. Maklum, di wilayah yang dekat dengan Pulau Jawa ini masih banyak pesona tersembunyi yang bisa kamu eksplorasi.

Beragam keindahan dan panoramanya juga nggak kalah dengan destinasi wisata mainstream di bali seperti Kute atau Canggu. Nah jika kamu bosan dengan destinasi yang itu-itu saja, nggak ada salahnya kamu menyambangi wilayah Bali Barat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba lima kegiatan seru saat mengisi liburan di wilayah ini. Apa saja ya?

1. Diving

Travel Bali Barat © 2023 brilio.net foto: tuke menjangan via booking.com

Wilayah Bali Barat bisa dibilang sebagai salah satu surga diving yang sudah diakui mancanegara. Spot yang paling popular adalah Pulau Menjangan yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Lokasi ini dijuluki sebagai surga bawah laut karena memiliki daya tarik berupa tebing bawah laut (wall diving).  Di kedalaman 20-60 meter, kamu bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang dan ribuan jenis ikan.

Selain menawarkan kehidupan bawah laut yang spektakuler, spot diving ini juga dikenal dengan arusnya yang lemah sehingga menjadi primadona para wisatawan. 

2. Snorkeling

Travel Bali Barat © 2023 brilio.net foto: instagram/@turisbanyuwangi

Nah jika belum memiliki kemampuan diving untuk melihat kehidupan bawah laut, kamu bisa snorkeling. Keseruannya juga nggak kalah lho meski hanya dinikmati di kedalaman 1-3 meter saja.  Jika ingin menjajal snorkeling di Pulau Menjangan, sewa perahu terlebih dulu.

Nanti kamu bisa berkeliling ke berbagai spot menarik seperti Sandy Slope, Coral Garden, Cave Point, Mangrove Point, dan berbagai pos lain yang memberikan pengalaman istimewa.

3. Mengamati burung  (bird watching)

Travel Bali Barat © 2023 brilio.net foto: themenjangan.com

Selain pantai, daya tarik memikat lainnya dari Bali Barat adalah sabana dan hutan yang masih sangat alami di TNBB. Memiliki ekosistem yang unik, yaitu peralihan antara kawasan beriklim basah dan kering, berbagai jenis flora dan fauna bisa ditemukan di sini. Salah satunya adalah spesies burung yang beragam. 

TNBB merupakan rumah untuk lebih dari 160 spesies burung iklim tropis, baik itu berupa spesies endemik maupun migrasi. Salah satu spesies khasnya adalah Jalak Bali yang kini mulai terancam punah. Kamu bisa menikmati pemandangan ratusan burung cantik dengan suaranya yang indah.

4. Glamping

Travel Bali Barat © 2023 brilio.net foto: tnbalibarat.menlhk.go.id

Sebagai salah satu kawasan wisata yang belum terlalu dipadati turis, glamping di Bali Barat menawarkan pengalaman yang menarik. Gimana nggak, menikmati liburan di kawasan yang tenang tanpa meninggalkan kenyamanan tentunya bisa jadi momen short escape yang begitu menyenangkan. 

Asyiknya lagi, kamu bisa merasakan sensasi berkemah di pinggir pantai dengan berbagai fasilitas penuh kenyamanan. Nggak perlu lagi menyalakan api unggun sendiri, karena semuanya sudah disediakan. Cocok banget kan buat jadi ide video Reels maupun TikTok yang estetik.

5. Trekking ke air terjun

Travel Bali Barat © 2023 brilio.net foto: instagram/@handhik_

Butuh kegiatan yang menantang selama liburan di Bali Barat? Trekking dan menjelajah air terjun tersembunyi yang ada di kawasan tersebut bisa jadi pilihan yang tepat. Salah satu yang direkomendasikan adalah air terjun yang berada di antara tebing dan bebatuan di Desa Musi, Gerokgak.

Tempatnya memang tersembunyi, sehingga bertanya dengan warga lokal yang ada di sekitar adalah panduan yang pas untuk menemukan spot yang kamu cari. Selain di Desa Musi, ada lagi spot air terjun rahasia lain yang wajib diulik. Jangan lupa mampir ke air terjun dan laguna di Batu Belah, Dewasana. Biarpun jalurnya sulit dan tersembunyi, tapi dijamin keindahan pemandangannya bisa langsung menghilangkan rasa lelahmu.