Brilio.net - Staycation saat ini jadi pilihan favorit masyarakat di Indonesia untuk menghabiskan waktu berlibur. Di masa pandemi seperti sekarang, staycation menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan kejenuhan.  

Staycation merupakan cara berlibur di mana kamu bisa menghabiskan mayoritas waktu bersantai di dalam kamar atau sebatas di dalam area tempat menginap, misalnya hotel dan resort. Jadi, kamu bisa bebas habiskan waktu sepanjang hari di dalam kamar atau hanya di dalam kawasan akomodasi tgersebut, seperti lounge, restoran, spa, dan lainnya. Cocok bagi kaum rebahan nih.

Nah, agar staycation kamu seru, tak perlu harus ke luar negeri, kok! Ada begitu banyak tempat di Indonesia yang pas sebagai destinasi staycation. Tentu tak mengejutkan, mengingat Indonesia adalah sebuah negara yang begitu luas dan menyimpan banyak harta karun wisata.

Lalu, apa saja ya destinasi wisata di Tanah Air impian yang pas untuk staycation? Simak daftarnya berikut ini dan jangan lupa untuk cek harga tiket pesawat murah di sini, ya!

1. Pulau Moyo

Loading...

4 Destinasi staycation © 2021 brilio.netInstagram @pulau_moyo 

Berjarak 3 km dari pesisir pantai utara Sumbawa, Pulau Moyo adalah surga wisata alam yang terkenal akan pesona bawah lautnya. Jauh dari hiruk-pikuk kota besar, tentunya panorama alam di Pulau Moyo masih begitu terjaga keasrian dan keindahan alaminya. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa nikmati pemandangan pantai dan laut sepuasnya dari tempat menginap. Jadi, pastikan bahwa kamar yang kamu pilih menghadap laut, ya!

Apabila sedang mood untuk menjelajah alam di Pulau Moyo, kamu bisa coba snorkeling di pesisir pantainya sejenak. Jadi, kamu pun bisa menyaksikan sendiri betapa indahnya alam bawah laut khas Pulau Moyo, di mana terumbu karangnya masih terjaga dengan baik.

2. Kota Sabang

4 Destinasi staycation © 2021 brilio.netInstagram @kotasabang

Berada di ujung paling barat Indonesia, Sabang tentu adalah sebuah nama yang sudah akrab di telinga sejak kecil. Akan tetapi, tidakkah kamu penasaran ingin menginjakkan kaki langsung di sana? Sebab, keindahan alam khas Sabang jelas jangan sampai kamu lewatkan, lho. 

Di sini, kamu bisa menikmati panorama bentangan pantai berpasir putih yang bertemu dengan laut yang terlihat berkilau di bawah terpaan sinar matahari. Selain itu, tak ada tempat seindah dan sesempurna Sabang untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Sebab, di sini kamu bisa menyaksikan matahari terbit lebih dulu dibandingkan tempat-tempat lain di Indonesia.

3. Gili Trawangan

4 Destinasi staycation © 2021 brilio.net@yans_brilio

Gili Trawangan yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu destinasi wisata terpopuler, bahkan mendunia. Terkenal akan pesona keindahan alam lautnya, Gili Trawangan adalah tempat yang sempurna untuk menyepi dan bersantai tanpa terganggu kebisingan khas kota besar. 

Nah, Gili Trawangan juga salah satu destinasi yang tepat untuk berbulan madu alias honeymoon. Kamu dan pasangan juga bisa menjajal naik cidomo, yaitu kereta kuda tradisional khas Lombok yang bisa ditumpangi berdua untuk membuat staycation dan bulan madu kamu bersama orang terkasih jadi lebih romantis dan mesra.

4. Pulau Ora

4 Destinasi staycation © 2021 brilio.netInstagram @susia_soulisa05 

Tak perlu keluar biaya tiket mahal-mahal untuk bisa menikmati staycation ala Maldives! Soalnya, kamu bisa juga merasakan sensasi staycation estetik di pesisir pantai dengan pemandangan laut langsung di luar kamar yang berlokasi di Pantai Ora, Maluku Tengah.

Dikenal sebagai Maldives-nya Indonesia, resort yang berlokasi di Pulau Ora ini didesain dan dibangun secara khusus di atas air laut. Jadi, tak heran kalau jernihnya air laut di Pulau Ora bisa langsung dinikmati begitu kamu menginjakkan kaki di teras kamar. Meskipun kamu akan butuh waktu dan perjuangan ekstra untuk bisa tiba di Pulau Ora, semua upaya tersebut akan langsung terbayar tuntas begitu menginjakkan kaki di sana.

Nah, itulah 4 destinasi wisata alam di Tanah Air yang sangat sempurna sebagai pilihan lokasi staycation. Baik sendiri, bersama keluarga, atau bersama pasangan, staycation adalah sebuah kesempatan emas bagi kamu untuk menikmati waktu bersantai dan menenangkan diri sepenuhnya, jauh dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari di kota besar. Namun di masa pandemi seperti sekarang, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan ya.