Brilio.net - Liburan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang memiliki kesibukan tinggi. Biasanya liburan dijadikan momen untuk refreshing dan menyegarkan pikiran saat stres dan bosan datang.

Sejak munculnya pandemi Covid-19, tren liburan berubah. Masyarakat kini lebih memilih untuk berlibur dengan menikmati wisata alam untuk tetap bisa menjaga diri dari paparan virus corona. Bicara soal destinasi wisata alam di Indonesia, tentunya salah satu destinasi populer adalah Malang.

Bagi kamu yang berencana liburan ke Malang, banyak sekali rekomendasi wisata alam yang bisa menjadi destinasi pilihan. Aktivitasnya pun beragam dan pastinya tidak membuat bosan.

Apa saja yah destinasi wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi? Berikut rangkumannya seperti dirangkum dari konfrensi pers virtual Tiket.com, Jumat (8/1).

1. Omah Kayu

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@omahkayuofficial

Buat yang ingin melihat panorama indah pegunungan di Kota Malang, kamu bisa berkunjung ke Omah Kayu. Di sini, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah pohon yang menjadi daya tarik dari spot wisata ini. Selain menikmati udara sejuk dan pemandangan indah, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti hunting foto. Karena di Omah Kayu, kamu bisa menemukan banyak spot unik untuk foto-foto.

Untuk mencapai area Omah Kayu, jalur yang harus dilewati cukup jauh. Tapi, jangan khawatir, karena akses jalan yang akan kamu lewati sangat bersahabat. Kamu akan ditemani pemandangan indah sepanjang jalan menuju Omah Kayu. Dengan pemandangan indah sepanjang jalan, rasa lelah pun akan hilang dan tidak akan terlintas dipikiran kamu.

2. Taman Langit Gunung Banyak

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gunungbanyak

Destinasi yang juga sedang jadi incaran wisatawan di Kota Malang adalah Taman Langit Gunung Banyak. Tak hanya memiliki pemandangan indah dan udara sejuk, spot wisata yang satu ini bisa bikin kamu merasa seperti sedang berada di negeri dongeng. Mulai dari gerbang berbentuk malaikat dari akar pepohonan, hingga patung peri cantik dari kayu rotan,semuanya bisa kamu jumpai di Taman Langit. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa puas foto-foto di spot unik lain yang ada di Taman Langit.

Taman Langit juga memiliki fasilitas seperti warung makan, mushola, toilet, kamar mandi, dan gazebo. Jika kamu ingin menginap, kamu bisa bermalam di penginapan yang ada di area wisata Taman Langit.

3. Coban Putri

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@cobanputri

Coban Putri adalah destinasi wisata alam yang jadi favorit warga Malang dan sekitarnya. Konon katanya, air terjun ini pernah menjadi tempat pemandian Putri Ken Dedes dari Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Coban Putri.

Keindahan air terjun bertingkat di Coban Putri ini sangat ternama. Ketika berkunjung ke sini, kamu akan langsung disambut dengan gemuruh air pegunungan yang deras, jernih dan segar serta sejuknya udara bersih pegunungan.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto selfie di beberapa spot cantik yang tersedia di area Coban Putri. Kamu jangan lupa untuk membawa baju ganti supaya kamu bisa puas main air seharian.

4. Air Terjun Coban Rais

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@cobanrais

Wisata air terjun yang jadi spot liburan favorit warga Malang lainnya adalah Coban Rais. Di Air Terjun Coban Rais, kamu bisa melihat pemandangan indah pegunungan serta air terjun setinggi kurang lebih 20 meter yang berada di lereng Gunung Panderman.

Selain menikmati indahnya pemandangan di sekitar air terjun, kamu juga bisa bersantai di pinggir kolam sambil menghirup udara sejuk pegunungan yang dapat menenangkan pikiran. Air kolamnya sejuk dan
segar. Sebelum menikmati keindahan Coban Rais, kamu harus melewati jalan setapak di tengah hutan sejauh 7 km, dengan jarak tempuh 15 – 30 menit. Di tengah perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan belantara yang bikin rasa lelah karena perjalanan tidak terasa.

Setelah puas bermain di area Coban Rais, kamu bisa mampir ke beberapa objek wisata lain yang ada di dekat wisata air terjun ini. Beberapa spot yang tak boleh dilewatkan adalah Bukit Bulu, Rumah Hobbit,
dan Batu Flower Garden.

5. Goa Pinus

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@stonecityriders

Menikmati keindahan alam sambil menghirup udara sejuk paling tepat dilakukan di Goa Pinus. Suasana damai dan nyaman akan terasa begitu kamu datang ke area wisata ini. Deretan pohon pinus yang berjajar
rapi juga siap memanjakan mata dan menenangkan hati.

Nama Goa Pinus sendiri berasal karena adanya goa kecil yang ada di sekeliling hutan pinus, yang dahulu dijadikan lahan penambangan pasir. Gua sedalam 5 meter dengan ketinggian 1 meter ini menjadi ikon dan
daya tarik dari objek wisata ini.

Selagi kamu berwisata alam di sini jangan sampai kamu lupa untuk foto-foto ya. Kamu bisa menemukan banyak spot foto di sini. Bahkan, kamu bisa foto dengan latar pemandangan alam yang indah dan
instagramable.

6. Mata Air Sumber Sirah

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@yoiku_malang

Menikmati udara sejuk pegunungan sambil berendam bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Di Malang, kamu bisa mampir ke Wisata Mata Air Sumber Sirah yang menawarkan keindahan alam.

Mata Air yang berada di objek wisata ini adalah sumber air tawar alami yang berasal dari pegunungan. Saat sampai Mata Air Sumber Sirah, kamu akan disambut dengan telaga alam yang memiliki air luar biasa jernihnya. Kejernihan air yang ada di Mata Air Sumber Sirah ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Kejernihan sumber air ini membuat tanaman hijau serta ikan-ikan kecil yang ada di dalam telaga jadi terlihat dengan jelas.

Kamu bisa mengajak si kecil untuk bermain air di mata air ini karena Mata Air Sumber Sirah memiliki kedalaman yang berbeda, mulai dari 0,8-1,5 meter. Jadi si kecil bisa bermain air dengan aman.

7. Pantai Tiga Warna

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@pantaitigawarna

Selain terkenal karena pesona alam pegunungannya yang asri, Malang juga memiliki garis pantai dengan keindahan yang nggak kalah menakjubkan. Salah satu destinasi wisata pantai yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Tiga Warna.

Sesuai dengan namanya, pantai ini dikenal karena keindahan gradasi warna air lautnya. Dari warna biru tua, biru kehijauan, hingga putih kemerahan. Kombinasi warna indah ini lah yang menjadi daya tarik untuk pengunjung yang datang dan melihat langsung ke pantai ini.

Selain dapat melihat keindahan gradasi air laut yang unik, masih banyak aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Tiga Warna. Kamu bisa mencoba serunya snorkeling, berkunjung ke Clungup Mangrove Conservation (CMC), atau menikmati indahnya matahari terbenam.

8. Coban Talun

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@cobantalun

Kalau kamu berencana untuk berkunjung ke Malang di Malang bersama keluarga, Coban Talun bisa menjadi destinasi pilihan. Ketika kamu sampai di Coban Talun, kamu akan segera disapa oleh suara gemuruh air terjun yang jernih banget, sehingga bisa diminum saking jernihnya.

Untuk sampai ke air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini memang harus sedikit usaha. Kamu harus berjalan di antara rerimbunan hutan. Tapi tenang saja, selama menuju ke sini, kamu keindahan alam beserta dengan kicauan burung bernyanyi, serta udara yang sangat segar.

Masih berada di area Coban Talun, kamu bisa menemukan kebun bunga yang sangat cantik. Warna bunga-bunga yang cerah bisa bikin mood kamu naik lagi. Bahkan, orang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto prewedding.

Di sini juga ada penginapan untuk kamu yang berencana untuk tinggal lebih lama. Penginapan di sini terbilang cukup unik. Bentuk penginapannya terinspirasi dari sangkar burung merpati atau pagupon dalam bahasa Jawa.

9. Coban Rondo

wisata alam di Malang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@cobanrondomalang

Kalau kamu cari tempat wisata alam yang lengkap, Coban Rondo bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu. Selain keindahan alam, area wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai opsi aktivitas yang bisa kamu pilih.

Coban Rondo terkenal karena pesona indah air terjun setinggi 84 meter. Jernihnya air dan sejuknya udara pegunungan, membuat air terjun ini banyak dikunjungi oleh warga Malang untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Selain itu, kamu bisa mencoba aktivitas lainnya termasuk aktivitas yang menantang adrenalin kamu. Seperti river tubing, bermain paintball, atau aneka aktifitas outbond yang tersedia.