Brilio.net - Sejak munculnya pandemi Covid-19, liburan menjadi salah satu hal yang dirindukan. Terlebih ketika stress melanda karena tumpukan pekerjaan, menikmati liburan menjadi hal wajib dilakukan. Beruntungnya, setelah memasuki new normal, masyarakat dapat menikmati aktivitas biasa kendati tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bagi sebagian warga Jakarta yang masih belum berani bepergian dengan pesawat, mereka memilih untuk berlibur di daerah Jawa Barat yang hanya memakan waktu tempuh 2 hingga 3 jam perjalanan. Destinasi menarik pun banyak disuguhkan di tempat itu.

Namun taukah kamu, Jawa Barat tak melulu Bandung loh. Ada banyak destinasi wisata menarik juga di Subang. Meskipun tak populer seperti Bandung, namun Subang memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Terutama bagi kamu yang suka menjelajah alam.

Kali ini, brilio.net akan membagikan destinasi wisata di Subang yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau sahabat. Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (10/11).

1. Pemandian Air Panas Ciater

Loading...

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@agussaurus

Bagi kamu yang ingin menikmati sensasi berendam di air panas dengan suasana pegunungan. Tempat ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa langsung berendam di air panas yang berasa dari lereng Gunung Tangkuban Perahu.

Tak perlu khawatir bila kamu tak ingin mandi di kolam yang bercampur dengan pengunjung lain. Kamu bisa menikmatinya di dalam kamar mandi loh. Tak perlu takut kepanasan, karena cuaca di Ciater sendiri terbilang cukup sejuk jadi kamu akan menikmati mandi air panas di udara sejuk. Seru banget kan.

2. Tangkuban Perahu

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@twa_tangkubanperahu

Destinasi wisata Tangkuban Perahu memang sudah cukup lama jadi daya tarik wisatawan untuk menikmati liburan. Meskipun masih masuk dalam kawasan Bandung Barat, namun wilayah ini yang paling dekat dengan Subang.

Destinasi wisata yang sangat lekat dengan cerita rakyat Sangkuriang ini memiliki panorama yang begitu indah. Terdapat beberapa kawah yang terdapat di Tangkuban Perahu yang tentu saja memiliki keindahan alam yang luar biasa.

3. Curug Pandawa 5

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nduh_duh

Bagi kamu yang hobi eksplor alam, kamu bisa mengunjungi Curug Pandawa 5. Meskipun jalannya cukup jauh dari area pintu masuk, namun semua akan terbayar dengan suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah.

4. Desa Wisata Sari Bunihayu

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@subangstory

Destinasi wisata satu ini menyuguhkan pedesaan khas Sunda dengan kearifan lokalnya yang begitu kental. Berada di kawasan pegunungan, desa ini begitu sejuk. Selain disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih asri, pengunjung juga akan diajak untuk bercocok tanam di sawah. Cocok untuk liburan bersama keluarga.

5. Desa Wisata Tirta Alam

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tirta_alam_cibinong_subang

Selain Desa Wisata Sari Bunihayu, Subang juga punya Desa Wisata Tirta Alam. Berada di kawasan Sagalaherang tempat ini rupanya sudah cukup popular di kalangan masyarakat. Tempat ini menyuguhkan wisata air yang beragam. Meskipun konsepnya kolam renang, namun suasana yang disuguhkan pemandangan alam perbukitan. Beberapa penginapan juga tersedia di tempat itu.

6. Hutan Kota Ranggawulung

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@teguh.rhyu

Bagi kamu yang hobi menjelajah alam, datang ke Hutan Kota Ranggawulung jadi pilihan yang tepat. Seperti namanya, tempat ini berada di tengah kota. Kendati demikian, hutan kota ini menawarkan berbagai keragaman flora cocok untuk wisatawan yang mengajak anak untuk belajar berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Terdapat beberapa hewan juga yang hidup lepas di area ini.

7. Situs Nyi Subang Larang

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gmer.community

Situs peninggalan sejarah memang selalu menarik untuk di jelajahi. Berkunjung ke Subang wajib mengunjungi tempat ini. Situs Nyi Subang Larang merupakan situs bersejarah peninggalan masa kerajaan Pajajaran. Datang ke tempat ini kamu akan menemukan banyak benda-benda bersejarah terutama peninggalan Nyi Subang Larang, istri dari Prabu Siliwangi.

8. Peternakan Buaya

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@didaadli

Di Subang sendiri tak melulu wisata yang seru, tapi ada juga yang menegangkan. Kamu bisa mencoba pengalaman menarik dengan berkunjung ke Peternakan Buaya. Berada di wilayah Kabupaten Subang bagian utara tepatnya di jalur Pantura, kamu bisa melihat berbagai atraksi buaya. Selain itu kamu juga bisa ikut memberi makan buaya loh. Tak perlu khawatir, selama di peternakan buaya kamu akan terus diawasi oleh pawangnya yang sudah berpengalaman.

9. Perkebunan Teh Ciater

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@sukka_greentea

Berjalanan ke area perkebunan teh jadi hal yang menarik. Kamu juga bisa mencari ketenangan dari hiruk pikuk Ibu Kota. Selain menjelajah perkebunan teh, tedapat kegiatan tea break yang bisa kamu ikuti. Di sana kamu bisa melihat proses pembuatan teh hingga mencoba minum teh di perkebunan. Wah asyik banget yah.

10. Wisata Kebugaran

destinasi wisata di Subang © 2020 brilio.net

foto: dokumentasi pribadi

Setelah lelah seharian berkeliling Kota Subang, waktu yang tepat untuk membuat tubuh kembali relax sebelum kembali beraktivitas. Kamu bisa menikmati wisata kebugaran di Subang loh.

Tempat spa bernama Martha Tilaar Express Subang ini menawarkan suasana yang berbeda. Pengunjung bisa menikmati spa dengan pemandangan alam persawahan yang tentu saja membuat pikiran lebih tenang.

Owner Martha Tilaar Express Subang Citra Dewi, mengatakan berawal dari kecintaanya terhadap spa namun jarang ia menemui di Kota Subang, akhirnya ia membuat tempat spa di kota kelahirannya. Tak hanya spa, pengunjung juga dapat menikmati perawatan tubuh lainnya dari ujung rambut hingga ujung kaki.

"Kita buka salon dan spa ini tentunya untuk membuat para perempuan di Kota Subang lebih memperhatikan penampilannya," ujarnya kepada Brilio.net baru-baru ini.

Mengusung konsep interior modern dan lifestyle spa ini, Martha Tilaar Spa Express tetap kental akan budaya Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas 2 Salon, 1 ruangan VIP untuk Body Treatment, 2 Bed Body Treatment 4 Bed Facial, 5 kursi Reflexy, dan juga Jamu Bar yang disiapkan untuk pengunjung menikmati minuman jahe hangat setelah melakukan perawatan.