Brilio.net - Bali terkenal dengan berbagai spot wisata kelas dunia. Baru-baru ini, pulau Nusa Penida yang ada di dekat Bali mencuri perhatian karena spot berfoto yang bak di surga. Dari selebgram hingga artis pernah liburan di sini. Tak heran, turis dari mancanegara mulai berdatangan untuk menikmati keindahan pulau cantik ini.

Sayang indahnya Nusa Penida malah menjadi pengalaman buruk bagi turis asing yang satu ini. Turis bernama Siobhán Mac Court ini mengunggah kondisi Nusa Peninda di Instagram yang penuh dengan sampah dan koral mati. Siobhán merasa terkejut karena realitanya berbeda dengan ulasan pulau Nusa Penida di internet.

"Saya sudah melihat review dan foto bagus tentang pulau ini. Tapi apa yang kulihat dan rasakan sangat jauh dari kesan bintang lima yang ada digemborkan," tulis turis asal Irlandia ini dari akun Instagramnya. 

Turis asing sampah nusa penida © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@siobhan_mac_court

Loading...

Postingannya berisi 10 foto dan video yang mendokumentasikan pengalamannya di Nusa Peninda. Foto pertama terlihat indah dengan pemandangan air laut yang masuk melalui celah tebing. "Foto pertama ini memang indah dan tanpa editan," tegasnya dalam postingan tersebut.

Turis asing sampah nusa penida © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@siobhan_mac_court

Foto-foto berikutnya menggambarkan sisi lain dari pulau Nusa Penida. Sampah-sampah terlihat berserakan. Siobhán juga mengeluhkan tentang ketersediaan tempat sampah selama trekking di pulau tersebut. Takut mengotori lingkungan, Siobhán akhirnya membawa sampahnya sendiri hingga saatnya pulang ke Bali.

"Satu-satunya barang yang aku bawa hanya sekaleng soda Coke Zero, dan akhirnya aku masukkan ke tas untuk dibuang ke tempat sampah saat sudah kembali ke Bali," tulisnya.

Turis asing sampah nusa penida © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@siobhan_mac_court

Tak hanya sampah, koral-koral di Nusa Peninda juga menjadi perhatian Siobhán. Menurutnya saat arus surut, ia harus melewati koral yang sekarat, hancur, dan rusak,

"Yang lain mungkin tak setuju, tapi saya hanya memberikan opini sejujur-jujurnya," tutupnya dalam postingan tersebut.