Brilio.net - Nusa Tenggara Timur memang selalu berhasil memanjakan mata para wisatawan. Pasalnya daerah tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari gugusan pulau-pulaunya yang cantik, keindahan pantai di atas maupun di kedalaman, dan juga suasana pedesaan di pegunungan yang jarang tersentuh.

Setiap daerah memiliki cara sendiri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah dengan membuat program wisata yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Seperti halnya yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menggandeng komunitas motor Dualsport Adventure Indonesia menyelenggarakan touring keliling Pulau Flores bertajuk Molas Trip pada Desember 2020.

Molas Trip diambil dari bahasa Suku Manggarai, Molas berarti cantik atau panggilan untuk anak perempuan yang cantik. Sebutan ini lazim digunakan sehari-hari oleh Suku Manggarai yang mendiami wilayah barat Pulau Flores. Sedangkan Molas Trip sendiri berarti sebuah perjalanan cantik” atau melihat yang indah-indah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I, Vincent Jemadu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik karena akan menjadikan Flores sebagai destinasi utama wisata bermotor di Indonesia.

"Flores punya segalanya, mulai dari Komodo sampai Kelimutu, keramahan masyarakat sampai tradisional budaya yang unik, serta lansekap yang membuat jalananya berkelok-kelok yang sangat cocok untuk wisata turing motor," ujar Vincent saat konfrensi pers virtual, kemarin.

Vincent juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam menciptakan akftivitas wisata baru di Mainland (Flores), agar wisatawan tidak hanya terkonsentrasi di Taman Nasional Komodo.

"Ya, seharusnya Flores itu menyediakan banyak pilihan aktivitas wisata. Semakin banyak aktivitas wisata, maka akan semakin baik bagi ekonomi masyarakat Flores dan turut mengurangi beban daya dukung di Taman Nasional Komodo. Jadi wisatawan itu terdistribusi dan menyebar keseluruh Flores," tambahnya.

Nantinya, wisatawan akan diajak berkeliling Pulau Flores untuk melihat keindahan alamnya yang tak bisa ditemui di kota-kota besar. Berikut destinasi wisata yang akan wisatawan dapatkan saat touring di Pulau Flores, Minggu (6/12).

1. Labuan Bajo

Destinasi menarik di flores © 2020 brilio.net

foto: brilio.net/syifa fauziah

Seperti kita tahu bahwa Labuan Bajo salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu hal yang menarik dari Labuan Bajo adalah melihat hewan langka yaitu Komodo. Namun Labuan Bajo tak hanya ada Komodo, wisatwan juga bisa touring dengan motor untuk melihat keindahan alam Labuan Bajo. Jalannya yang beraspal dan suasananya yang tenang menjadi daya tarik tersendiri.

2. Ruteng

Destinasi menarik di flores © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ricky_jalanjalan

Ruteng dikenal sebagai daerah seribu biara. Untuk sejarah dari tempat ini cukup banyak. Selain itu, keindahan sepanjang perjalananpun bisa dinikmati. Ruteng memiliki jalur berbelok seperti ular dan medannya terbilang cukup ekstrem. Selain itu kontur jalan yang menanjak menikung tajam lalu menurun ini bisa jadi sensasu tersendiri bagi para wisatawan yang akan touring.

3. Aimere

Destinasi menarik di flores © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rosicky_dirk

Nantinya para wisatawan yang akan berkendara motor akan diajak melewati Desa Aimere. Di tempat ini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan laut pasir putih selama perjalanan.

4. Bajawa

Destinasi menarik di flores © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@idoh_89

Keindahan Bajawa juga tedapat pada alamnya. Selain itu wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Pemandian Air Panas Mangeruda dan Air Terjun Ogi.

5. Ende

Destinasi menarik di flores © 2020 brilio.net

foto: Kemenparekraf

Ende merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Berada di pesisir selatan ini ternyata menyuguhkan berbagai tempat wisata indah. Mulai dari alam perbukitan hingga lautnya. Tempat ini pasti jadi salah satu favorit para pecinta touring karena jalanannya yang menguji adrenalin.

6. Kelimutu

Destinasi menarik di flores © 2020 brilio.net

foto: Kemenparekraf

Saat berkeliling Pulau Flores, hal yang tak boleh dilewatkan adalah mengunjungi Dalau Kelimutu. Kamu akan disajikan pemandangan danau yang begitu indah. Saat pagi hari kamu bisa melihat sunrise dari tempat ini. Selain ke destinasi wisata di atas rute lain yang akan disuguhkan adalah Flores bagian utara untuk eksplorasi jalan-jalan di Kota Mbay, Riung, Pota, Reo dan ke Labuan Bajo melalui Rego.

Rute-rute tersebut tidak semua memiliki aspal yang baik. Untuk itu diperlukan kendaraan khusus, motor dengan tipe dual purpose atau dualsport, yaitu campuran antara touring aspal dan semi offroad.

Ketua Umum Dualsport Adventure Indonesia, Sadam Ghifar mengatakan bahwa flores itu sangat cocok jika di eksplore dengan motor dualsport, bagian selatan dengan aspal bagus, sedangkan bagian utara jalannya masih cenderung rusak.

"Kami sangat bangga bisa terlibat pada kegiatan ini, karena kami dapat berkontribusi pada pada pengembangan pariwisata Indonesia. Semoga kegiatan ini berjalan lancer tanpa suatu kendala apapun," ujar Sadam Sadam.

(brl/lea)