Brilio.net - Bali tersohor dengan wisata pantainya yang menawan. Pasir putih dengan pemandangan sunrise dan sunset indah siap memikat siapa pun yang datang ke Pulau Dewata. Namun siapa sangka, selain keindahan pantainya, Bali juga menyimpan aneka destinasi agrowisata yang cocok dinikmati bersama keluarga.

Jauh dari keramaian, deretan agrowisata Bali di bawah ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan sejuk. Udara segar di sini akan jadi penawar mujarab bagi lelah karena kesibukan pekerjaan sehari-hari. Tentunya, agrowisata Bali sangat ramah untuk keluarga yang ingin berlibur tenang, jauh dari hiruk-pikuk kota yang bikin sumpek.

Selain menikmati pemandangan alam yang masih segar, keluarga juga bisa belajar banyak tentang proses bercocok tanam khas Bali. Bermain sambil belajar bersama si kecil di sini pasti sangat menyenangkan. Mulai dari proses pembuatan kopi, outbond, dan wisata kuliner siap menyambutmu bersama keluarga di destinasi yang menunjukkan keindahan #DiIndonesiaAja ini.

Berlibur dengan keluarga di agrowisata Bali akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Selain bermain sepuasnya di lingkungan menyehatkan, kamu dan keluarga bisa belajar banyak tentang alam di sini. Siapkan catatan dan mulai membuat itinerary, berikut deretan agrowisata Bali yang cocok untuk keluarga seperti dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/11).

1. Tegalalang rice terrace.

Jauh dari keramaian, 5 spot agrowisata Bali ini cocok untuk keluarga berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tegalalang rice terrace terkenal dengan teknik menanam terasering. Metode ini memungkinkan petani menanam padi di medan sulit seperti perbukitan. Hasilnya, tatanan sawah tampak anggun mengikuti kontur tanah. Hamparan sawah berundak dan angin segar akan menyambutmu dan keluarga ketika pertama menjejakkan kaki di sini.

Destinasi ini terletak di Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Dibuka 24 jam, kamu tak perlu merogoh kocek alias gratis untuk masuk ke sini. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu bisa mencari travel, bus pariwisata, atau moda transportasi lain untuk menuju spot ini dalam satu setengah jam. Jika dari Denpasar, kamu bisa mencapai Tegalalang rice terrace dalam waktu setengah jam saja.

Jangan lewatkan wisata kuliner khas Bali dengan pemandangan sawah berundak di Tegalalang rice terrace. Jangan lupa juga berkunjung ke cafe untuk menikmati secangkir kopi luwak asli langsung dari sumbernya. Pastikan kamu memakai alas kaki nyaman seperti sepatu tebal, agar tak selip saat menjelajahi deretan sawah terasering menawan.

2. Alas Harum Agrotourism.

Jauh dari keramaian, 5 spot agrowisata Bali ini cocok untuk keluarga berbagai sumber

foto: alasharum.com

Masih di Tegalalang, Alas Harum Agrotourism menawarkan aneka spot foto yang tak akan terlupakan untuk keluarga. Deretan spot foto tersebut juga memiliki tema khusus yang menarik loh. Tema tersebut meliputi Dancing Bridge, Bird Nest, dan Gorilla. Ada juga tema unik lain seperti Glass Flooring, di mana kamu bisa berfoto di atas lantai kaca yang menawan dengan latar hamparan sawah terasering.

Alas Harum Agrotourism terkenal dengan kopinya yang lezat. Nggak hanya minum kopi, keluarga akan diajak mengikuti proses pembuatannya dari awal hingga diseduh siap diseruput. Kamu juga bisa berburu aneka kopi langka untuk dinikmati di rumah. Tersedia juga menu tasting coffee untuk kamu yang ingin mencicipi kopi dari seluruh dunia.

Banyak juga aktivitas ramah keluarga seperti flying fox, sky bike, dan masih banyak lagi. Untuk yang ingin menguji nyali, ada super extreme swing yang membuaimu menikmati ayunan dari ketinggian 25 meter. Pemandangan asri sawah dipadu dengan terpacunya adrenalin pasti bikin kamu penasaran. Semua sensasi liburan menikmati quality time bersama keluarga di Alas Harum Agrotourism pasti tak akan terlupakan.

3. Kebun Raya Bedugul.

Jauh dari keramaian, 5 spot agrowisata Bali ini cocok untuk keluarga berbagai sumber

foto: shutterstock.com 

Kamu dan keluarga bisa menikmati secuil kekayaan nabati Indonesia di Kebun Raya Bedugul. Destinasi yang terletak di Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ini menyimpan aneka tanaman langka dari seluruh Tanah Air. Untuk masuk ke destinasi agrowisata ini, kamu cukup membayar Rp 9.000 saja. Tiket bisa dibeli online di laman resminya. Jadi tak perlu lagi mengantre di lokasi.

Awalnya, kebun raya ini ditujukan untuk konservasi tumbuhan berdaun jarum (Gymnospermae), tapi sekarang sudah mempunyai aneka koleksi tanaman pegunungan tropika kawasan timur Indonesia. Suhu sejuk di kisaran 17-25 derajat Celcius di Kebun Raya Bedugul akan siap menyegarkanmu dan keluarga saat berkunjung ke destinasi ini. Jangan lupa membawa pakaian hangat, ya!

4. Bali Strawberry Farm & Restaurant.

Jauh dari keramaian, 5 spot agrowisata Bali ini cocok untuk keluarga berbagai sumber

foto: Instagram/@balistrawberrybedugul

Berlibur menikmati agrowisata di Bali tak akan lengkap jika tak berkunjung ke Bali Strawberry Farm & Restaurant. Destinasi kebun buah yang terletak di Jalan Raya Bedugul, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ini sangat cocok untuk keluarga. Si kecil bisa belajar proses cocok tanaman buah strawberry dari awal ditanam hingga siap panen. Keluarga juga bisa memetik buah strawberry langsung dari tanamannya, loh.

Nggak hanya itu, keluarga juga bisa menikmati aneka kuliner dari strawberry. Uniknya, ada strawberry pizza yang punya cita rasa legit. Bikin penasaran, kamu pasti terkejut dengan rasanya. Tenang, aneka olahan strawberry lain juga tersedia di kompleks kebun strawberry ini, seperti strawberry milkshake, strawberry cake, dan lain-lain.

Pemandangan di sini juga sangat menawan. Keluarga akan disuguhi deretan perbukitan hijau dari atas ketinggian. Banyak sekali spot foto menarik di Bali Strawberry Farm & Restaurant. Sekalinya berkunjung ke sini, kamu dan keluarga pasti enggan buru-buru pulang, deh!

5. Ladang bunga gemitir (Marigold) Desa Temukus.

Jauh dari keramaian, 5 spot agrowisata Bali ini cocok untuk keluarga berbagai sumber

foto ilustrasi: shutterstock.com

Biar tak bosan dengan pemandangan sawah mulu, yuk main ke ladang bunga gemitir (Marigold) di Desa Temukus. Destinasi agrowisata ini sangat populer karena kamu bisa menikmati aneka bunga dengan warna cerah di satu lokasi yang luas. Pada saatnya mekar, hamparan bunga gemitir siap memanjakan matamu dan keluarga.

Desa Temukus terletak di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali. Untuk mencapai destinasi agrowisata ini, kamu bisa berkendara kurang lebih 2,5 jam dari Denpasar. Jalannya sudah bagus, tak perlu takut melewati medan berat saat berkunjung ke agrowisata ini bersama keluarga.

Sesampainya di Desa Temukus, kamu bisa bebas menyusuri deretan ladang bunga yang terletak di desa ini. Hirup aroma wangi dari bunga gemitir dan hilangkan penat yang sudah memuncak. Berfoto bersama keluarga di tengah hamparan bunga gemitir akan jadi memori paling indah selama liburan di Pulau Dewata.

Selama berlibur menikmati agrowisata, pastikan selalu menjaga kesehatan keluarga dengan protokol kesehatan yang ketat. Hindari kerumunan dan selalu pakai masker ketika berada di luar. Beri pengertian tentang Covid-19 kepada si kecil, agar siap siaga. Ketika memasuki destinasi wisata, jangan lupa mencuci tangan. Pastikan juga membawa hand sanitizer jika tak ada tempat cuci di dekatmu.

Berlibur bersama keluarga di Bali pasti sangat menyenangkan. Selain menyegarkan pikiran, menjelajahi agrowisata di Pulau Dewata juga bisa menambah ilmu bagi si kecil. Tak perlu jalan-jalan ke luar negeri, #DiIndonesiaAja menyimpan banyak sekali destinasi ramah keluarga yang menarik dieksplor.

Jelajahi #WonderfulIndonesia bersama keluarga dengan menikmati aneka wisata kuliner, wisata alam, dan aneka destinasi menarik lain. Cari referensi terupdate dan lengkap di sini. Ada banyak informasi menarik sebagai inspirasimu traveling #DiIndonesiaAja. Nikmati semua sudut Indonesia bersama keluarga sekarang juga!

(brl/tin)