Brilio.net - Setelah melakukan segala aktivitas di rumah selama lebih dari empat bulan, masyarakat tentu merindukan liburan. Ya, Biasanya liburan sudah menjadi agenda wajib bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Namun, munculnya Covid-19 ini mengharuskan masyarakat untuk menahan hasrat berlibur.

Memasuki era new normal sekarang ini, pemerintah sudah mulai membuka kembali beberapa destinasi wisata. Namun masih banyak masyarakat yang belum berani untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

Untuk membuat pikiran tetap fresh setelah berdiam diri di rumah berbulan-bulan, masyarakat mencari alternatif untuk tetap bisa menikmati liburan dengan staycation di dalam kota. Cara ini menjadi gaya baru masyarakat menikmati liburan di tengah pandemi.

Namun, saat staycation banyak yang harus kamu persiapkan terutama dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. Kali ini brilio.net akan membagikan tips aman staycation di tengah pandemi virus corona. Berikut ulasannya seperti dilansir dari TravelandLeasure, Selasa (28/7).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Pilih tujuan hotel.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Sebelum memutuskan menginap, pilih lokasi hotel dengan benar. Jangan pilih hotel yang menjadi zona merah penyebaran virus corona karena sangat berbahaya. Apalagi kalau kamu berinteraksi dengan orang yang ada di tempat itu, pastinya risiko penularan sangat besar.

2. Pilih hotel yang sudah meningkatkan layanan protokol kesehatan.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Untuk tetap bisa aman staycation di tengah pandemi, saat ini sudah banyak hotel yang memperketat sistem pengecekan saat akan masuk ke dalam hotel. Mulai dari pengecekkan suhu, para staff menggunakan alat perlindungan diri, hingga kebersihan di area hotel.

3. Pastikan hotel selalu siaga dengan segala kemungkinan.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Maksudnya adalah ketika ada tamu yang sakit, pihak hotel sudah harus tahu apa yang harus dilakukan sehingga tidak menimbulkan kecemasan pada tamu hotel yang lain.

4. Gunakan masker dan jauhi kerumunan.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Selama di luar rumah, pastikan kamu menggunakan masker, lepas masker ketika sedang makan saja. Ketika kamu berada di hotel yang ramai pengunjung, pastikan tidak mendekati kerumunan. Jaga jarak fisik adalah cara terbaik melindungi diri.

5. Minta kamar yang lama kosong.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Beruntung bila kamu mencari hotel yang tidak terlalu ramai. Kamu bisa memilih kamar yang lama kosong untuk menghindari penyebaran virus dari tamu sebelumnya. Paling tidak minta kamar yang kosong selama tiga hari.

6. Besihkan area kamar.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Sebelum menyentuh barang yang ada di kamar, pastikan kamu membersihakan dahulu seluruh isi kamar. Terutama pada barang yang sering disentuh seperti meja, remote TV, gelas, lampu, pintu, kamar mandi, meja, dan lainnya.

7. Buka jendela untuk tetap bisa mendapatkan udara segar.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Di beberapa hotel, tersedia kamar yang memiliki balkon. Kalau kamu mendapat kamar yang ada balkonnya, pastikan pintu kaca dibuka, terutama saat pagi hari untuk tetap mendapat udara segar. Selain itu juga agar sirkulasi udara di area kamar tetap bagus.

8. Pastikan tidak menggunakan layanan staff hotel.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Terkadang kita meminta bantuan saat ada masalah di kamar atau untuk membersihkan kamar. Untuk saat ini coba kurangi meminta bantuan staff demi mengurangi jumlah orang yang masuk ke kamar.

9. Pesan makanan di kamar.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Untuk mengurangi kontak langsung dengan banyak orang, cara aman yang bisa dilakukan ketika ingin makan adalah memesan makanan dan makan di kamar. Patikan juga staff yang mengantar makanan mengenakan alat perlindungan diri agar kehigienisan makanan juga tetap terjaga.

10. Hindari fasilitas hotel bersama.

Tips aman staycation © 2020 brilio.net

Hal menyenangkan ketika menginap di hotel adalah bisa berenang atau olahraga gym. Namun untuk saat ini hindari fasilitas hotel tersebut. Ketika kamu menggunakan gym, pastinya kamu tidak menggunakan masker, itu bisa menimbulkan risiko penyebaran virus. Selain itu berenang dalam satu kolam juga bisa memicu kontak langsung dengan tamu hotel yang lain dan tentunya sangat berbahaya.

(brl/pep)