Brilio.net - Akhir tahun umumnya dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur bersama keluarga atau orang terdekat. Bagi anak muda yang juga seorang biker, sepeda motor menjadi moda transportasi yang praktis untuk digunakan menemani mobilitas selama liburan.

Nah biasanya arus lalu lintas selama liburan bakal cenderung lebih padat. Karena itu sangat penting bagi pengendara sepeda motor untuk semakin berhati-hati selama berkendara selama liburan.

“Liburan akhir tahun seringkali dimanfaatkan para pengendara sepeda motor untuk melakukan perjalanan jarak jauh, bersama keluarga atau kerabat terdekat,” ujar Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).   

Agar mobilitas kamu selama liburan agar tetap nyaman dan aman, berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk mendukung kualitas perjalanan menggunakan sepeda motor.

1. Pastikan kondisi kamu sehat ya

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Berkendara sepeda motor membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat dikarenakan akan bersentuhan langsung dengan udara panas atau dingin. Beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan hindari begadang sebelum melakukan perjalanan panjang.

2. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Cek kondisi rem, rantai, aki, oli, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, terutama pengecekan lampu depan, rem, belakang, dan sein. Jika akan berpergian jarak jauh, disarankan melakukan pengecekan di bengkel resmi terpercaya.

3. Gunakan perlengkapan wajib berkendara

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Kamu wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai standar untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan dalam menghadapi beragam cuaca saat berkendara , seperti jaket, sarung tangan, helm bervisor bening, dan sepatu tertutup. Kamu juga disarankan membawa perlengkapan berkendara cadangan seperti jas hujan setelan dan sepatu karet.