4. Pahami rute dan estimasi waktu berkendara

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Kamu disarankan memahami rute yang akan dilalui dan estimasi waktu berkendara sehingga dapat mempersiapkan kebutuhan saat berkendara, mulai dari membawa minuman, cemilan, dan tempat singgah untuk istirahat.

5. Bawa barang sesuai kapasitas sepeda motor

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Kamu disarankan membawa barang seperlunya yang menjadi prioritas menyesuaikan kapasitas sepeda motor, terutama saat berkendara bersama keluarga atau kerabat tentunya akan banyak barang yang dibawa. Kamu  dapat menggunakan sepeda motor dengan bagasi luas serta memanfaatkan double hook atau gantungan barang ganda yang ada pada sepeda motor.

6. Manfaatkan fitur pada sepeda motor untuk kebutuhan darurat

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Jika berpergian ke tempat wisata baru, seringkali pengendara membutuhkan arahan rute yang perlu dilalui. Kamu dapat melakukan pengecekan rute pada smartphone secara berkala tanpa perlu khawatir kehabisan baterai dengan memanfaatkan fitur electric power socket.

7. Meninggalkan sepeda motor selama liburan, perhatikan beberapa hal ini

7 Tips berkendara saat liburan © 2022 brilio.net

Nah jika kamu memilih moda transportasi lain dan harus meninggalkan sepeda motor dalam kurun waktu yang lama, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal ini. Jangan lupa untuk mencabut kabel negatif baterai, agar tidak ada arus yang terbuang.

Sebelum pergi sebaiknya kamu menyuci sepeda motor, dengan begitu kondisi motor kamu akan tetap bersih. Sebaiknya kamu mengganti oli mesin, karena jika tidak diganti maka kotoran pada oli akan turun dan mengendap di dasar mesin.

Jangan lupa juga untuk melumasi komponen yang sering bergerak, seperti lengan ayun, rantai, mounting, dan lainnya supaya mencegah terjadinya karat. Sebaiknya sepeda motor kesayangan kamu diletakkan di dalam ruangan atau pada tempat yang tidak terkena panas dan hujan. Disarankan memakai sarung motor sehingga motor tidak kotor.