×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran

Di balik terjalnya jalan dan rute berkelok-kelok menyimpan tempat wisata menakjubkan.

(brl/tin)

05 / 04 / 2018

Brilio.net - Camping menjadi salah satu alternatif refreshing melepas penat dari segala kegiatan sehari-hari. Selain bisa menyegarkan pikiran, kegiatan ini juga bisa membuatmu lebih dekat dengan alam. Apalagi Indonesia dikenal memiliki 1001 objek wisata area camping yang indah, sangat cocok buat liburan sambil menikmati suasana alam sejuk dan asri.

Sayangnya, tak sedikit tempat camping tersebut terletak di area yang sulit dijangkau sehingga memaksamu blusukan. Namun seringkali di balik terjalnya jalan dan rute yang berkelok-kelok tersebut menyimpan tempat wisata dengan pemandangan menakjubkan.

Bukan saja keindahan yang ditawarkan di area camping, proses perjalanannya juga bakal menjadi momen mengasyikkan. Apalagi jika medan menuju area tersebut cukup sulit dan menantang, butuh kewaspadaan dan koordinasi dengan rekan seperjalananmu. Kebersamaan ini pasti bakal membekas sampai kapan pun.

Nah, berikut 10 spot camping di Tanah Air dengan rute menawan yang cocok buat segarkan pikiran sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/4).

1. Situ Gunung, Sukabumi.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: muthiafina.blogspot.co.id

Situ Gunung adalah danau yang berada di ketinggian sekitar 850 mdpl kaki gunung Gede Pangrango, Sukabumi. Tepatnya sekitar 16 km dari pusat Kota Sukabumi. Danau Situ Gunung ini masih dikelilingi hutan pinus yang lebat. Area Camping Ground di Situ Gunung pun banyak dan luas. Cocok untuk camping ramai-ramai.

Jalur menuju Danau Situ Gunung relatif landai, dan mudah dicapai dengan kendaraan. Meskipun beberapa titik akan terdapat sejumlah jalan menanjak, keadaan itu tidak menjadi halangan berarti dan menjadikan momen perjalananmu semakin asyik. Selepas sampai di pintu masuk area wisata Situ Gunung, hati-hati kalau mau membawa motormu hingga ke sisi danau. Sebab, jalanan menuju pinggir danau mayoritas masih berbatu dengan turunan tajam dan tanjakan terjal saat hendak kembali naik ke arah pintu masuk.

2. Pantai Sanglen, Jogja.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: jejakpiknik.com

Pantai Sanglen terletak di Dusun Kelor, Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul. Lokasinya sekitar 70 km dari pusat Kota Jogja atau dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam mengendarai kendaraan pribadi. Meski letaknya berdekatan dengan Pantai Watu Kodok yang sudah terkenal, pantai ini belum banyak diketahui orang, jadi sangat cocok buat camping.

Selain menawarkan pemandangan indah, pantai ini juga cocok buat kamu yang suka touring. Akses jalan menuju Pantai Sanglen ini cukup menantang. Jalan menuju ke pantainya belum diaspal, masih cor blok. Apalagi jalannya cukup sempit sehingga kamu harus berhati-hati dan bergantian jika ada mobil lain lewat dari arah berlawanan. Untuk mencapai pantai ini, kamu juga perlu menuruni bukit terlebih dahulu.

3. Pinus Taman Dayu, Pasuruan.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: indonesia.tripcanvas.co

Camping di The Pines Taman Dayu, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur merupakan alternatif liburan di tengah alam terbuka dengan suasana hutan pinus yang indah. Apalagi akses menuju kawasan ini akan memacu adrenalinmu dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok.

Perjalanan menuju The Pines dari Gerbang Taman Dayu Kabupaten Pasuruan cukup jauh. Namun tidak perlu khawatir karena kamu akan disejukkan oleh pemandangan sekitar yang indah. Hal menyenangkan lainnya, area ini menyediakan beberapa pilihan tempat menginap. Ada rumah kayu, rumah pohon, dan tenda lho.

4. Dataran Tinggi Dieng.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: dieng.co

Dieng merupakan destinasi wisata alam yang sangat populer dan tergolong destinasi wisata alam favorit di Indonesia. Dataran Tinggi Dieng, berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, merupakan daerah pegunungan dengan banyak bukit kecil yang mengitarinya.

Tempat ini menjadi surga bagi penikmat alam karena Dieng menawarkan 1001 pemandangan langka. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan tersebut, kamu harus melewati jalanan menanjak dan berkelok. Kondisi yang disukai oleh biker buat touring ramai-ramai.

5. Pantai Nyangnyang, Bali.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: edededan.com

Pantai ini terletak di Bali Selatan, yakni di desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini dikenal masih perawan dengan kondisi alam yang benar-benar masih asli dan alami. Keindahan ini tersembunyi di balik bukit yang tinggi, sehingga untuk bisa sampai ke lokasi harus menempuh perjalanan yang terjal. Jalanannya berbatu kapur yang terjal. Menuju pantai ini benar-benar suatu petualangan yang mengasyikkan.

Keindahan pantai yang masih sepi, tenang, dan bersih ini bisa dinikmati dengan berkemah. Dari bukit, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang biru nan indah. Pantai Nyangnyang juga dinobatkan oleh CNN Travel Internasional sebagai salah satu pantai terbaik di dunia dan wajib dikunjungi tahun 2018 lho.

6. Bumi Perkemahan Sibolangit di Berastagi, Sumatera Utara.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: Instagram/@ pramuka_gajah_mada_binjai

Bumi Perkemahan Sibolangit di Berastagi, Sumatera Utara ini memiliki lapangan yang berbukit-bukit dan berada di kaki Gunung Sibayak. Area ini cocok jadi tempat wisata buat kamu yang menyukai tantangan hidup di alam.

Camping di tengah alam, diselimuti sejuknya udara Berastagi dan pemandangan bukit serta pohon pinus menjadi momen yang tak terlupakan. Kendati akses ke area ini sudah bagus, biker diimbau selalu berhati-hati karena banyaknya tikungan. Selain itu, kamu juga bisa singgah di beberapa objek wisata yang ada di sekitar Sibolangit.

7. Tanjung Ringgit, Lombok.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: gites.fr

Terletak di ujung Tenggara Pulau Lombok, Tanjung Ringgit menyuguhkan petualangan serta pemandangan sempurna. Berada di wilayah Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Tanjung Ringgit terpisah sejauh 85 km dari Kota Mataram. Laut yang berada di bawah tebing menawarkan keindahan warna yang memikat mata. Di balik airnya yang hijau kebiruan dan jernih, kamu bisa melihat deretan terumbu karang dari puncak tebing.

Kondisi geografis wilayah Lombok Timur umumnya berbukit dan bertebing kars. Demikian juga dengan Tanjung Ringgit ini. Di sini kamu akan menemui deretan tebing kars yang terbentang panjang dan berkelok-kelok. Disarankan berhati-hati karena jalan setapaknya terjal dan berbahaya. Namun untuk kamu yang berjiwa petualang, mencapai area ini akan memberikan sensasi adrenalin yang mengasyikkan.

8. Pantai Banyu Anjlok, Malang.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: berdesa.com

Pantai Banyu Anjlok ini memiliki keindahan yang unik yaitu air terjun berpadu dengan pantai. Pantai ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur. Untuk sampai di pantai ini membutuhkan waktu lebih kurang 3-4 jam dari pusat Kota Malang.

Untuk menuju pantai ini perlu sedikit perjuangan dan kamu harus mempersiapkan kendaraan dengan baik. Akses jalannya cukup jauh dan berkelok-kelok, naik turun bukit, dan terjal. Tapi tenang, sesampainya di Pantai Banyu Anjlok ini kamu akan dibuat takjub dengan keindahannya.

9. Desa Pinggan, kawasan Gunung Batur, Bali.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: kitamuda.id

Kamu suka berburu pemandangan sunrise? Maka Desa Pinggan bisa jadi salah satu destinasi wisatamu. Di desa ini kamu bisa menikmati indahnya sunrise dengan latar belakang tiga gunung yang diselimuti kabut. Tempat wisata Desa Pinggan berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali tepat berada di balik Gunung Batur.

Dari kawasan objek wisata Pantai Kuta untuk menuju Desa Pinggan jaraknya lebih kurang 74 km atau sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Walaupun aksesnya penuh tantangan dengan medan terjal terutama tanjakan dan turunan, perjalananmu akan terbayar dengan pemandangan yang memukau mata saat tiba di desa tersebut.

10. Cemoro Sewu perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: Instagram/@tendibendar

Cemoro Sewu merupakan pintu gerbang pendakian menuju ke Gunung Lawu dari jalur Jawa Timur yang lokasinya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Tempat wisata ini juga bisa ditempuh dari Solo yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan bermotor.

Berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1.900 mdpl membuat udara di kawasan ini sangat sejuk dan dingin. Tempat wisata ini juga kerap dijadikan basecamp bagi para pendaki yang hendak naik ke puncak Gunung Lawu. Di sepanjang jalan menuju Cemoro Sewu, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah berupa gunung dan lembah.

Nah, menikmati keindahan yang ditawarkan selama perjalanan menuju area Cemoro Sewu makin nggak terlupakan kalau kamu nyaman berkendara dengan mengandalkan Yamaha NMAX 155 Model 2018 nih, Sobat Brilio. Yamaha NMAX 155 Model 2018 ini dilengkapi New Rear Sub Tank Suspension warna emas yang elegan dan menyajikan pengalaman berkendara lebih nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan. Saat hendak camping kamu juga nggak perlu khawatir repot bawa barang banyak karena dengan mengendarai Yamaha NMAX 155 Model 2018 kamu bisa menaruhnya di bagasi yang cukup luas.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: Yamaha

Selain itu, Velg dan ban tubelessnya tapak lebar, membuat motor lebih stabil saat bermanuver. Makin asyik, Yamaha NMAX 155 Model 2018 ini memiliki mesin 155cc berteknologi Blue Core yang bertenaga serta irit bahan bakar. Makin lengkap dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat Yamaha NMAX 155 Model 2018 memiliki torsi merata di setiap putaran mesin. Ke mana pun perjalananmu, Yamaha NMAX 155 Model 2018 siap menemani, bahkan di medan yang menantang sekalipun.

10 Spot camping dengan rute menawan, cocok buat segarkan pikiran berbagai sumber

foto: Yamaha

Jangan khawatir soal keamanan. Yamaha NMAX 155 Model 2018 dilengkapi dengan Double Disc Brake yang membuat sistem pengereman dan cengkeraman cakram semakin kuat dan kokoh. Selain itu juga memiliki sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman. Nah, untuk informasi lebih lengkap, Sobat Brilio bisa cek di sini.

 

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    20%

  • Ngakak!

    10%

  • Wow!

    30%

  • Sedih

    20%

  • Marah

    20%

  • Love

    0%

MORE
Wave more