Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnal memiliki beberapa arti yaitu, buku catatan harian, surat kabar harian, buku yang dipakai sebagai buku perantara antara buku harian dan buku besar, buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu, serta majalah yang khusus membuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu.

Jurnal juga dapat dimaknai sebagai publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel dan diterbitkan dalam periode tertentu, seperti dua atau empat kali dalam satu tahun. Selain itu, artikel yang ditulis untuk dipublikasikan ke sebuah jurnal akan melalui proses peninjauan dan penyuntingan oleh tim terlebih dahulu. Proses peninjauan artikel biasanya dilakukan oleh seorang ahli dalam bidang tersebut dan peninjauan dilakukan berdasarkan topik yang ditulis di dalam artikel.

Nah untuk memahami lebih rinci mengenai jurnal, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (18/8).

Pengertian jurnal

pengertian jurnal dan jenis-jenisnya © berbagai sumber

foto: Pexels/Lukas

Istilah jurnal sering digunakan di dalam bidang akademik. Secara sederhana, jurnal dapat dipahami sebagai sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah karena ditulis dengan orientasi akademik. Jurnal juga dapat diartikan sebagai kumpulan artikel mengenai bidang ilmu tertentu. Publikasi jurnal biasanya dilakukan oleh tim yang terdiri dari penulis, editor, layouter, dan lain sebagainya.

Di dalam lingkup akademik, jurnal juga menjadi salah satu wadah untuk mempublikasikan hasil pemikiran dan anlisis serta dapat menjadi aspek penilaian terhadap kinerja fakultas di tingkat perguruan tinggi. Jurnal biasanya berisi referensi untuk menulis setiap artikel dan artikel yang ditulis tidak terbatas pada laporan penelitian saja, tetapi juga dapat dibuat dalam bentuk penelitian literatur.

(brl/lea)