Brilio.net - Pastinya kamu pernah membaca buku, menonton drama atau film, dan melihat pertunjukan karya seni. Tentunya dari kegiatan tersebut kamu dapat menilai bagus dan buruknya sebuah pertunjukan. Hal ini yang disebut dengan resensi, resensi adalah suatu kegiatan menilai, mengkritik, membahas terhadap suatu karya yang dapat memberikan gambaran mengenai suatu isi karya, supaya dapat memberikan pertimbangan bagi pembaca atau penonton untuk ikut menikmati atau tidak.

Menulis resensi untuk penilaian suatu karya harus terdiri dari kekurangan, kelebihan, dan informasi mengenai suatu karya entah buku atau film. Tulisan resensi ini biasanya banyak diterbitkan di media massa, baik surat kabar, majalah, atau blog pribadi. Resensi ditulis dengan tujuan untuk pengamatan dan penilaian secara objektif untuk mengetahui kelayakan suatu buku atau karya yang lain apabila akan dibeli dan dilihat oleh khalayak.

Bagi kamu yang akan menulis resensi, syarat minimal yang harus dimiliki adalah pengetahuan terhadap bidang ilmu dari karya tulis yang diresensi, kemampuan menganalisis data, dan pengetahuan dalam bidang lain yang relevan dengan karya tulis yang akan diresensi.

Nah, lebih lanjut untuk mengetahui pengertian, unsur, dan jenis dari resensi, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (23/5).

(brl/lin)